Comscore Tracker

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksiko

Apakah mereka akan memilih bermain untuk Meksiko?

Apakah kamu pernah mendengar istilah dwi kewarganegaraan? Pada dasarnya, dwi kewarganegaraan merupakan kondisi seseorang yang memiliki status kewarganegaraan yang sah secara hukum di dua negara. Bagi seorang pesepak bola, hal ini cukup menjadi dilema tersendiri. 

Berbicara tentang kewarganegaraan, salah satu negara yang menerapkan sistem dwi kewarganegaraan ialah Meksiko. Menariknya, terdapat beberapa talenta muda di dunia sepak bola yang memiliki kewarganegaraan kedua di Meksiko. Kira-kira, siapa saja mereka? Yuk simak penjelasannya. 

1. Julian Araujo

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksikopotret Julian Araujo (starsandstripesfc.com)

Julian Araujo merupakan salah satu bintang muda yang dimiliki oleh klub top asal Amerika Serikat, LA Galaxy. Di usianya yang baru 20 tahun, bek sayap kanan ini sudah menjadi andalan LA Galaxy di MLS. Dia sudah menyumbang 5 assist sepanjang musim 2021 bagi klub tersebut.

Menariknya, dia sempat membela Timnas Amerika Serikat senior pada Desember 2020 lalu di sebuah laga persahabatan. Kala itu, dia tampil selama 74 menit saat Amerika Serikat melawan El Savador. Dia berhasil menyumbang 1 assist di laga tersebut.

2. Ricardo Pepi

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksikopotret Ricardo Pepi (mlssoccer.com)

Baru-baru ini terdapat sosok baru di skuad Amerika Serikat, yaitu Ricardo Pepi. Pemain berusia 18 tahun itu memang berhasil tampil impresif dalam satu musim terakhir bersama FC Dallas. Bagaimana tidak, penyerang muda itu berhasil menorehkan 12 gol dan 2 assist sejauh ini.

Walau berstatus sebagai pemain internasional Amerika Serikat, ternyata dia pernah masuk skuad Timnas Meksiko beberapa tahun lalu. Dia dipercaya akan menjadi andalan Timnas Amerika Serikat ke depannya mengingat Pepi berhasil mencetak 1 gol di laga debutnya pada awal September 2021 lalu saat melawan Honduras di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020

3. Cade Cowell

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksikopotret Cade Cowell (sjearthquakes.com)

Selain Ricardo Pepi, ada juga nama Cade Cowell yang ternyata memiliki dwi kewarganegaraan Amerika Serikat dan Meksiko. Pemain berusia 17 tahun itu sempat masuk dalam skuad Amerika Serikat walau tak dimainkan. Pemain milik klub Quakes itu berhasil tampil cukup impresif di MLS musim ini dengan menorehkan 4 gol dan 4 assist.

Sayangnya, dia harus kalah bersaing dengan beberapa penyerang top lainnya, seperti Ricardo Pepi, Josh Sargent, hingga Christian Pulisic. Walau begitu, dia masih bisa membela Timnas Meksiko yang siap menggunakan jasanya.

4.  Richard Ledezma

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksikopotret Rihard Ledezma (americansoccernow.com)

Richard Ledezma merupakan pemain klub asal Belanda, PSV Eindhoven. Pemain berusia 21 tahun itu merupakan lulusan ZBR Academy sebelum akhirnya dia bergabung dengan akademi PSV pada tahun 2019. Musim ini merupakan musim pertamanya bermain di skuad senior PSV yang berlaga di Eredivisie.

PSV Eindhoven memiliki 2 kewarganegaraan sekaligus, yaitu Amerika Serikat dan Meksiko. Dia memiliki darah keturunan Meksiko walau lahir di Phoenix, Arizona, Amerika Serikat. Walau begitu, dia sendiri lebih memilih bermain di skuad Amerika Serikat sejauh ini.

5. Frankie Amaya

5 Talenta Muda Ini Memiliki Kewarganegaraan Kedua Negara Meksikopotret Frankie Amaya (sbisoccer.com)

Frankie Amaya merupakan pemain Red Bulls yang berposisi sebagai gelandang serang. Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun itu sudah berhasil menyumbang 1 gol dan 1 assist di ajang MLS. Walau begitu, dia tampak kesulitan untuk menembus skuad Amerika Serikat yang merupakan negara utamanya.

Di sisi lain, Amaya juga memiliki kewarganegaraan Meksiko. Walau begitu, tampaknya dia juga belum diminati oleh Luis Fernando Tena selaku pelatih Meksiko mengingat skuadnya masih memiliki cukup banyak gelandang berkualitas.

 

Nah, itu dia 5 talenta muda yang memiliki kewarganegaraan kedua di Meksiko. Sejauh ini, hanya ada Ricardo Pepi yang berstatus sebagai pemain internasional Amerika Serikat. Menurutmu, apakah keempat pemain lainnya memiliki peluang untuk bergabung Timnas Meksiko ke depannya?

Baca Juga: 7 Air Terjun Paling Menakjubkan di Meksiko, Bikin Pikiran Tenang

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya