Comscore Tracker

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021

Termasuk bintang Paris Saint-Germain

Piala Afrika 2021 masuk ke babak penyisihan. Beberapa klub sudah ada yang dipastikan lolos ke babak tersebut.

Piala Afrika sendiri merupakan turnamen sepak bola paling bergengsi di Afrika. Ada beberapa bintang yang berlaga di turnamen ini, termasuk para pemain belakang.

1. Ahmed Hegazy (Mesir)

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021Ahmed Hegazy bersama Mesir (egypttoday.com)

Ahmed Hegazy merupakan bek tengah andalan Mesir sejak 2011. Dia sudah tampil selama satu dekade bersama timnas Mesir. Hegazy sendiri memiliki pengalaman membela klub-klub Eropa, seperti West Bromwich Albion dan Fiorentina. 

Di Piala Afrika 2021, dia tampil penuh saat Mesir menghadapi Nigeria dan Guinea-Bissau. Walau menang 1-0 saat melawan Guinea-Bissau, Hegazy mengalami kekalahan 0-1 saat melawan Nigeria pada laga pembuka fase grup.

2. Eric Bailly (Pantai Gading)

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021Eric Bailly bersama Pantai Gading (africanfootball.com)

Walau kalah saing di skuad Manchester United pada 2021/2022 ini, Eric Bailly tetap menjadi andalan Pantai Gading di lini belakang. Di Piala Afrika 2021, Bailly tampil penuh pada dua laga pertama fase grup Pantai Gading. Bailly berhasil membawa Pantai Gading menang 1-0 atas Equatorial Guinea.

Pada laga kedua, Bailly harus rela Pantai Gading ditahan imbang 2-2 oleh Sierra Leone. Walau begitu, Bailly tampil apik pada laga tersebut dengan kerap menggagalkan pola serangan tim Sierra Leone.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Berlaga di Piala Afrika 2022

3. Kalidou Koulibaly (Senegal)

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021Kalidou Koulibaly bersama Senegal (en.africatopsports.com)

Kalidou Koulibaly merupakan salah satu bek tengah terbaik di Serie A saat ini. Pemain Napoli tersebut dikenal sebagai bek yang cermat dalam menghancurkan skema serangan lawan. Selain itu, dia juga dipercaya menjadi bek utama di lini belakang Senegal sejak 2015.

Kapten timnas Senegal itu setidaknya sudah memberikan penampilan sebanyak 53 kali bagi negaranya. Koulibaly juga sudah meraih 2 clean sheet pada 2 laga awal fase grup di Piala Afrika 2021.

4. Achraf Hakimi (Maroko)

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021Achraf Hakimi bersama Maroko (afroballers.com)

Bintang Paris Saint-Germain, Achraf Hakimi, juga bermain di Piala Afrika 2021. Dia sendiri bermain untuk timnas Maroko sejak 2016 lalu dan sudah tampil sebanyak 41 kali. Hakimi kerap dirotasi menjadi pemain sayap jika dibutuhkan timnas Maroko.

Di Piala Afrika 2021, Hakimi berhasil membawa Maroko meraih dua kemenangan saat melawan Ghana dan Komoro. Tak hanya itu, Hakimi mampu meraih 2 clean sheet pada 2 laga tersebut.

5. Jérôme Onguéné (Kamerun)

5 Pemain Belakang Top yang Berlaga di Piala Afrika 2021Jerome Ongunene bersama RB Salzburg (en.africatopsports.com)

Jerome Onguene merupakan bek tengah RB Salzburg yang memiliki kewarganegaraan Kamerun. Di Piala Afrika 2021, namanya juga masuk dalam daftar pemain yang dibawa Kamerun di turnamen ini. Dia tampil pada laga perdana Kamerun di Piala Afrika 2021 saat meraih kemenangan 2-1 melawan Burkina Faso.

Jerome Onguene sendiri dahulunya merupakan pemain timnas Prancis junior. Mengingat ketatnya persaingan di lini belakang Prancis saat ini, dia memutuskan untuk membela Kamerun pada 2018 lalu. 

Kelima pemain belakang tersebut diketahui tampil apik sejauh ini bersama negaranya masing-masing di Piala Afrika 2021. Dapat dikatakan mereka merupakan jantung pertahanan bagi negaranya saat ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Lolos ke Babak 16 Besar Piala Afrika 2021

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya