5 Penyelamatan Penalti yang Pernah Dilakukan Ernando Ari

Jadi pahlawan saat menaklukkan Australia di Piala Asia 2024

Nama Ernando Ari ramai diperbincangkan usai Timnas U23 berhasil mengalahkan Australia dengan skor 1-0 di laga laga lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024, Kamis (18/4/2024). Ia berhasil menyelamatkan gawang Garuda Muda dari eksekusi penalti pemain Australia. Kiper Persebaya Surabaya tersebut dengan cekatan menghalau tendangan Muhammad Toure.

Penyelamatan penalti Ernando Ari ini bukanlah yang pertama ia lakukan. Sebelumnya, ada beberapa penyelamatan yang pernah dilakukan Ernando Ari, baik saat bersama Persebaya Surabaya maupun saat bersama Timnas Indonesia. Penasaran? Berikut daftarnya!

1. Ernando Ari menjadi pahlawan saat menghadapi Australia di Piala Asia U23 2024

https://www.youtube.com/embed/lRbxVxbbavU

Indonesia menghadapi Australia di pertandingan kedua Grup A Piala Asia U23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Kamis (18/4/2024) malam WIB. Kiper Persebaya Surabaya ini menjadi penyelamat skuad Garuda Muda. Australia mendapatkan hadiah penalti usai wasit Majed Mohammed Al Shamrani melihat tayang ulang VAR. Tangan Komang Teguh dinyatakan menyentuh bola di kotak terlarang.

Muhammad Toure menjadi eksekutor penalti. Ernando Ari berhasil menepis tendangan yang diarahkan ke kanan gawang. Penyelamatan gemilang kiper kelahiran Semarang ini tidak merubah skor pertandingan. Indonesia kemudian berhasil meraih kemenangan 1-0 atas Australia melalui gol hasil sundulan Komang Teguh pada menit ke-45.

Baca Juga: Timnas U-23 Ukir Sejarah, Menang Perdana di Piala Asia U-23

2. Halau tendangan penalti di final Piala AFF U23 2023

5 Penyelamatan Penalti yang Pernah Dilakukan Ernando AriErnando Ari (kuning) saat bersama Timnas U-23 di Final Piala AFF U-23 2023. (instagram.com/nandoariiiss)

Timnas U23 menghadapi Vietnam di babak final Piala AFF U23 2023. Pertandingan ini berlangsung di Rayong Province Stadium, Thailand, Sabtu (26/8/2023). Vietnam mendapatkan hadiah penalti saat Alfeandra Dewangga menjatuhkan pemain Vietnam di area terlarang.

Nguyen Quoc Viet menjadi algojo penalti Vetnam. Ernando Ari berhasil membaca arah bola dan menepis tendangan penyerang Vietnam tersebut. Keberhasilan Ernando Ari menghalau tendangan penalti tersebut membuat skor tetap imbang 0-0.

Pertandingan tersebut berakhir dengan adu penalti. Sayangnya, setelah berhasil menghalau tendangan penalti, Ernando Ari justru gagal mengeksekusi penalti. Indonesia harus takluk dari Vietnam dengan skor 5-6.

3. Ernando menggagalkan penalti Arema FC pada menit akhir

https://www.youtube.com/embed/9tiaHFPGLSs

Ernando Ari menjadi pahwalan saat Persebaya Surabaya menghadapi Arema FC di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (11/4/2023). Pasalnya, dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023 ini, ia berhasil menggagalkan eksekusi penalti Risky Dwi pada menit akhir laga. Hal ini membuat Persebaya Surabaya menang atas Arema FC dengan skor tipis 1-0.

Gol semata wayang Bajul Ijo diciptakan oleh Muhammad Iqbal pada menit ke-79. Gol ini berawal dari umpan jauh yang diberikan oleh Ze Valente ke tiang gawang. Ahmad Nufiandani menerima umpan tersebut dan mengarahkan ke Muhammad Iqbal. Muhammad Iqbal langsung menanduk bola ke pojok kiri bawah gawang Arema FC.

4. Ernando Ari menggagalkan tendangan penalti Vitinho

https://www.youtube.com/embed/WsSr_BsQK5A

Persebaya Surabaya melakoni pertandingan tandang ke kandang PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Rabu (29/3/2023) malam WIB. Pada pertandingan tersebut, Persebaya terlebih dahulu mendapatkan tendangan penalti. Sayangnya, Ze Valente gagal mengkonversinya menjadi gol. Tendangannya berhasil digagalkan kiper PSIS, Adi Satryo.

PSIS Semarang kemudian giliran mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-87. Namun, Vitinho gagal mengeksusinya. Ernando Ari berhasil menahan tendangan Vitinho yang diarahkan ke kanan gawang.

Pada pertandingan ini, Persebaya unggul atas tuan rumah PSIS Semarang dengan skor 2-1. Dua gol Persebaya Surabaya dicetak oleh Paulo Victor (31') dan Brylian Aldama (88'). Sedangkan, gol balasan PSIS Semarang dicetak oleh Alfeandra Dewangga.

5. Ernando Ari halau penalti Timor Leste di SEA Games 2022

https://www.youtube.com/embed/HZvYqJOnjR4

Penyelamatan penalti Ernando Ari yang kelima terjadi saat Indonesia berhadapan dengan Timor Leste di babak penyisihan Grup A SEA Games 2022 Vietnam. Pertandingan tersebut berlangsung pada, Selasa (10/5/2022) malam WIB, di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam. Timor Leste mendapatkan hadiah penalti setelah Marc Klok menjatuhkan Mauzinho de Lima di area kotak penalti pada menit pertama.

Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Mauzinho. Timnas U23 kemudian membalikkan keadaan dengan keunggulan telak 4-1 atas Timor Leste. Gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri (15'), Witan Sulaeman (52', 76'), dan Fachruddin Aryanto (58'). Gol balasan Timor Leste diciptakan oleh Mouzinho de Lima (68').

Selain keberhasilannya menghalau tendangan penalti, Ernando Ari juga pernah gagal melakukan penyelamatan penalti, yaitu sebanyak 12 kali. Meski begitu, aksi heroiknya saat gagalkan penalti pemain Australia pada Piala AFC U-23 2024 membuat mental Ernando Ari untuk menasbihkan diri sebagai kiper utama Timnas Indonesia makin meningkat.

Baca Juga: 3 Sejarah Dicetak Timnas U-23 Usai Bungkam Australia

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya