Comscore Tracker

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga Tersebut

Negara mana yang akan masuk final UEFA Nations League?

Italia dan Spanyol akan kembali bertemu di ajang semifinal UEFA Nations League. Laga tersebut diselenggarakan pada 7 Oktober 2021 pukul 01.45 WIB. Laga Italia melawan Spanyol selalu memberikan pertunjukan yang sangat menarik. 

Kedua tim sama-sama memiliki pemain kunci di babak semifinal UEFA Nations League ini. Di sisi lain, terdapat beberapa fakta menarik tentang laga Italia dan Spanyol. Apa saja kira-kira?

1. Misi balas dendam La Furias Roja

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga TersebutGianluigi Donnarumma saat menepis penalti Alvaro Morata di Piala Eropa 2020. (chinadaily.com.cn)

Pada 2021 ini, sebenarnya Italia dan Spanyol sudah pernah bertemu. Keduanya bertemu di ajang semifinal Piala Eropa 2020 yang diselenggarakan beberapa bulan lalu. Sayangnya, Spanyol harus mengakui keunggulan Italia melalui drama adu penalti di ajang tersebut. 

Laga semifinal nanti merupakan ajang balas dendam Spanyol atas tersingkirnya mereka di Piala Eropa 2020. Pastinya hal tersebut bukan hal yang mudah mengingat Italia menyandang status juara Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Inggris di babak final.

2. Secara head to head, Italia masih kalah dari Spanyol

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga TersebutItalia merayakan kemenangan di Piala Eropa 2020. (globaltimes.cn)

Sudah ada 34 laga yang dimainkan bersama oleh Italia dan Spanyol. Dari seluruh laga tersebut, Italia hanya mampu meraih kemenangan sebanyak 10 kali. Ada pula 12 laga yang harus berakhir sama kuat. 

Sedangkan, 12 laga sisanya dimenangkan oleh Timnas Spanyol. Dengan hal tersebut, andaikan Italia mampu meraih kemenangan, secara head to head, Italia masih kalah dari Spanyol.

Baca Juga: 5 Pelatih Non-Italia Terakhir yang Menjuarai Serie A Italia!

3. Spanyol dilanda krisis striker

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga Tersebutpotret Alvaro Morata (90min.com)

Laga melawan Italia bukan perkara mudah bagi skuad asuhan Luis Enrique. Pasalnya, Spanyol tidak akan diperkuat Alvaro Morata dan Gerard Moreno. Morata dikabarkan mengalami cedera otot dan baru akan pulih pada akhir Oktober nanti. 

Hal serupa juga dialami Gerard Moreno yang diketahui mengalami cedera hamstring. Yeremi Pino lantas ditugaskan menggantikan peran Morata dan Moreno. Walau begitu, Pino masih belum memiliki jam terbang tinggi di lini depan Spanyol.

4. Gianluigi Donnarumma berada di bawah tekanan

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga TersebutGianluigi Donnarumma saat tampil bersama Timnas Italia. (football-news24.com)

Laga melawan Spanyol akan diselenggarakan di San Siro. San Siro merupakan markas salah satu klub terbesar di Eropa, AC Milan. Sayangnya, Donnarumma telah mendapatkan respons negatif dari para suporter AC Milan akibat kepindahannya ke Paris Saint-Germain secara gratis. 

Banyak sekali olokan dan ejekan yang dilontarkan para fan AC Milan kepada Donnarumma jelang laga melawan Spanyol. Pastinya, hal tersebut bukan perkara mudah bagi kiper utama Timnas Italia itu. Walau begitu, dia tetap menegaskan bahwa dia akan selalu menjadi loyalis AC Milan.

5. Skuad yang dibawa Italia dan Spanyol

Jelang Italia vs Spanyol, Berikut 5 Fakta Menarik Laga Tersebutpotret Gianluigi Donnarumma dan Ferran Torres (theathletic.com)

Skuad yang dibawa oleh Spanyol dan Italia sebenarnya tak jauh berbeda dengan skuad di Piala Eropa 2020. Ada pula beberapa nama baru yang memang ditugaskan menggantikan peran pemain yang sedang cedera atau tidak fit. Berikut daftar pemain yang dibawa oleh kedua belah tim. 

Skuad Italia

Penjaga Gawang: Gianluigi Donnarumma (PSG), Alex Meret (Napoli), Salvatore Sirigu (Genoa)

Pemain Belakang: Francesco Acerbi (Lazio), Alessandro Bastoni (Inter), Leonardo Bonucci (Juventus), Davide Calabria (AC Milan), Giorgio Chiellini (Juventus), Giovanni Di Lorenzo (Napoli), Federico Dimarco (Inter), Emerson (Lyon)

Pemain Tengah: Nicolò Barella (Inter), Federico Bernardeschi (Juventus), Bryan Cristante (Roma), Jorginho (Chelsea), Manuel Locatelli (Juventus), Lorenzo Pellegrini (Roma), Marco Verratti (PSG)

Penyerang: Domenico Berardi (Sassuolo), Federico Chiesa (Juventus), Lorenzo Insigne (Napoli), Moise Kean (Juventus), Giacomo Raspadori (Sassuolo)

Skuad Spanyol

Penjaga Gawang: David de Gea (Man. United), Robert Sánchez (Brighton), Unai Simón (Athletic)

Pemain Belakang: Marcos Alonso (Chelsea), César Azpilicueta (Chelsea), Eric García (Barcelona), Aymeric Laporte (Man. City), Iñigo Martínez (Athletic), Pedro Porro (Sporting CP), Sergio Reguilón (Tottenham), Pau Torres (Villarreal)

Pemain Tengah: Sergio Busquets (Barcelona), Pablo Fornals (West Ham), Gavi (Barcelona), Bryan Gil (Tottenham), Koke (Atlético), Mikel Merino (Real Sociedad), Mikel Oyarzabal (Real Sociedad), Rodri (Manchester City), Sergi Roberto (Barcelona)

Penyerang: Yeremi Pino (Villarreal), Pablo Sarabia (Sporting CP), Ferran Torres (Man. City).

Nah, itu dia lima fakta menarik jelang laga Italia melawan Spanyol di ajang semifinal UEFA Nations League. Laga ini dipercaya akan menampilkan pertunjukan yang seru. Kalau kamu sendiri menjagokan Spanyol atau Italia?

Baca Juga: 5 Pemain Top Prancis yang Tak Dibawa ke Semifinal UEFA Nations League

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya