5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Or

Deretan pemain legenda!

Salah satu tolak ukur berhasilnya seorang pesepak bola adalah banyaknya trofi yang diraih. Pastinya merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi seorang pesepak bola saat meraih sebuah trofi, apalagi jika meraih trofi ajang bergengsi seperti Liga Champions, Piala Dunia, hingga Ballon d'Or.

Menariknya, terdapat beberapa pemain Eropa yang berhasil meraih ketiga trofi kompetisi dan penghargaan tersebut. Prestasi ini tentu gak mudah untuk dicapai. Berikut 5 pemain Eropa yang pernah meraih trofi Piala Trofi Piala Dunia, Liga Champions, hingga Ballon d'Or sekaligus. 

1. Franz Beckenbauer

5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Orpotret Franz Beckenbauer (sportmob.com)

Fans Bayern Munchen pastinya tak asing lagi dengan sosok Franz Beckenbauer. Lulusan akademi asli Bayern Munchen itu sudah mengabdi bagi klub tersebut selama tahun 1964 hingga 1977. Ia memutuskan untuk pensiun di New York Cosmos pada tahun 1983. 

Beckenbauer juga berhasil memberikan trofi Piala Dunia pada tahun 1974 bersama timnas Jerman. Tak hanya itu, dia juga berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1972 dan 1976. Di level klub, Franz Beckenbauer juga berhasil membawa Bayern Munchen menjuarai Liga Champions selama tiga musim berturut-turut, yaitu pada tahun 1974,1975, dan 1976.

2. Gerd Müller

5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Orpotret Gerd Müller (skysports.com)

Selain Franz Beckenbauer, ada pula sosok Gerd Müller yang berhasil membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 1974. Dia juga merupakan sosok legendaris di klub Bayern Munchen saat membela klub tersebut selama tahun 1964 hingga 1979. Bersama Bayern Munchen, sudah ada 3 trofi Liga Champions yang berhasil diraihnya pada tahun 1974, 1975, dan 1976. 

Gerd Müller juga berhasil meraih penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1970 karena penampilannya bersama Bayern Munchen dan timnas Jerman. Pada tahun 1972, dia juga membawa Jerman untuk menjuarai ajang Piala Eropa kala itu. 

Baca Juga: 6 Pemain yang Mampu Meraih Trofi Premier League, Piala Dunia, dan UCL

3. Paolo Rossi

5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Orpotret Paolo Rossi (news.sky.com)

Paolo Rossi merupakan salah satu pesepak bola Italia paling sukses dalam sejarah. Bagaimana tidak, dia berhasil membawa Italia menjuarai Piala Dunia 1982. Pada tahun yang sama, Rossi juga meraih penghargaan Ballon d'Or. 

Bersama Juventus, Rossi juga berhasil menyumbangkan trofi Liga Champions 1984/1985. Dalam sejarahnya, Paolo Rossi pernah membela beberapa klub ternama seperti Juventus, AC Milan, hingga Hellas Verona. Dia memutuskan untuk pensiun pada tahun 1987 di klub Hellas Verona. 

4. Sir Bobby Charlton

5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Orpotret Sir Bobby Charlton (sportskeeda.com)

Sir Bobby Charlton merupakan salah satu pesepak bola legendaris di dunia sepak bola Inggris. Dalam sejarahnya, dia pernah membela klub-klub top seperti Manchester United, Bangor City, hingga Melbourne Victory. Lulusan akademi Manchester United itu berhasil membawa Setan Merah menjuarai Liga Champions 1967/1968. 

Bobby Charlton juga berhasil membawa Inggris menjuarai Piala Dunia edisi tahun 1966. Pada tahun yang sama, dia berkesempatan untuk meraih penghargaan Ballon d'Or. Adapula 3 trofi Premier League yang diberikannya ke Manchester United pada tahun 1957, 1965, dan 1967. 

5. Zinédine Zidane

5 Pemain Eropa yang Pernah Raih Piala Dunia, UCL, dan Ballon d'Orpotret Zinedine Zidane (footyfair.com)

Selanjutnya ada Zinédine Zidane yang merupakan pesepak bola Prancis yang tersukses dalam sejarah. Zidane berhasil membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 1998. Pada tahun yang sama, Zidane juga meraih penghargaan Ballon d'Or. 

Pada musim 2001/2002, Zidane juga mampu membawa Real Madrid meraih Liga Champions. Dalam sejarah kariernya, Zidane pernah membela beberapa klub besar seperti Juventus, Real Madrid, hingga Bordeaux. 

 

Nah, itu dia 5 pesepak bola Eropa yang berhasil meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia serta penghargaan Ballon d'Or. Dalam satu dekade terakhir, belum ada pemain yang berhasil menyamai rekor kelima pemain tersebut. Adakah pemain Eropa yang mampu meraih trofi Liga Champions, Piala Dunia, dan penghargaan Ballon d'Or?

Baca Juga: 5 Pemain Ini Belum Berhasil Menang Ballon d'Or meski Pernah Juara UCL

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya