Kalidou Koulibaly Bisa Jadi Raja Kartu Merah Liga Top Eropa

Sudah ada delapan kartu merah yang dikoleksi Koulibaly

Kalidou Koulibaly tampil mengecewakan pada pekan ketiga English Premier League (EPL) 2022/2023. Selain kebobolan tiga gol, Koulibaly juga terkena kartu merah melawan Leeds United.

Bek tengah Chelsea ini mendapat kartu merah setelah menerima kartu kuning keduanya pada menit ke-84. Dia mendapatkan itu akibat melanggar Joe Gelhardt.

Koulibaly sendiri mendapatkan kartu kuning pertamanya setelah melanggar Brenden Aaronson pada menit ke-9. Dia kini menjadi pemain yang paling tidak disiplin dalam 5 tahun terakhir. Kalidou Koulibaly bisa jadi raja kartu merah liga top Eropa.

1. Kartu merah pertama Kalidou Koulibaly di Premier League

Kalidou Koulibaly Bisa Jadi Raja Kartu Merah Liga Top EropaKalidou Koulibaly berseragam Chelsea (twitter.com/Nathan_Gissing)

Baru bermain sebanyak tiga kali di Premier League bersama Chelsea, Kalidou Koulibaly sudah membuat ulah. Dia mendapatkan kartu kuning kedua setelah melanggar Joe Gelhardt pada menit ke-84. 

Ini merupakan kartu merah pertama Koulibaly di Premier League 2022/2023. Dia pun dipastikan absen melawan Leicester City pada 27 Agustus 2022 mendatang. Ini menjadi kerugian tersendiri bagi Chelsea karena kekuatan di lini belakang melemah.

2. Ada delapan kartu merah yang dikoleksi Koulibaly selama berkarier sebagai pesepak bola

Kalidou Koulibaly Bisa Jadi Raja Kartu Merah Liga Top EropaKalidou Koulibaly berlatih bersama Chelsea. (twitter.com/kkoulibaly26)

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Kalidou Koulibaly sudah diganjar kartu merah sebanyak delapan kali. Dua kartu merah merupakan hasil dari akumulasi kartu kuning saat membela Napoli. 

Menariknya, Koulibaly ternyata sudah empat kali diganjar kartu merah secara langsung selama membela Napoli. Sedangkan, satu kartu merah lainnya didapatkan Koulibaly saat membela FC Metz di Ligue 2.

Baca Juga: 11 Fakta Kim Min Jae, Suksesor Kalidou Koulibaly di Napoli

3. Koulibaly menjadi raja kartu merah di liga top Eropa dalam 5 musim terakhir

Sejak 2017/2018, Kalidou Koulibaly sudah mengoleksi enam kartu merah selama membela Napoli dan Chelsea. Tak ada pemain yang mendapatkan kartu merah lebih banyak daripada Koulibaly sejauh ini. 

Hal ini dapat menjadi peringatan bagi Koulibaly agar lebih disiplin di lapangan. Apalagi klub-klub Premier League kerap menerapkan tempo permainan yang cepat sehingga para pemain bertahan kadang-kadang harus melakukan pelanggaran demi mengamankan gawangnya.

4. Kalidou Koulibaly jadi pemain bertahan pertama yang diganjar kartu merah pada 2022/2023

Kalidou Koulibaly Bisa Jadi Raja Kartu Merah Liga Top EropaKalidou Koulibaly berlatih bersama Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Di Premier League 2022/2023, Koulibaly jadi pemain bertahan pertama yang terkena kartu merah. Hanya ada dua pemain yang sudah mendapatkan kartu merah di ajang tersebut sejauh ini, yaitu Koulibaly dan Darwin Nunez.

Nunez (Liverpool) sendiri mendapatkan kartu merah saat melakukan pelanggaran kepada Joachim Andersen. Ada pula Kieran Trippier (Newcastle United) yang sebenarnya hampir saja terkena kartu merah saat melanggar Kevin De Bruyne (Manchester City). Untungnya, wasit meninjau kembali pelanggaran Trippier melalui VAR dan menarik kartu merah yang sempat diberikan kepada Trippier.

5. Koulibaly masih jadi bek tengah menakutkan bagi para penyerang Premier League

Kalidou Koulibaly Bisa Jadi Raja Kartu Merah Liga Top EropaKalidou Koulibaly bermain bersama Chelsea. (twitter.com/kkoulibaly26)

Terlepas dari statistik Kalidou Koulibaly yang menunjukkan bahwa sang pemain tak disiplin, harus diakui bahwa dia masih menjadi pemain yang harus ditakuti para penyerang tim lawan. Kapten Timnas Senegal itu bahkan berhasil tampil apik saat melawan Everton dengan melakukan beberapa intersep penting.

Pada pekan kedua, Koulibaly juga berhasil mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur. Hanya pada pekan ketiga Koulibaly gagal tampil memukau saat Chelsea menghadapi Leeds United.

Kalidou Koulibaly baru bisa bermain bersama Chelsea saat melawan Southampton pada 31 Agustus 2022. Laga ini merupakan kesempatan bagi Koulibaly untuk bisa tampil apik lagi.

Baca Juga: Sepak terjang Kalidou Koulibaly, Pemain Baru Chelsea asal Senegal

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya