6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21

Termasuk rekrutan baru Inter Milan, Edin Dzeko!

Dalam dunia sepak bola, salah satu tolok ukur kesuksesan seorang penyerang adalah berapa banyak gol yang diciptakannya. Jika seorang pesepak bola tak mampu mencetak banyak gol, dapat dikatakan penyerang itu kurang berhasil. Memang, kadang-kadang bukan merupakan suatu hal yang mudah bagi seorang penyerang untuk mencetak gol, apalagi jika bermain di kompetisi yang sangat kompetitif. 

Pada abad ke-21, terdapat 6 penyerang Eropa yang diketahui mengoleksi gol terbanyak, baik di klub maupun negaranya. Berikut 6 penyerang Eropa tertajam di klub dan negaranya pada abad ke-21. 

1. Cristiano Ronaldo

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Cristiano Ronaldo bersama Timnas Portugal (juvefc.com)

Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, merupakan salah satu penyerang yang paling berbahaya saat ini. Bagaimana tidak, sudah ada 778 gol yang dikoleksinya di berbagai ajang, baik bersama klub maupun negaranya. Dari 179 laga bersama negaranya, pemain asal Portugal itu sudah mengoleksi 109 gol. 

Berbagai trofi sudah didapatkan oleh pemain berusia 36 tahun itu, mulai dari Liga Champions, Piala Eropa, Premier League, hingga LaLiga. Ronaldo juga telah berhasil meraih 5 kali penghargaan Ballon d'Or yang merupakan penghargaan individual bergengsi dari media Prancis.

2. Robert Lewandowski

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Robert Lewandowski bersama Bayern Munich (bundesliga.com)

Robert Lewandowski merupakan penyerang asal Polandia yang saat ini bermain bagi Bayern Munich. Bersama Bayern Munich, dia sudah meraih 7 trofi Bundesliga. Tak hanya itu, dalam kariernya, dia sudah meraih 17 gelar top skor di semua kompetisi yang dijalaninya. 

Total gol yang diciptakan oleh Lewandowski sejauh ini ialah sebanyak 464 gol, baik bersama klub maupun negaranya. Dari sekian banyak gol tersebut, 69 gol diciptakannya bersama Timnas Polandia dari 122 laga yang dijalani. Lewandowski sendiri dikabarkan diminati oleh Manchester City pada musim ini sebagai alternatif Harry Kane.

3. Zlatan Ibrahimovic

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Zlatan Ibrahimovic bersama AC Milan (news.cgtn.com)

Tak bisa dimungkiri bahwa Zlatan Ibrahimovic merupakan salah satu penyerang kelas dunia. Memasuki masa pensiunnya yang dipercaya tak lama lagi, Ibrahimovic masih menunjukkan ketajamannya bersama AC Milan. Sejak tahun 2000, Ibrahimovic sudah menciptakan 451 gol, baik di klub maupun negaranya.

Sebanyak 62 gol diciptakannya saat membela Timnas Swedia dari 118 laga yang dijalani. Dia sendiri sudah 3 kali meraih gelar top skor Ligue 1 dan 2 kali gelar top skor Serie A. Dalam sejarahnya, Ibrahimovic juga pernah membela beberapa klub top seperti Barcelona, Inter Milan, Paris Saint-Germain, hingga Manchester United.

Baca Juga: Keren! Zlatan Ibrahimovic Bakal Akting dalam Sebuah Film

4. Karim Benzema

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Karim Benzema bersama Real Madrid (90min.com)

Penyerang andalan Real Madrid, Karim Benzema, juga masuk dalam penyerang Eropa tertajam pada abad ke-21. Hanya ada 2 klub yang dibelanya dalam kariernya, yaitu Lyon dan Real Madrid. Penyerang asal Prancis itu juga sudah memberikan penampilan sebanyak 87 kali bagi negaranya. 

Dalam kariernya, Benzema sudah mencetak 375 gol, baik di klub maupun negaranya. Total torehan gol yang disumbangkannya bagi skuad Prancis sebanyak 31 gol. Benzema baru kembali membela Prancis di ajang Piala Eropa 2020 setelah sempat mendapatkan hukuman larangan membela negaranya akibat suatu kasus.

5. Wayne Rooney

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Wayne Rooney bersama Manchester United (sportsfila.com)

Dari sekian nama pemain daftar ini, Wayne Rooneylah yang sudah tidak bermain lagi. Dia memutuskan untuk menangani klub Derby Country sejak Januari 2021 lalu. Selama karier sepak bolanya sebagai pemain, Rooney sudah menciptakan 339 gol. 

Lulusan akademi Everton itu juga sudah memberikan 59 gol bagi Timnas Inggris dari 120 caps yang dijalaninya. Klub terlama yang pernah dibelanya ialah Manchester United, yaitu sejak tahun 2004 hingga 2017.

6. Edin Dzeko

6 Penyerang Eropa Tertajam di Klub dan Negaranya pada Abad ke-21potret Edin Dzeko bersama Inter Milan (latestpagenews.com)

Rekrutan baru Inter Milan, Edin Dzeko, juga masuk dalam daftar penyerang tertajam di Eropa pada abad ke-21. Dzeko ditugaskan untuk menggantikan peran Romelu Lukaku yang hengkang ke Chelsea pada bursa transfer musim panas ini. Nama Edin Dzeko sendiri mulai naik daun saat membela Manchester City sejak tahun 2011 hingga 2016. 

Total gol yang diciptakan Edin Dzeko sepanjang kariernya ialah 335 gol. Dari sekian gol tersebut, terdapat 59 gol yang ditorehkannya bersama Timnas Bosnia-Herzegovina dari 114 laga yang dijalani.

 

Keenam penyerang Eropa di atas memang dikenal sebagai pemain yang haus gol. Semua pemain di atas pernah mendapatkan trofi di klub yang pernah dibelanya. Dari sekian nama di atas, hanya Wayne Rooney yang sudah memutuskan untuk pensiun pada Januari 2021 lalu.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Membela AS Roma dan Inter Milan, Dzeko Terbaru!

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya