6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!

Adakah kiper favoritmu dalam daftar di bawah?

Kiper merupakan orang terakhir yang bertanggung jawab atas kebobolan atau tidaknya suatu klub di sebuah pertandingan. Selain itu, kiper juga dapat bertugas sebagai mengatur lini belakang agar lawan tidak dapat menembakkan suatu tendangan menuju ke arah gawangnya. Tak heran jika dalam 1-2 dekade terakhir kiper pembelian kiper top merupakan salah satu prioritas banyak klub. 

Tak sedikit pula klub yang berani mengeluarkan dana yang sangat besar untuk mendatangkan seorang kiper top. Berikut 6 pembelian kiper termahal sepanjang sejarah yang wajib kamu tahu. 

1. Kepa Arrizabalaga - Athletic Bilbao ke Chelsea (2018)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Kepa Arrizabalaga (chelseaseason.co.uk)

Kepa Arrizabalaga merupakan salah satu kiper klub asal London, Chelsea. Musim ini bukan merupakan musim yang baik bagi kiper asal Spanyol itu. Pasalnya, kedatangan Edouard Mendy pada musim ini membuat dirinya lebih sering berada di bangku cadangan.

Padahal, Kepa sendiri dibeli dengan harga yang sangat fantastis dari Athletic Bilbao, yaitu 80 juta euro atau sekitar 1,3 triliun rupiah. Dengan angka tersebut, Kepa Arrizabalaga merupakan kiper termahal yang pernah dibeli oleh suatu klub sepanjang sejarah. Saat ini banderol pemain berusia 26 tahun itu hanya sebesar 13 juta atau 225 miliar rupiah.

2. Alisson Becker - AS Roma ke Liverpool (2018)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Alisson Becker (90min.com)

Pada tahun 2018, Alisson Becker resmi didatangkan Liverpool dari AS Roma. Uang yang harus dibayar untuk mendatangkan kiper asal Brasil itu tidaklah murah, yaitu 62,5 juta euro atau sekitar 1,084 triliun rupiah. Pada musim pertamanya, Alisson berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions.

Di musim berikutnya, Liverpool akhirnya berhasil menjuarai Premier League setelah sekian lama para fans klub tersebut menanti-nanti gelar tersebut. Hal tersebut tak lepas dari peforma gemilang kiper berusia 28 tahun itu.

3. Gianluigi Buffon - Parma ke Juventus (2001)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Gianluigi Buffon (forzaitalianfootball.com)

Buffon merupakan kiper termahal yang pernah dibeli oleh suatu klub sepanjang sejarah sebelum rekornya diputuskan oleh Kepa Arrizabalaga yang dibeli Chelsea dari Athletic Bilbao pada tahun 2018. Buffon dibeli Juventus dari Parma pada tahun 2001 dengan harga 52,9 juta euro. Jika dirupiahkan, angka tersebut setara dengan 918 miliar rupiah.

Pada waktu itu, harga tersebut merupakan harga yang sangat mahal dan tak semua klub berani membeli seorang kiper dengan harga sebesar itu. Harga yang mahal itu sebenarnya sebanding dengan penampilan dan prestasi Buffon bersama Juventus sehingga berhasil menjuarai berbagai macam kejuaraan atau ajang.

Baca Juga: 5 Kiper dengan Pertandingan Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

4. Ederson - Benfica ke Manchester City (2017)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Ederson Moraes (mancitysquare.com)

Ederson Moraes merupakan kiper utama Manchester City dalam beberapa musim terakhir. Kiper asal Brasil itu didatangkan Manchester City dari klub asal Portugal, yaitu Benfica. Dia didatangkan dengan harga 40 juta euro atau sekitar 694 miliar rupiah.

Berbagai gelar dan prestasi telah diraihnya selama membela Manchester City, mulai dari Piala FA, Carabao Cup, hingga Premier League. Dirinya juga berhasil meraih Golden Gloves di Premier League pada musim lalu dengan menorehkan 16 clean sheets.

5. Thibaut Courtois - Chelsea ke Real Madrid (2018)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Thibaut Courtois (football-espana.net)

Thibaut Courtois merupakan kiper Chelsea yang dibeli Real Madrid pada tahun 2018 lalu. Dia dibeli dengan harga 35 juta euro atau sekitar 607 miliar rupiah. Dengan hal tersebut, dia merupakan kiper termahal yang pernah dibeli oleh Real Madrid hingga saat ini.

Kiper berusia 28 tahun itu merupakan kiper utama Timnas Belgia. Dirinya sudah memberikan 83 penampilan bagi negaranya sejak tahun 2011. Bagi yang belum tahu, Courtois merupakan lulusan akademi klub asal Belgia, yaitu KRC Genk.

6. Jasper Cillessen - Barcelona ke Valencia (2019)

6 Pembelian Kiper Termahal Sepanjang Sejarah, Kepa Teratas!Jasper Cillessen (getfootballnewsspain.com)

Jasper Cillessen merupakan kiper asal Belanda yang dibeli Valencia dari Barcelona pada tahun 2019. Dia dibeli dengan harga yang tak murah, yaitu 23 juta euro atau sekitar 607 miliar rupiah. Kiper berusia 32 tahun itu memang sebelumnya kesulitan untuk menembus skuad utama Barcelona. 

Saat ini, dia hanya dibanderol sebesar 5 juuta euro atau sekitar 86,7 miliar rupiah. Di Timnas Belanda posisinya juga kerap digantikan oleh Tim Krul yang saat ini bermain di Norwich City. 

Keenam kiper tersebut merupakan kiper termahal yang pernah dibeli suatu klub sepanjang sejarah. Ada beberapa kiper yang penampilannya sesuai dengan harganya yang mahal. Ada juga beberapa kiper yang peformanya tak konsisten setelah dibeli dengan harga fantastis. 

Baca Juga: 5 Kiper Berusia 40 Tahun ke Atas yang Masih Aktif Bermain!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya