14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Champions

Adakah pemain favoritmu di bawah?

Liga Champions dapat dikatakan sebagai kompetisi sepak bola paling bergengsi di Eropa. Bagaimana tidak, klub terbaik dari berbagai negara bertarung untuk memperebutkan gelar juara tahunan. Tak heran jika kadang beberapa pemain cukup kesulitan dalam mencetak gol.

Namun, ada beberapa pemain yang berhasil mencetak quattrick atau 4 gol dalam 1 pertandingan. Hal ini pastinya menjadi kredit tersendiri bagi para pemain tersebut. Berikut 14 pemain yang berhasil mencetak quattrick di Liga Champions.

1. Marco van Basten - AC Milan

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championstransfermarkt.com

Marco van Basten merupakan salah satu legenda sepak bola asal Belanda. Pemain kelahiran tahun 1964 ini berhasil mencetak 4 gol dalam pertandingan AC Milan melawan  IFK Göteborg di fase grup Liga Champions musim 1992-1993. Dia merupakan satu-satunya pemain yang mencetak gol pada pertandingan tersebut.

2. Simone Inzaghi - Lazio

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championssempreinter.com

Simone Inzaghi merupakan mantan pemain Lazio yang ini juga melatih klub tersebut. Dia berhasil menorehkan sejarah bagi klubnya sebagai pemain pertama yang dapat mencetak 4 gol sekaligus dalam 1 pertandingan di Liga Champions. Kala itu, Lazio berhasil menaklukkan Merseille pada fase grup Liga Champions 1999-2000 dengan skor 5-1.

3. Dado Prso - AS Monaco

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championspesmitidelcalcio.com

Pertandingan AS Monaco melawan Deportivo La Coruna di ajang fase grup Liga Champions musim 2003-2004 merupakan pertandingan yag tak akan terlupakan bagi Dada Prso. Pasalnya, dia berhasil mencetak 4 gol pada pertandingan tersebut. Pemain bernomor punggung 9 tersebut memang menjadi salah satu penyerang tertajam pada masa itu.

4. Ruud van Nistelrooy - Manchester United

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsoutlookindia.com

Salah satu bintang Manchester United, Ruud van Nistelrooy, berhasil membuktikan ketajamannya dengan mencetak 4 gol pada pertandingan melawan Sparta Prague. Kala itu kedua tim bermain di fase grup Liga Champions musim 2004-2005 dengan hasil akhir 4-1. Kala itu, MU masih diperkuat oleh pemain bintang Cristiano Ronaldo dan Rio Ferdinand.

5. Andriy Shevchenko - AC Milan

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championstransfermarkt.com

Walaupun bermain tandang melawan klub raksasa asal Turki, Fenerbahce, Andriy Shevchenko tampaknya segan-segan dalam menunjukkan ketajamannya. Dia berhasil membawa AC Milan unggul 4-0 gol tanpa balas dan semua gol berasal darinya. Andriy Shevchenko merupakan pemain pertama AC Milan yang berhasil mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan di Liga Champions.

Baca Juga: 10 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis Saat Ini, Giroud Kejar Rekor!

6. Lionel Messi - FC Barcelona

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsinstagram.com/leomessi

Nama Lionel Messi mulai sangat populer ketika dirinya berhasil membobol 4 gol di babak penyisihan perempat final Liga Champions musim 2009-2010 melawan Arsenal. Kala itu, Barcelona unggul telak atas Arsenal dengan skor 4-1. Sedangkan 1 gol dari Arsenal dicetak oleh Bendtner.

7.  Bafetimbi Gomis - Olympique Lyon

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsleparisien.fr

Bafetimbi Gomis berhasil menjadi pahlawan pada pertandingan Lyon melawan Dinamo Zagreb pada fase grup Liga Champions musim 2011-2012. Pada saat itu, Gomis berhasil mencetak 4 gol. Pertandingan berakhir dengan skor 7-1 untuk kemenangan Lyon.

8. Mario Gomez - Bayern Munich

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsbundesliga.com

Mario Gomez berhasil menjadi pemain pertama Bayern Munich yang mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan di Liga Champions. Saat itu, Bayern Munich sedang berada di babak 16 besar melawan FC Basel yang merupakan wakil dari Swiss. Pertandingan berakhir dengan skor 7-0.

9. Robert Lewandowski - Borussia Dortmund & Bayern Munich

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championssportskeeda.com

Semifinal Liga Champions 2012-2013 dapat dikatakan menjadi salah satu pertandingan yang paling seru pada musim tersebut. Pasalnya, kedua perwakilan Jerman, yaitu Bayern Munich dan Borussia Dortmund berhasil sama-sama melaju ke final. Borussia Dortmund berhasil menaklukan Real Madrid dengan skor 4-1 di leg pertama dan semua gol dicetak oleh Lewandowski.

Pada Liga Champions musim lalu, Lewandowski juga berhasil mencetak 4 gol pada saat Red Star Belgrade di fase grup. Kala itu, Bayern Munich unggul 6 gol tanpa balas.

10. Zlatan Ibrahimovic - Paris Saint-Germain

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championstalksport.com

Pada fase grup Liga Champions musim 2013-2014, Zlatan Ibrahimovic berhasil menunjukkan ketajamannya saat melawan Anderlecht. Dia berhasil mencetak 4 gol pada laga tersebut. Pertandingan berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan PSG.

11. Cristiano Ronaldo - Real Madrid

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsgeotimes.co.id

Pada fase grup Liga Champions musim 2015-2016 tampaknya menjadi musim buruk bagi kesebelasan FC Malmo. Pasalnya, mereka dihabisi Real Madrid dengan 8 gol tanpa belas. 4 gol diantaranya dicetak oleh bintang Real Madrid pada kala itu, Cristiano Ronaldo.

12. Serge Gnabry - Bayern Munich

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championskometoday.com

Mario Gomez dan Lewandowski bukan satu-satunya pemain Bayern Munich yang berhasil mencetak quattrick di Liga Champions. Serge Gnabry juga berhasil mencetak 4 gol dalam pertandingan melawan Tottenham dalam fase grup musim lalu. Saat itu, Bayern Munich unggul 7-2 atas klub asal London tersebut.

13.  Josip Ilicic - Atalanta

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsinstagram.com/ilicic72

 Josip Ilicic merupakan satu-satunya pemain Atalanta yang berhasil mencetak quattrick hingga saat ini. Ilicic berhasil mencetak 4 gol saat Atalanta menang atas Valencia dengan skor 4-3. Kemenangan tersebut membuat Atalanta lolos ke babak 16 besar. 

14. Olivier Giroud - Chelsea

14 Pemain yang Berhasil Mencetak Quattrick di Liga Championsinstagram.com/giroud918

Olivier Giroud merupakan pemain terakhir yang berhasil mencerak 4 gol dalam1 pertandingan di Liga Champions hingga saat ini. Quattrick tersebut dilakukannya saat Chelsea menaklukkan 4 gol tanpa balas. Giroud menjadi pemain tertua Chelsea yang berhasil menciptakan quattrick di kompetisi eropa, baik Liga Champions maupun Liga Europea.

Nah, itu dia 14 pemain yang berhasil mencetak quattrick di Liga Champions. Lewandowski sementara ini menjadi pemain terbanyak yang dapat mencetak quattrick dan masih berpeluang untuk menambah perolehannya tersebut karena masih aktif bermain hingga saat ini. Adakah pemain favoritmu dari sekian pemain sepak bola di atas?

Baca Juga: 5 Debutan Termuda dalam Sejarah Liga Champions, Masih Belasan Tahun!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya