Comscore Tracker

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albion

Manchester City berhasil menaklukkan Brighton 1-4!

Brighton harus mengakui keunggulan tim tamu pada pekan kesembilan Premier League saat melawan Manchester City. Sempat tertinggal 0-3 pada babak pertama, Brighton sebenarnya berhasil memberikan perlawanan pada babak kedua. Skor di laga tersebut berakhir dengan hasil 1-4 untuk Manchester City. 

Gol dicetak oleh Ilkay Gundogan (13'), Phil Foden (28', 31'), Riyad Mahrez (90+5'), dan Mac Allister (81' pen). Pastinya terdapat catatan menarik tentang laga Brighton menjamu Manchester City di Amex Stadium. Kira-kira, apa saja hal tersebut? Yuk, simak penjelasannya.

1. Ilkay Gundogan kejar perolehan Mesut Ozil

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albionpotret Ilkay Gundogan di Manchester City (twitter.com/WilliamHill)

Sejauh ini rekor perolehan gol terbanyak pemain Jerman di ajang Premier League diraih oleh Mesut Ozil. Mantan pemain Arsenal itu berhasil menorehkan 33 gol. Menariknya, Ilkay Gundogan siap untuk memecahkan perolehan Ozil dengan mencetak gol melawan Brighton pada menit ke-13.

Setidaknya sudah ada 30 gol yang dicetaknya di Premier League. Banyak yang meyakini Gundogan akan berhasil melampaui perolehan Ozil pada musim ini mengingat masih terdapat banyak laga yang harus dilewati di Premier League ke depannya.

2. Shots on target terbanyak pada babak pertama bagi Manchester City di bawah asuhan Pep Guardiola

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albionpotret Pep Guardiola (twitter.com/Squawka)

Pada babak pertama, Manchester City berhasil tampil agresif. Tampil dominan dalam penguasaan bola, berbagai peluang tercipta yang menjadi awal 3 gol pada babak pertama. Bahkan, Mancheser City berhasil melepaskan 9 shots on target pada babak pertama.

Perolehan ini merupakan yang tertinggi bagi Manchester City selama diasuh oleh Pep Guardiola. Pada babak kedua, Manchester City hanya mampu menambah 5 shots on target yang berujung pada 1 gol dari Riyad Mahrez.

Baca Juga: 5 Pemain Hebat yang Pernah Dilatih Pep Guardiola dan Jose Mourinho

3. Brighton sudah kalah sebanyak 9 kali oleh Manchester City dalam 10 pertemuan terakhir

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albionpotret laga Brighton melawan Manchester City (twitter.com/OfficialBHAFC)

Manchester City tampaknya menjadi momok tersendiri bagi Brighton. Pasalnya, dari 10 pertemuan terakhir, Brighton hanya mampu meraih 1 kemenangan, yaitu pada musim lalu dengan skor 3-2. Sementara itu, 9 laga sisanya selalu dimenangkan oleh Manchester City. 

Secara head to head, sudah ada 27 laga yang dimainkan bersama oleh Brighton dan Manchester City. Brighton hanya mampu meraih 6 kemenangan sejak tahun 1924, sedangkan 17 laga berujung kemenangan Manchester City dan 4 laga berujung imbang.

4. Alexis Mac Allister merupakan satu-satunya pemain yang tak bermain di kompetisi Eropa yang berhasil menjebol gawang Manchester City

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albionpost apresiasi Brighton atas gol Mac Allister (twitter.com/OfficialBHAFC)

Manchester City hanya kebobolan 4 gol dari 9 laga yang mereka jalani. Alexis Mac Allister berhasil mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-81 walau sebenarnya build up Brighton dianggap offside terlebih dahulu sebelum wasit memberikan hukuman penalti. Eksekusi penalti berhasil dijalankan dengan baik oleh Mac Allister walau sempat ditepis Ederson.

Menariknya, Alexis Mac Allister merupakan satu-satunya pemain yang tak bermain di kompetisi Eropa yang berhasil menjebol gawang Manchester City saat ini. Ada nama Son Heung Min, Sadio Mane, dan Mohammed Salah yang bermain di Liga Champions dan UEFA Conference League.

5. Manchester City masih memimpin kemenangan terbanyak di Premier League pada tahun 2021

5 Fakta Penting Kemenangan Manchester City atas Brighton & Hove Albionpotret Gabriel Jesus, Phil Foden, dan Jack Grealish saat merayakan gol ke gawang Brighton (twitter.com/City_Xtra)

Walau masih berada di bawah Chelsea secara peringkat, Manchester City masih memimpin perolehan kemenangan di Premier League pada tahun 2021. Setidaknya Manchester City sudah menorehkan 14 kemenangan. Ada pula peringkat kedua dalam hal tersebut yang diraih oleh Liverpool dengan 11 kemenangan. 

Chelsea masih mengejar dengan 10 kemenangan, sedangkan posisi keempat dipegang oleh West Ham dengan 9 kemenangan. Tak ada nama Arsenal, Manchester United, dan Tottenham dalam daftar tersebut sejauh ini.

 

Nah, itu dia 5 fakta penting tentang laga Brighton melawan Manchester City. Pada pekan depan, Brighton akan menghadapi Liverpool, sedangkan Manchester City akan menghadapi Crystal Palace.

Baca Juga: 5 Hal Menarik tentang Laga Manchester City Bantai Norwich City 5-0

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya