Chelsea Berhasil Juara Piala Dunia Antar Klub, Ini 5 Faktanya

Chelsea ditasbihkan menjadi juara dunia!

Chelsea berhasil meraih trofi Piala Dunia Antar Klub setelah mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1. Chelsea sempat unggul terlebih dahulu melalui gol Romelu Lukaku pada menit ke-55. Palmeiras sempat menyamakan kedudukan melalui gol penalti Raphael Veiga pada menit ke-64.

Pertandingan babak normal harus berakhir dengan skor 1-1 sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Pada menit ke-117, Chelsea berhasil mendapatkan hadiah penalti yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Kai Havertz.

Pastinya terdapat beberapa catatan menarik tentang keberhasilan Chelsea di Piala Dunia Antar Klub. Kira-kira apa saja, ya? Yuk, simak penjelasannya. 

1. César Azpilicueta jadi pemain pertama Chelsea yang raih tujuh trofi berbeda

César Azpilicueta berhasil mencetak rekor setelah mengalahkan Palmeiras di Piala Dunia Antar Klub. Dia menjadi pemain pertama Chelsea yang meraih tujuh trofi yang berbeda dalam sejarah klub tersebut.

Ketujuh klub tersebut adalah Premier League, Piala FA, Liga Europa, Liga Champions, Piala Liga, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antar Klub. Hal tersebut membuktikan bahwa César Azpilicueta merupakan salah satu pemain terbaik Chelsea saat ini.

2. Roman Abramovich mengoleksi lengkap trofi yang bisa didapatkan Chelsea

Sejak mengakuisisi Chelsea pada Juni 2003, sudah banyak dana yang diinvesikan ke klub tersebut. Berbagai pembelian mahal juga telah dilakukan untuk merombak skuad Chelsea dalam jangka panjang.

Hal tersebut sebanding dengan hasil yang diraih Abramovich mengingat dia berhasil meraih trofi yang lengkap bersama Chelsea, mulai dari Piala Liga hingga Piala Dunia Antar Klub. Setidaknya sudah ada 20 trofi yang diraihnya sejak mengakuisisi Chelsea.

Baca Juga: 9 Potret dan Fakta Kai Havertz, Pemain Muda Andalan Chelsea

3. Edouard Mendy jadi kiper tersukses di Afrika sepanjang sejarah sepak bola

Chelsea Berhasil Juara Piala Dunia Antar Klub, Ini 5 FaktanyaEdouard Mendy bersama Senegal (africanfootball.com)

Keberhasilan Edouard Mendy dalam menambah perolehan trofinya membuat dirinya menjadi kiper tersukses di Benua Afrika. Pasalnya, tak ada kiper yang berhasil meriah trofi Liga Champions, Piala Afrika, dan Piala Dunia Antar Klub selain dirinya.

Sebelumnya, Mendy baru saja meraih trofi Piala Afrika 2021 setelah mengalahkan Mesir melalui babak adu penalti. Ada juga keberhasilannya pada tahun lalu di Liga Champions yang mana Chelsea berhasil mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0 di partai puncak.

4. Thiago Silva samai prestasi Sergio Ramos di Piala Dunia Antar Klub

Thiago Silva berhasil tampil impresif di turnamen Piala Dunia Antar Klub ini. Dia mampu membaca serangan dengan baik dan melakukan blok-blok penting. Tak heran, jika dia ditunjuk sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

Menariknya, di posisi pemain bertahan, hanya ada nama Thiago Silva dan Sergio Ramos yang pernah terpilih sebagai pemain terbaik dalam turnamen Piala Dunia Antar Klub. Pastinya ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemain asal Brasil itu.

5. Efek instan Thomas Tuchel di Chelsea

Chelsea Berhasil Juara Piala Dunia Antar Klub, Ini 5 FaktanyaThomas Tuchel bersama Chelsea (twitter.com/LDNFootbalI)

Sejak ditunjuk menggantikan Frank Lampard, Tuchel memang berhasil memberikan dampak yang luar biasa. Musim pertamanya berakhir dengan keberhasilan Chelsea meraih Liga Champions. Tak hanya itu, mereka juga mampu menjadi finalis Piala FA 2020/2021.

Belum puas, Tuchel juga berhasil meraih trofi UEFA Super Cup setelah mengalahkan Villareal. Dan yang terbaru, Tuchel berhasil mempersembahkan trofi Piala Dunia Antar Klub bagi Chelsea.

 

Selamat bagi Chelsea dan para pendukungnya atas keberhasilan dalam meraih trofi Piala Dunia Antar Klub. Di sisi lain, Chelsea sendiri masih memiliki kesempatan untuk meraih trofi Piala FA, Carabao Cup, Premier League, dan Liga Champions pada musim ini. 

Baca Juga: Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub, Beban Tuchel Sedikit Terangkat

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya