Comscore Tracker

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations League

Penampilan ke-100 yang sempurna bagi Griezmann

Prancis baru saja menambah perolehan trofi mereka setelah mengalahkan Spanyol di final UEFA Nations League 2020/2021 pada Minggu, 10 Oktober 2021. Skor berakhir dengan hasil 2-1 melalui gol Mikel Oyarzabal (64'), Karim Benzema (66'), dan Kylian Mbappe (80'). Walau sempat tertinggal, Prancis menguasai permainan dengan cukup baik dan efektif. 

Pastinya, terdapat beberapa fakta menarik dari kemenangan Prancis atas Spanyol pada laga ini. Berikut lima hal yang wajib kamu tahu tentang final UEFA Nations League 2020/2021 antara Prancis dan Spanyol.

1. Protes pemain Spanyol atas gol Kylian Mbappe

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations LeaguePrancis menghadapi Spanyol pada ajang UEFA Nations League 2020/2021 di San Siro, Milan, Italia. (twitter.com/uefa)

Pada menit ke-80, Mbappe berhasil membuat Prancis comeback dengan gol kontroversial. Gol bermula saat Theo Hernandez memberikan umpan kepada Kylian Mbappe yang berada di belakang Eric Garcia. Setelah itu, Mbappe berhasil memanfaatkan umpan tersebut dengan baik sehingga berbuah gol. 

Namun, para pemain Spanyol meyakini Mbappe terjebak dalam posisi offside terlebih dahulu. Walau begitu, terdapat penjelasan mengapa wasit mengesahkan gol Mbappe, yaitu bola sudah disentuh oleh Eric Garcia sehingga gol tersebut dianggap sah.

2. Trofi kedua Didier Deschamps bersama Prancis

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations LeagueDidier Deschamps menangani Prancis di UEFA Nations League 2020/2021. (twitter.com/eufa)

Didier Deschamps sudah menangani Prancis hampir sedekade. Dia dipercaya menangani Les Blues sejak 8 Juli 2012. Selama melatih Timnas Prancis, dia sudah berhasil memberikan trofi Piala Dunia 2018 di Rusia. 

Dengan kemenangan ini, Deschamps berhasil menambah perolehan trofinya bersama Prancis. Setidaknya sudah ada dua trofi yang berhasil diberikan Deschamps kepada negaranya, yaitu Piala Dunia dan UEFA Nations League. Satu-satunya trofi yang belum bisa diraihnya di level internasional ialah trofi Piala Eropa, yang diperkirakan baru akan digelar pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Prancis Juara UEFA Nations League, Tapi Kontroversial

3. Kekalahan kedua Luis Enrique di final tahun 2021

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations LeagueLuis Enrique menangani Spanyol pada ajang UEFA Nations League 2020/2021. (twitter.com/uefa)

Perjalanan Luis Enrique pada 2021 sebenarnya tak buruk. Spanyol berhasil menembus semifinal Piala Eropa 2020 walau dikalahkan Italia. Selain itu, Spanyol juga masuk ke final Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu, mereka kalah dari Brasil dengan skor 1-2. 

Terakhir, Spanyol harus rela Prancis mengalahkan mereka dengan skor 1-2 di final UEFA Nations League 2020/2021. Setidaknya Spanyol sudah dua kali kalah di final pada 2021. Menariknya, hanya ada nama Mikel Oyarzabal yang mampu mencetak gol di kedua final yang dijalani Spanyol tahun ini.

4. Penampilan internasional ke-100 Antoine Griezmann yang berujung manis

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations LeagueAntoine Griezmann mencetak sejarah baru bersama Prancis di UEFA Nations League 2020/2021. (twitter.com/uefa)

Laga melawan Spanyol di final UEFA Nations League 2020/2021 merupakan laga yang tak terlupakan oleh Antoine Griezmann. Pasalnya, laga ini merupakan penampilan internasional yang ke-100 bagi dirinya. Tak hanya itu, pada penampilan tersebut, dia berhasil meraih trofi UEFA Nations League. 

Walau tak mampu menyumbang gol pada laga ini, penampilan Griezmann dapat dikatakan memuaskan. Dia berhasil merepotkan lini pertahanan lawan dengan kecepatan dan kelincahan yang dia miliki.

5. Aymeric Laporte kalah melawan negara asalnya

5 Hal Menarik dari Kemenangan Prancis di UEFA Nations Leaguepotret Aymeric Laporter (instagram.com/laporte)

Laga melawan Prancis juga merupakan laga yang spesial bagi Aymeric Laporte. Pasalnya, dia harus melawan negara asalnya di final UEFA Nations League. Sebelum ini, dia memang memegang paspor Prancis.

Penampilan Laporte sebenarnya memuaskan pada laga ini. Dia mampu meredam berbagai ancaman yang dihasilkan oleh Mbappe, Benzema, dan Griezmann. Walau begitu, dia harus mengakui kekalahan La Furias Roja atas Les Blues.

Nah, itu dia lima fakta menarik setelah kemenangan Prancis atas Spanyol di final UEFA Nations League 2020/2021. Trofi ini merupakan trofi pertama Prancis di ajang UEFA Nations League. Di sisi lain, Spanyol harus menerima kekalahan dua kali di ajang final selama tahun 2021. 

Baca Juga: 5 Klub Favorit Antoine Griezmann untuk Mencetak Gol, Ada Real Madrid

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya