Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar Donetsk

Termasuk Mykhaylo Mudryk

Shakhtar Donetsk merupakan klub raksasa Ukraina. Ia dikenal sebagai langganan juara di berbagai kompetisi di sana.

Selain dikenal akan prestasinya, klub ini juga dikenal memiliki scouting yang bagus. Bagaimana tidak, terdapat beberapa pemain yang dibeli Shakhtar Donetsk dengan harga murah, tetapi dijual dengan harga fantastis kepada klub lain.

Beberapa nama top diketahui masuk dalam daftar ini. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Willian

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar DonetskWillian (arsenal.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Willian yang saat ini bermain di Fulham memulai karier di Eropa bersama Shakhtar Donetsk. Pada 2007, dia didatangkan dari Corinthians dengan harga 14 juta euro atau Rp228 miliar.

Melihat penampilan Willian yang impresif di Liga Ukraina, FC Anzhi Makhachkala berani membeli pemain asal Brasil itu dengan harga fantastis, yaitu 35 juta euro atau Rp570 miliar. Setidaknya Shakhtar Donetsk untung lebih dari 100 persen dari penjualan sang pemain.

2. Fred

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar DonetskFred memakai jersey Manchester United. (instagram.com/fred08oficial)

Fred didatangkan Manchester United dari Shakhtar Donetsk pada 2018 lalu. Dia dibeli dengan harga mahal, yaitu 59 juta euro atau Rp962 miliar. Padahal, Shakhtar Donetsk membeli Fred dengan harga 15 juta euro atau Rp244 miliar dari Internacional.

Selama membela Shakhtar Donetsk pada 2013 hingga 2018, Fred memang sukses mencuri perhatian. Bahkan, dia sempat diincar Manchester City walau pada akhirnya tak ada kesepakatan dari kedua belah pihak.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dijual Mahal oleh Shakhtar Donetsk, Mudryk Teranyar!

3. Fernandinho

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar Donetskpotret Fernandinho (instagram.com/fernandinho)

Eks kapten Manchester City, Fernandinho, juga masuk dalam daftar ini. Shakhtar Donetsk membeli pemain asal Brasil itu dengan harga 7,8 juta euro atau Rp127 miliar dari Club Athletico Paranaense pada 2005.

Fernandinho berhasil menjadi gelandang yang berkembang di Liga Ukraina hingga akhirnya direkrut Manchester City pada 2013. Tak tanggung-tanggung, Manchester City berani mengeluarkan dana sebanyak 40 juta euro atau Rp652 miliar.

4. Mykhailo Mudryk

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar DonetskMykhaylo Mudryk (chelseafc.com)

Secara mengejutkan, Chelsea berhasil mendatangkan Mykhailo Mudryk dari Shakhtar Donetsk pada Januari 2023. Tak tanggung-tanggung, pemain asal Ukraina itu dibeli dengan harga 100 juta euro atau Rp1,63 triliun.

Mykhailo Mudryk sendiri resmi menjadi pemain termahal kedua yang pernah dibeli Chelsea setelah Romelu Lukaku. Mudryk merupakan lulusan akademi Shakhtar Donetsk yang bergabung pada 2018 lalu. Dia sebenarnya baru masuk ke skuad utama Shakhtar Donetsk pada Januari 2021.

5. Henrikh Mkhitaryan

Dibeli Murah, 5 Pemain Ini Dijual Mahal Shakhtar DonetskHenrikh Mkhitaryan (manutd.com)

Henrikh Mkhitaryan merupakan pemain yang diorbitkan Shakhtar Donetsk. Dia bergabung dengan klub tersebut pada 2010 dari Metalurg Donetsk dengan harga 5,85 juta euro atau Rp95 miliar.

Menariknya, pada 2013, Shakhtar Donetsk menjual Henrikh Mkhitaryan dengan harga fantastis kepada Borussia Dortmund, yaitu 27,5 juta euro atau Rp448 miliar. Pemain asal Armenia itu kini membela Inter Milan setelah membela beberapa klub besar, seperti AS Roma, Arsenal, hingga Manchester United.

Shakhtar Donetsk memang dikenal memiliki scouting yang cerdik. Mereka mampu mengembangkan banyak pemain potensial yang bisa dijual dengan harga fantastis kepada klub-klub top Eropa.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir yang Didatangkan Klub EPL dari Shakhtar Donetsk

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya