7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier League

Jorginho baru saja pecahkan rekor di tahun 2021

Premier League merupakan salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia. Bagaimana tidak, terdapat beberapa klub top, seperti Manchester City, Manchester United, Chelsea, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham. Ada sejumlah rekor yang pernah tercipta di ajang ini setiap musimnya. 

Pada musim ini, terdapat suatu rekor yang terpecahkan oleh seseorang pemain, yaitu rekor pemain dengan rekor penalti dalam satu tahun kalender. Siapa pemecah rekor tersebut ya? Yuk simak penjelasannya. 

1. Jorginho - 2021 (Chelsea)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueJorginho bersama Chelsea (twitter.com/ConnCFC)

Baru-baru ini Jorginho memecahkan rekor pemain dengan jumlah penalti terbanyak dalam satu tahun kalender. Dua gol penalti di laga melawan Aston Villa membuat dirinya meraih 10 gol penalti pada tahun ini di ajang Premier League. Dengan demikian, dia resmi mengungguli rekor Steven Gerrard bersama Liverpool pada tahun 2014 lalu. 

Jorginho memang dikenal merupakan eksekutor penalti andalan Thomas Tuchel selama membela Chelsea. Tendangan penaltinya memang sangat susah ditebak dan kerap mengecoh kiper lawan.

2. Steven Gerrard - 2014 (Liverpool)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueSteven Gerrard bersama Liverpool (destinationksa.com)

Sebelum Jorginho memecahkan rekor pemain dengan jumlah penalti terbanyak dalam satu tahun kalender, rekor ini diraih oleh Steven Gerrard dan Le Tissier. Gerrard diketahui berhasil mencetak 9 gol penalti di ajang Premier League pada tahun 2014. Gerrard menyamai rekor Le Tissier pada tahun 1994. 

Hal yang menarik tentang terpecahnya rekor ini ialah Jorginho memecahkan rekor di saat Steven Gerrard menangani Aston Villa. Kala itu, Jorginho mencetak 2 gol penalti ke gawang Emiliano Martinez yang dilatih Steven Gerrard.

3. Matt Le Tissier - 1994 (Southampton)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueLe Tissier bersama Southampton (thesefootballtimes.co)

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, selain Steven Gerrard, ada pula nama Matt Le Tissier yang memegang rekor pemain dengan jumlah gol penalti terbanyak di ajang Premier League dalam satu tahun kalender sebelum dipecahkan oleh Jorginho. Le Tissier berhasil mencetak 9 gol penalti pada tahun 1994. 

Kala itu tak ada pemain yang mampu menyamai perolehannya tersebut sebelum Steven Gerrard mencetak 9 gol penalti bagi Liverpool pada tahun 2014. Le Tissier sendiri merupakan legenda Southampton yang telah membela klub tersebut selama 25 tahun.

4. Bruno Fernandes - 2020 (Manchester United)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueBruno Fernandes bersama Manchester United (manutd.com)

Pada tahun lalu, Bruno Fernandes berhasil memasukkan namanya di daftar pemain dengan jumlah gol penalti terbanyak di ajang Premier League dalam satu tahun kalender. Bruno berhasil mencetak 8 gol penalti bersama Manchester United. 

Bruno sendiri memang dikenal memiliki eksekusi penalti yang mematikan. Dia kerap melesakkan tendangan penalti yang keras dan mengarah ke pojok gawang sehingga susah ditepis oleh kiper.

Baca Juga: Bruno Fernandes Terciduk Dorong Steward Saat Lawan Chelsea

5. Luka Milivojevic - 2018 dan 2019 (Crystal Palace)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueLuka Milevojevic bersama Crystal Palace (theathletic.com)

Kapten Crystal Palace, Luka Milivojevic, juga ternyata masuk dalam daftar ini. Milivojevic berhasil mencetak 8 gol penalti di ajang Premier League pada tahun 2018 dan 2019. Dia memang merupakan eksekutor penalti yang dimiliki Crystal Palace saat ini. 

Selain itu, Milivojevic merupakan satu-satunya pemain yang dapat mencetak gol penalti dalam jumlah yang sama di 2 tahun secara beruntun. Pastinya hal tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi Milivojevic.

6. Andy Johnson - 2005 (Crystal Palace)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueAndy Johnson bersama Crystal Palace (skysports.com)

Dalam daftar ini, terdapat 2 nama pemain yang pernah membela Crystal Palace. Selain Milivojevic, ada juga nama Andy Johnson yang berhasil mencetak 8 gol penalti pada tahun 2005.

Johnson membela Crystal Palace selama tahun 2002 hingga 2006 dan 2014 hingga 2015. Johnson juga sempat dipercaya membela Timnas Inggris sebanyak 8 kali sejak tahun 2005.

7. Alan Shearer - 1999 (Newcastle United)

7 Pemain dengan Rekor Penalti Satu Tahun Kalender di Premier LeagueAlan Shearer bersama Newcastle United (shoot.co.uk)

Ada pula nama legenda Newcastle United dalam daftar ini. Shearer berhasil mencetak 8 gol penalti untuk Newcastle United pada tahun 1999. Kala itu Shrearer memang dikenal sebagai penyerang depan yang andal dalam mengeksekusi tendangan penalti. 

Dalam sejarahnya, Shearer hanya membela klub-klub Inggris, seperti Newcastle United, Southampton, dan Blackburn. Dia juga dipercaya menjadi andalan Timnas Inggris dan tampil sebanyak 63 kali.

 

Tujuh pemain di atas saat ini merupakan pemain dengan gol penalti terbanyak dalam sejarah Premier League. Jorginho baru saja memecahkan rekor tersebut saat melawan Aston Villa pada pekan ke-19 Premier League. Adakah pemain yang akan memecahkan rekor Jorginho kedepannya?

Baca Juga: 5 Pemain Paling Sering Gagal Mengeksekusi Penalti pada Abad 21

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya