Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratis

Termasuk Sergio Aguero dan Eric Garcia

Bursa transfer musim panas sudah dimulai sejak awal Juli lalu. Dengan hal tersebut, terdapat cukup banyak pemain yang tak diperpanjang atau meneken kontrak baru setelah kontraknya habis di klub lamanya. Alhasil, terdapat banyak pemain yang meninggalkan klub mereka secara gratis atau bebas transfer.

Di Premier League, terdapat beberapa pesepak bola top yang meninggalkan klub Premier League dengan status bebas transfer. Siapa saja mereka? Yuk, simak penjelasannya!

1. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratispotret Gini Wijnaldum bersama Liverpool (thisisanfield.com)

Georginio Wijnaldum merupakan pemain penting Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Sayangnya, Wijnaldum memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Liverpool. Sempat dikabarkan akan merapat ke Barcelona, pemain asal Belanda itu justru hijrah ke Paris Saint-Germain.

Padahal, terdapat beberapa pemain top yang ada di Paris Saint-Germain yang mengisi posisinya, seperti Danilo Pereira, Leandro Paredes, Idrissa Gueye, Rafinha, hingga Ander Herrera. Wijnaldum sendiri merupakan pemain yang didatangkan Paris Saint-Germain secara gratis pada musim ini selain Sergio Ramos dan Gianluigi Donnarumma.

2. Mamadou Sakho

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratispotret Mamadou Sakho bersama Crystal Palace (90min.com)

Mamadou Sakho baru saja menyelesaikan kontraknya di Crystal Palace per 1 Juli 2021 lalu. Pada 27 Juli 2021, dia resmi menjadi pemain klub asal Prancis, Montpellier HSC. Pada musim lalu, Sakho memang kehilangan posisi utama di lini belakang Crystal Palace. 

Dalam karier sepak bolanya, pemain berusia 31 tahun itu pernah membela klub-klub top, seperti Paris Saint-Germain dan Liverpool. Dia juga pernah membela Timnas Prancis sebanyak 29 kali sejauh ini.

Baca Juga: 6 Pemain yang Mau Liverpool Tendang saat Cuci Gudang

3. Sergio Aguero - Manchester City

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratispotret Sergio Aguero bersama Manchester City (football-espana.net)

Pada musim lalu, Sergio Aguero memang kehilangan tempat di Manchester City akibat cedera yang dideritanya. Manchester City dan Sergio Aguero sama-sama sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak Aguero. Alhasil, Aguero hijrah ke Barcelona secara bebas transfer.

Setidaknya, Aguero sudah mengabdikan diri ke Manchester City selama 10 tahun dan sudah memberikan 5 gelar Premier League, 1 Piala FA, dan 6 Piala Liga. Pemain asal Argentina itu juga sudah memberikan 3 gelar Community Shield pada tahun 2013, 2019, dan 2020. Hanya trofi Liga Champions yang tak bisa dia berikan selama membela Manchester City.

4. Eric Garcia

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratispotret Eric Garcia bersama Manchester City (football-espana.net)

Selain Sergio Aguero, ada juga Eric Garcia yang hijrah ke Barcelona secara bebas transfer. Eric Garcia memang sudah sejak lama dirumorkan akan hijrah ke Barcelona. Pemain asal Spanyol itu memang kesulitan untuk menembus skuad utama dengan hadirnya sosok Ruben Dias pada musim lalu.

Kepergian Eric Garcia sebenarnya sangat disayangkan banyak pihak mengingat umurnya yang masih sangat muda, yaitu 20 tahun. Eric Garcia menjadi andalan Timnas Spanyol di ajang Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang berlangsung. Bahkan, dia berhasil membawa La Furia Roja menuju final dan akan menghadapi Brasil.

5. Christian Atsu

5 Pemain Top yang Meninggalkan Premier League Musim Ini Secara Gratispotret Christian Atsu bersama Newcastle United (skysports.com)

Setelah gagal menembus utama skuad Newcastle United, Christian Atsu dan Newcastle sama-sama tidak ingin memperpanjang kontrak yang berakhir pada 1 Juli 2021 kemarin. Alhasil, Atsu hijrah ke klub asal Arab Saudi yang bernama Al-Raed. Dia sendiri bergabung Newcastle United sejak tahun 2017 lalu dari Chelsea dengan harga 7,5 juta euro atau sekitar 127 miliar rupiah.

Pemain berusia 29 tahun itu dalam sejarahnya pernah membela klub besar, seperti Porto dan Chelsea. Bersama Timnas Ghana, dia sudah memberikan penampilan sebanyak 60 kali sejak tahun 2012 lalu.

 

Nah, itu dia 5 pemain top yang meninggalkan Premier League pada musim ini secara gratis. Ada yang hijrah ke LaLiga dan Ligue 1. Bahkan, ada juga yang pindah ke negara Arab Saudi.

Baca Juga: 11 Bek Tinggalkan Real Madrid dengan Status Bebas Transfer

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya