5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih Top

Mulai dari Pochettino hingga Luis Enrique

Pelatih menjadi sosok penting di balik kesuksesan klub. Tidak heran jika klub kerap bersaing memperoleh tanda tangan pelatih dengan jejak rekam mengesankan.

Meski begitu, terdapat beberapa nama beken yang belum memiliki klub saat ini. Pelatih ini jadi pengangguran meski berstatus pelatih top.

1. Thomas Tuchel

5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih TopThomas Tuchel (TTuchelofficial)

Thomas Tuchel merupakan salah satu pelatih top dalam 5 tahun terakhir. Dia sukses membawa Chelsea meraih gelar Liga Champions Eropa dan Piala Dunia Antarklub pada 2021.

Sayangnya, Tuchel harus rela dipecat Todd Boehly akibat penampilan buruk Chelsea pada awal musim 2022/2023. Hingga saat ini, belum ada klub yang berhasil mendapatkan tanda tangannya.

2. Zinédine Zidane

5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih TopZinedine Zidane (instagram.com/zidane)

Sejak meninggalkan Real Madrid pada Juni 2021 lalu, Zinédine Zidane dikabarkan tidak mau menerima tawaran dari klub mana pun. Paris Saint-Germain padahal menginginkannya sebagai pelatih klub.

Zidane sendiri dikabarkan ingin melatih Timnas Prancis daripada menangani klub dalam beberapa waktu ke depan. Namun, Didier Deschamps telah memperpanjang kontrak bersama Timnas Prancis. Dia masih akan melatih hingga 2026 mendatang.

Baca Juga: Dianggap Melecehkan Zidane, Presiden FFF Minta Maaf

3. Joachim Loew

5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih Toppotret Joachim Low (twitter.com/FIFAcom)

Joachim Loew mengundurkan diri dari kursi pelatih Jerman setelah negaranya gagal pada babak penyisihan Piala Eropa 2020. Padahal dia sudah sukses memberikan trofi Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi 2017.

Joachim Loew sendiri belum memutuskan pensiun sebagai pelatih. Dia dikabarkan terbuka terhadap tawaran-tawaran melatih suatu klub maupun tim nasional.

4. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih TopMauricio Pochettino (instagram.com/pochettino)

Nama Mauricio Pochettino naik daik daun selama melatih Tottenham Hotspur pada 2014—2019. Sayangnya, mereka belum bisa juara.

Pochettino juga sempat melatih Paris Saint-Germain. Selama melatih PSG, dia dianggap gagal menaikkan level klub akibat tidak meraih trofi Liga Champions.

Padahal Pochettino mampu menyumbang tiga trofi bagi PSG, seperti trofi Ligue 1, Piala Prancis, dan Piala Super Prancis. Pada awal 2022 lalu, Pochettino sempat dilirik Real Madrid dan Manchester United walau kedua klub itu pada akhirnya memilih pelatih lain.

5. Luis Enrique

5 Pelatih Ini Jadi Pengangguran meski Berstatus Pelatih TopLuis Enrique (instagram.com/luisenrique_2121)

Luis Enrique mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas Spanyol karena gagal membawa negaranya melaju lebih jauh di Piala Dunia 2022. Spanyol kalah dari Maroko pada babak 16 besar melalui adu penalti. 

Enrique belum memberikan satu trofi pun bagi Timnas Spanyol selama menjabat sebagai pelatih. Namun, rekam jejaknya selama melatih Barcelona harus diakui jempol. Dia menyumbang 1 trofi Liga Champions, 3 trofi Piala Spanyol, 1 trofi Piala Dunia Antarklub, dan 2 trofi LaLiga.

Kelima pelatih di atas belum memiliki klub atau tim nasional untuk ditangani. Kira-kira adakah tim yang merekrut jasa salah satu pelatih di atas dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-Germain

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya