5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzig

PSG masih di puncak walau dibayang-bayangi Manchester City

Paris Saint-Germain berhasil menduduki puncak klasemen grup neraka setelah mengalahkan RB Leipzig di kandang sendiri dengan skor 3-2. Gol PSG dicetak oleh Mbappe (9'), dan Messi (67', 74'), sedangkan gol RB Leipzig dicetak oleh Andre Silva (28') dan Mukiele (57'). 

Laga berlangsung dengan tempo yang sangat tinggi mengingat kedua tim menargetkan kemenangan agar dapat lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Pastinya terdapat beberapa catatan menarik dibalik kemenangan PSG atas RB Leipzig. Kira-kira apa saja hal tersebut? Yuk simak penjelasannya. 

1. Sejak musim 2016/2017, Neymar dan Mbappe memimpin perolehan assist di Liga Champions

5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzigpotret Messi, Neymar, dan Mbappe (twitter.com/slay_jimmy)

Harus diakui bahwa Neymar dan Kylian Mbappe merupakan salah satu duet penyerang yang menakutkan. Keduanya kerap saling memberikan assist satu sama lain di berbagai ajang, termasuk Liga Champions. Sejak musim 2016/2017, Neymar dan Mbappe dinobatkan sebagai peraih assist terbanyak di Liga Champions sejauh ini. 

Neymar berhasil menyumbangkan 19 assist di Liga Champions sejak musim tersebut. Adapula Mbappe yang sudah berhasil menyumbang 18 assist. Di posisi ketiga, ada sosok Kevin De Bruyne yang sudah menyumbang 16 assist di Liga Champions sejak musim 2016/2017.

2. Andre Silva mencetak gol lagi di Liga Champions sejak Desember 2016

5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzigpotret Haidara dan Andre Silva bersama RB Leipzig (twitter.com/ChampionsLeague)

Salah satu alasan mengapa Andre Silva sepakat untuk bergabung ke RB Leipzig ialah klub tersebut bermain di Liga Champions musim ini. Hal yang paling dinanti saat bermain di Liga Champions pastinya ialah mencetak gol. Terakhir kalinya Andre Silva mencetak gol ialah pada Desember 2016 saat masih membela FC Porto.

Kala itu dia mencetak 2 gol ke gawang Leicester City yang berstatus juara Premier League musim sebelumnya. Menariknya, di laga ini dia berhasil mengakhiri paceklik golnya di Liga Champions dengan menjebol gawang Keylor Navas pada menit ke-28.

Baca Juga: 5 Striker Hebat yang Membela Tim Medioker Musim Ini, Ada Andre Silva

3. Lionel Messi samai perolehan Cristiano Ronaldo terkait rekor pemain yang paling sering menjebol gawang tim yang berbeda di Liga Champions

5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzigpotret Lionel Messi (twitter.com/WilliamHill)

Pada pekan pertama Liga Champions musim ini, Cristiano Ronaldo berhasil menyamai rekor Messi terkait pemain yang paling sering menjebol gawang tim yang berbeda di Liga Champions. Setidaknya saat itu Ronaldo dan Messi sama-sama pernah menjebol gawang 36 tim yang berbeda. Pada pekan kedua, Ronaldo berhasil melampaui perolehan Messi setelah mencetak gol ke gawang Villarreal.

Pada pekan ketiga, Messi berhasil menyamai perolehan Ronaldo setelah mencetak 2 gol ke gawang RB Leipzig. Artinya, baik Ronaldo maupun Messi sama-sama pernah menjebol gawang ke 38 tim yang berbeda di Liga Champions.

4. Gol debut Nordi Mukiele di Liga Champions

5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzigpotret Nordi Mukiele bersama RB Leipzig (twitter.com/NordiMukiele)

Walau kalah 3-2 dari Paris Saint-Germain, laga ini akan selalu diingat oleh Nordi Mukiele. Pasalnya, dia berhasil mencetal gol debutnya di Liga Champions pada menit ke-57. Kala itu, dia berhasil memanfaatkan umpan lambung dari sisi kiri yang gagal diantisipasi oleh Nuno Mendes. 

Para pemain belakang PSG awalnya mengira bahwa Mukiele berada di posisi offside. Namun, dalam tayangan VAR ditampilkan bahwa dia secara jelas tidak terperangkap dalam jebakan offside.

5. PSG menuju puncak, RB Leipzig menjadi juru kunci di grup neraka

5 Catatan Menarik Kemenangan Paris Saint-Germain atas RB Leipzigpotret laga Paris Saint-Germain melawan RB Leipzig (twitter.com/GWijnaldum)

Kekalahan 3-2 dari PSG membuat RB Leipzig masih menjadi juru kunci Grup A yang dikenal sebagai grup neraka. Belum ada poin yang berhasil diperoleh RB Leipzig di Liga Champions musim ini. Sementara itu, PSG masih berada di puncak klasemen dengan mengoleksi 7 poin.

Di sisi lain, laga Club Brugge melawan Manchester City dimenangkan oleh tim tamu dengan skor 1-5. Dengan hal tersebut, Manchester City menghantui PSG di posisi kedua dengan perolehan 6 poin. Club Brugge berada di posisi ketiga dengan 4 poin.

 

Itu dia 5 hal menarik tentang laga Paris Saint-Germain melawan RB Leipzig. Tampaknya RB Leipzig mengalami laga-laga awal yang sulit di Liga Champions setelah ditinggal Julian Nagelsmann. Menurutmu, siapa saja klub yang menjadi perwakilan Grup A di babak 16 besar Liga Champions?

Baca Juga: PSG Tekuk Leipzig 3-2, Messi Cetak Brace

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya