5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar Klub

Spanyol masih menjadi yang terbanyak

Baru-baru ini, Chelsea berhasil meraih trofi Piala Dunia Antar Klub 2021 setelah mengalahkan Palmeiras dengan skor 2-1. Turnamen ini mempertemukan juara dari setiap kontinen pada suatu periode tertentu.

Chelsea sendiri mewakili Eropa setelah mengalahkan Manchester City dengan skor 1-0 di Liga Champions 2020/2021. Dalam sejarahnya, terdapat beberapa negara yang klubnya paling sering meraih trofi Piala Dunia Antar Klub.

Hal tersebut menunjukkan bahwa negara tersebut memiliki klub-klub yang mampu bersaing di tingkat internasional. Kira-kira negara mana saja yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

1. Spanyol - 7 kali

5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar KlubPara pemain Real Marid merayakan gelar Piala Dunia Antar Klub. (thefrontierpost.com)

Spanyol merupakan negara yang klubnya paling sering meraih trofi Piala Dunia Antar Klub. Real Madrid berhasil menyumbang empat trofi, Barcelona menyumbang tiga trofi. Ada juga satu gelar runner-up yang diraih Barcelona pada 2006 lalu. 

Dalam sedekade terakhir, Real Madrid dan Barcelona memang kerap mendominasi sepak bola dunia. Mereka merupakan langganan juara Liga Champions, walau belakangan ini kedua klub tersebut gagal tampil impresif di ajang tersebut.

2. Brasil - 4 kali

5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar KlubPara pemain Corinthians merayakan trofi Piala Dunia Antar Klub. (colgadosporelfutbol.com)

Tak hanya klub-klub Eropa yang mampu menjuarai turnamen ini. Klub-klub asal Brasil diketahui juga tak kalah jago dalam meraih trofi Piala Antar Klub.

Setidaknya terdapat tiga klub Brasil yang berhasil meraih trofi turnamen ini. Ketiga klub tersebut adalah Corinthians, Internacional, dan Sao Paulo.

Hanya ada Corinthians yang berhasil meraih trofi turnamen ini sebanyak dua kali. Andaikan Palmeiras menang melawan Chelsea pada edisi 2021, mereka akan menambah perolehan Brasil menjadi lima kali.

Baca Juga: Chelsea Juara Piala Dunia Antarklub, Beban Tuchel Sedikit Terangkat

3. Inggris - 3 kali

5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar KlubPara pemain Chelsea merayakan trofi Piala Dunia Antar Klub 2021. (twitter.com/kepa_46)

Hanya ada tiga klub Inggris yang mampu meraih trofi Piala Dunia Antar Klub, yaitu Manchester United, Liverpool, dan Chelsea. Keberhasilan Chelsea pada edisi 2021 membuat Inggris memperoleh trofi turnamen ini sebanyak tiga kali.

Chelsea dan Liverpool sendiri masing-masing juga pernah meraih gelar runner-up. Chelsea kalah atas Corinthians dengan skor 1-0 pada 2012 lalu. Sedangkan Liverpool kalah dari Sao Paulo dengan skor 1-0 pada 2005 lalu.

4. Jerman - 2 kali

5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar KlubPara pemain Bayern Munich merayakan trofi Piala Dunia Antar Klub. (en.smanews.org)

Ada juga nama negara Jerman yang masuk dalam daftar ini. Hanya ada klub Bayern Munchen yang menyumbangkan dua trofi Piala Dunia Antar Klub pada 2013 dan 2020 lalu. Pada 2013, Bayern Munchen berhasil mengalahkan Raja Casablanca dengan skor 2-0.

Raja Casablanca sendiri merupakan klub asal Maroko yang mewakili Benua Afrika. Pada 2020, Bayern Munchen berhasil mengalahkan UANL asal Meksiko dengan skor 2-1.

5. Italia - 2 kali

5 Negara yang Klubnya Paling Sering Juara Piala Dunia Antar KlubPara pemain Inter Milan saat merayakan trofi Piala Dunia Antar Klub. (sempreinter.com)

Italia juga memiliki klub-klub yang berhasil meraih trofi Piala Dunia Antar Klub sebanyak dua kali. Trofi tersebut dihasilkan oleh klub-klub asal Kota Milan, yaitu AC Milan dan Inter Milan.

AC Milan berhasil mengalahkan Boca Juniors dengan skor 4-2 pada 2007 lalu di Jepang. Sedangkan Inter Milan berhasil mengalahkan TP Mazembe asal Republik Demokratik Kongo yang merupakan perwakilan Benua Afrika dengan skor 3-0 pada 2010 lalu. 

 

Spanyol masih menjadi negara yang klubnya paling sering meraih trofi turnamen ini. Apakah ada negara yang mampu melampui perolehan Spanyol ke depannya? 

Baca Juga: Chelsea Berhasil Juara Piala Dunia Antar Klub, Ini 5 Faktanya

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya