5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa

Hanya ada tiga tiket tersisa

Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa telah selesai pekan lalu. Ada 10 negara Eropa lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar. Di sisi lain, masih ada tiga tiket yang harus diperebutkan oleh 12 negara yang masuk ke babak playoff.

Perebutan tiga tiket Piala Dunia 2022 zona Eropa sendiri sangat ketat. Sebab, beberapa tim top masuk babak tersebut. Ada pula beberapa hal menarik yang perlu kamu tahu sebelum menyaksikan playoff.

1. Siapa negara yang termasuk tim unggulan dan bukan?

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona EropaRuben Dias ketika bermain untuk tim nasional Portugal. (90min.com)

Banyak yang belum tahu bahwa babak playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok tersebut merupakan tim unggulan dan tim bukan unggulan. Tim unggulan merupakan enam runner up di setiap grup dengan poin tertinggi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. 

Sedangkan, 4 negara sisanya dan 2 negara perwakilan UEFA Nations League masuk dalam kelompok bukan unggulan. Nantinya anggota tim unggulan berhak untuk bermain di kandang saat semifinal dimulai. Beberapa negara yang masuk tim unggulan ialah Portugal, Skotlandia, Italia, Rusia, Swedia, dan Wales.

2. Mengapa Republik Ceko dan Austria masuk ke playoff walau bukan runner up fase grup?

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona EropaPatrik Schick bersama Republik Ceko. (teamtalk.com)

Dari 12 daftar negara yang masuk babak playoff, terdapat nama Austria dan Republik Ceko. Kedua negara tersebut bukan runner up di grup masing-masing saat Kualifikasi Piala Dunia 2022. UEFA sendiri memiliki peraturan untuk menyediakan dua tiket bagi negara terbaik fase grup UEFA Nations League.

Negara yang sudah lolos Piala Dunia maupun babak playoff tidak dapat meraih dua tiket ini. Austria dan Republik Ceko kebetulan berada di peringkat keenam dan ketujuh setelah Prancis, Italia, Spanyol, Belgia, dan Wales. Dengan hal tersebut, kedua negara tersebut masuk ke babak playoff walaupun bukan runner up di grup Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 12 Negara Peserta Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa

3. Bagaimana sistem pelaksanaan playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa?

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona EropaBurak Yilmaz bersama timnas Turki. (tekdeeps.com)

Terdapat tiga tiket yang akan diperebutkan oleh 12 negara peserta playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Nantinya 12 negara tersebut dibagi tiga kelompok yang akan menjalani babak semifinal. Setiap kelompok yang terdiri dari empat negara hanya memiliki satu tiket Piala Dunia 2022. 

Keempat negara di dalam satu kelompok tersebut diambil dari kelompok unggulan dan nonunggulan. Berikut pembagian kelompok unggulan dan nonunggulan:

Kelompok unggulan: Portugal, Skotlandia, Italia, Rusia, Swedia, dan Wales. 

Kelompok bukan unggulan: Polandia, Makedonia Utara, Turki, Ukraina, Austria, dan Republik Ceko.

4. Kapan undian dan babak playoff diselenggarakan?

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona EropaFederico Chiesa bersama timnas Italia. (juvefc.com)

Undian playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa akan dilaksanakan pada 26 November 2021 di Zurich, Swiss. Sedangkan, semifinal babak playoff akan dilaksanakan pada akhir Maret, tepatnya 24—25 Maret 2022. 

Semifinal akan dilaksanakan di kandang para tim unggulan yang terdiri dari enam negara. Sedangkan, final dilaksanakan pada 28—29 Maret 2022. Hanya juara setiap kelompok yang berhak meraih satu tiket ke Qatar untuk ajang Piala Dunia 2022.

5. Peluang tim unggulan bertemu sama-sama besar

5 Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Playoff Piala Dunia 2022 zona EropaBernardo Silva bersama timnas Portugal. (skysports.com)

Banyak yang bertanya-tanya, apakah sesama tim unggulan dapat bertemu dalam sebuah kelompok? Jawabannya sangat bisa. Kedua tim dapat saling bertemu pada final masing-masing kelompok. 

Sedangkan, pada semifinal, tim unggulan hanya akan melawan tim yang bukan unggulan. Sejauh ini, terdapat beberapa negara besar yang berpeluang tersandung di Piala Dunia 2022, seperti Italia, Portugal, hingga Swedia. 

Babak playoff kali ini memang berpeluang untuk mempertemukan beberapa tim besar. Hanya ada tiga tiket yang tersedia dalam babak ini. Menurutmu, negara mana saja yang akan meraih tiket Piala Dunia 2022?

Baca Juga: 5 Pemain Playoff Piala Dunia 2022 Zona Eropa dengan Banderol Tertinggi

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya