5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatar

Grup B dinilai akan panas karena politik

Pembagian grup Piala Dunia 2022 Qatar sudah dilakukan walaupun terdapat tiga tiket yang belum terisi. Terdapat delapan grup yang setiap grupnya diisi oleh empat negara. Dari sekian banyak grup, Grup B cukup mencuri perhatian.

Pasalnya, Inggris, Amerika Serikat, dan Iran berada dalam satu grup. Sementara itu, satu slot di grup tersebut akan diisi oleh salah satu di antara Ukraina, Wales, dan Skotlandia. Berikut lima catatan menarik tentang undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatar. 

1. Masih ada satu slot yang belum terisi

5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatarpotret Oleksandr Zinchenko bersama Timnas Ukraina(premierleague.com)

Tiket dari babak playoff kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa ada yang belum terisi. Laga Skotlandia melawan Ukraina harus tertunda akibat invasi yang dilakukan Rusia sejak 24 Februari 2022 lalu.

Di sisi lain, laga Wales melawan Austria berhasil dimenangkan oleh Wales. Artinya, satu tiket di Grup B akan diisi oleh pemenang antara Wales melawan Skotlandia atau Ukraina. Laga Skotlandia melawan Ukraina sendiri akan dijadwalkan digelar pada Juni 2022 mendatang.

2. Deretan pemain termahal di Grup B Piala Dunia 2022

5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatarpotret Raheem Sterling dan Harry Kane bersama Timnas Inggris(football365.com)

Pemain dengan banderol termahal di Grup B Piala Dunia 2022 didominasi oleh para pemain Inggris dan Amerika Serikat. Harry Kane menjadi pemain termahal di Grup B dengan banderol 100 juta euro atau setara Rp1,59 triliun. 

Sementara itu, pemain termahal selanjutnya didominasi oleh para pemain Manchester City, yaitu Phil Foden, Raheem Sterling, dan Jack Grealish. Rata-rata banderol ketiga pemain tersebut sekitar Rp1,2--1,4 triliun. Ada juga Pulisic yang menempati posisi kedelapan dengan banderol Rp715 miliar.

Baca Juga: [BREAKING] Undian Grup Piala Dunia 2022: Grup B Sarat Politik

3. Potensi panasnya laga-laga grup B akibat situasi politik yang ada

5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 QatarPresiden Iran Ebrahim Raisi (tehrantimes.com)

Grup B sudah pasti diisi oleh Iran, Inggris, dan Amerika Serikat. Inggris dan Amerika Serikat diketahui memiliki hubungan diplomasi yang kurang baik dengan Iran. Hal tersebut tak lepas dari tuduhan bahwa Iran telah mengembangkan senjata nuklir.

Grup B akan semakin memanas andaikan Ukraina berhasil melaju ke Piala Dunia 2022. Pasalnya, Iran merupakan negara yang menyalahkan Amerika Serikat atas situasi krisis keamanan yang sedang terjadi di Ukraina.

4. Inggris diunggulkan untuk melaju ke babak 16 besar

5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatarpotret Phil Foden bersama Timnas Inggris(worldfootballindex.com)

Siapa pun peraih tiket Piala Dunia 2022 dari babak playoff, Inggris masih akan diunggulkan untuk berada di puncak klasemen Grup B. Berstatus runner up Piala Eropa 2020, tak ada alasan bagi Inggris untuk gagal melaju ke babak selanjutnya.

Dengan diisi oleh banyak pemain bintang di berbagai posisi, seharusnya Inggris mampu mencuri tiga poin penuh di setiap laganya. Walau begitu, tetap saja Inggris tak boleh meremehkan Iran yang berstatus tim kuda hitam di grup ini.

5. Jadwal pertandingan Grup B Piala Dunia 2022

5 Catatan Menarik Undian Grup B Piala Dunia 2022 Qatarpotret Gareth Southgate(cirrus-connect.com)

Berikut adalah jadwal pertandingan Grup B Piala Dunia 2022 (dalam WIB):

Senin, 21 November 2022

Inggris vs. Iran (19.00)

Selasa, 22 November 2022

Amerika Serikat vs. Wales/Skotlandia/Ukraina (01.00)

Jumat, 25 November 2022

Wales/Skotlandia/Ukraina vs. Iran (16.00)

Sabtu, 26 November 2022

Inggris vs. Amerika Serikat (01.00)

Rabu, 30 November 2022

Wales/Skotlandia/Ukraina vs. Inggris (01.00)

Iran vs. Amerika Serikat (01.00)

Grup B diyakini akan menyajikan laga-laga yang seru. Selain itu, grup ini akan diwarnai oleh panasnya situasi politik yang terjadi di negara-negara yang bermain.

Baca Juga: Grup B Piala Dunia 2022: Diwarnai Tensi Politik AS, Inggris, dan Iran

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya