5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-Germain

Hanya tersisa Kylian Mbappe dan Juan Bernat

Jika ada rumor pergantian pelatih di sebuah tim besar, nama Thomas Tuchel selalu jadi nama yang teratas dalam bursa pengganti. Pasalnya, mantan pelatih Paris Saint-Germain ini memang sedang tak memiliki klub alias menganggur.

Kualitas, prestasi, serta pengalaman Tuchel jelas tak bisa diragukan. Ia terbukti hebat kala melatih tim kecil ataupun tim raksasa dengan sumber daya melimpah seperti Paris-Saint Germain.

Ketika melatih tim asal kota Paris tersebut, Tuchel banyak mendatangkan nama besar. Hal tersebut sudah terlihat dari lima rekrutan pertamanya. Siapa sajakah kelima nama tersebut? Berikut ini daftar dan ulasannya.

1. Gianluigi Buffon

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-GermainGianluigi Buffon mengangkat trofi Piala Dunia 2006 (twitter.com/fifaworldcup)

Thomas Tuchel resmi menjalani tugas sebagai pelatih Paris Saint-Germain pada 1 Juli 2018. Baru lima hari menjalani tugasnya sebagai pelatih PSG, Tuchel relah membuat kejutan besar dengan mendatangkan Gianluigi Buffon.

Pasalnya, tak ada yang menyangka bahwa legenda Italia tersebut memilih untuk hengkang dari Juventus pada 6 Juli 2018. Kendati demikian, Buffon hanya bermain selama semusim untuk PSG dengan catatan 25 penampilan sebelum kembali lagi ke Juventus.

2. Thilo Kehrer

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-GermainThilo Kehrer (dfb.de)

Melihat bakat besar yang ditampilkan Thilo Kehrer ketika berseragam Schalke 04, Thomas Tuchel pun membawanya ke PSG paad 16 Agustus 2018. Pada awalnya, Kehrer diproyeksikan untuk menjadi proyek jangka panjang PSG.

Namun sayang, Kehrer justru lebih sering berada di bangku cadangan sebagai pelapis. Meski mencatat 4 gol dan 2 assist dari 128 laga, menit bermainnya belum sepadan dengan jumlah laga yang ia catatkan. Kini Kehrer telah berseragam West Ham United.

Baca Juga: PSG Dapatkan Pemain Muda Jerman, Thilo Kehrer dari Schalke

3. Eric Choupo Moting

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-GermainEric Choupo-Moting (en.psg.fr)

Pada penutupan bursa transfer musim panas 2018, Thomas Tuchel mendatangkan tiga pemain baru di skuad Paris Saint-Germain. Salah satunya ialah Eric Maxim Choupo Moting yang didatangkan secara gratis dari Stoke City.

Di tengah deretan pemain bintang, kedatangan Choupo Moting jelas bukan pilihan utama. Faktanya, penyerang asal Kamerun ini lebih sering datang dari bangku cadangan. Hingga akhirnya hengkang ke Bayern Munich pada 2020, Choupo Moting mencatat 9 gol dan 2 assist dari 51 laga.

4. Kylian Mbappe

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-GermainKylian Mbappe (en.psg.fr)

Bintang Paris Saint-Germain dan Timnas Prancis saat ini, Kylian Mbappe, juga baru resmi menjadi miliki PSG pada 31 Agustus 2018. Sebelumnya, Mbappe masih berstatus sebagai pemain pinjaman dari AS Monaco.

Alotnya negosiasi membuat Mbappe baru dipermanenkan pada masa penutupan transfer. Secara kualitas, jelas tak ada yang meragukan pemain 24 tahun ini. Sejauh ini, Mbappe telah mencetak 191 gol dan 93 assist dari 239 laga untuk PSG.

5. Juan Bernat

5 Rekrutan Pertama Thomas Tuchel Saat Melatih Paris Saint-GermainJuan Bernat (en.psg.fr)

Selain Eric Maxim Choup Moting dan Kylian Mbappe, Juan Bernat juga jadi pemain lain yang didatangkan oleh Thomas Tuchel pada 31 Agustus 2018. Bek asal Spanyol ini didatangkan dari Bayern Munich pada deadline day transfer musim panas 2021.

Sama seperti Kylian Mbappe, Juan bernat juga menjadi pemain lain yang masih bertahan di PSG hingga sekarang. Sejauh ini, Bernat telah mencatat 110 pertandingan dengan sumbangan 8 gol dan 11 assist.

 

Dengan nama besar yang ia miliki, tampaknya tak sulit bagi Thomas Tuchel untuk mendapatkan klub baru. Pasalnya, Thomas Tuchel merupakan seorang pelatih muda berkualitas yang layak jadi proyek jangka panjang sebuah tim.

Baca Juga: Pochettino atau Tuchel, Siapa Manajer Baru Aston Villa?

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya