Duet Ten Hag dan Rangnick Bisa Bangkitkan Manchester United

Kemunduran Rangnick di Manchester United

Jakarta, IDN Times - Penunjukkan Erik ten Hag sebagai manajer Manchester United musim depan memunculkan harapan baru. Sejumlah pihak kini merasa kalau masuknya Ten Hag bisa menjadi awal dari revolusi MU.

Namun, Ten Hag tak bisa sendiri. Perlu ada orang yang mendampinginya, agar program yang sudah dijalankan berlangsung sesuai jalur. Orang tersebut, menurut mantan bek MU, Rio Ferdinand, adalah Ralf Rangnick.

Ferdinand merasa, Rangnick seharusnya tak diberikan jabatan sebagai konsultan semata ketika kontraknya habis bersama MU. Tapi, harus lebih dari itu.

1. Rangnick punya visi yang jelas

Duet Ten Hag dan Rangnick Bisa Bangkitkan Manchester Unitedpelatih interim Manchester United Ralf Rangnick (theathletic.com)

Rangnick, menurut Ferdinand, memiliki kapasitas yang cukup untuk menjabat sebagai Direktur Teknik di MU. Tak cuma sebagai konsultan, Rangnick seharusnya bisa memiliki kuasa yang lebih.

Apalagi, jika dari pandangan Ferdinand, Rangnick dan Ten Hag memiliki kesamaan visi dalam proses pengembangan sebuah tim.

"Ke mana Ralf Rangnick akan pergi? Dia sudah berpengalaman dan punya filosofinya sendiri. Dia tahu pemain apa yang pantas bekerja buat tim ini, sistem dan filosofinya jelas. Itulah hal terbaik yang dimilikinya," ujar Ferdinand dilansir The Sun.

Baca Juga: 4 Pemain Manchester United yang Bisa Didepak Ten Hag, Ada Maguire

2. Masalahnya, posisi Direktur MU sudah gemuk

Duet Ten Hag dan Rangnick Bisa Bangkitkan Manchester Unitedthemanunitedfans.com

Yang jadi masalah, kalau Rangnick jadi Direktur, maka posisi ini akan semakin gemuk. Saat ini saja, MU sudah memiliki Darren Fletcher dan John Murtough. Fletcher berperan sebagai Direktur Teknik, sementara Murtough merupakan Direktur Sepak Bola.

Dua jabatan yang cukup beririsan perannya jika Rangnick diberikan jabatan serupa. Makanya, tak mungkin Rangnick diberikan posisi Direktur untuk sekarang. Konsultan jadi peran terbaik buat Rangnick di situasi ini, namun memang kuasanya tak terlalu besar.

3. MU harus lakukan revolusi besar

Duet Ten Hag dan Rangnick Bisa Bangkitkan Manchester UnitedHarry Maguire (skysports.com)

Tak bisa dihindari, MU memang harus dirombak secara total. Rangnick melihat ada yang salah dari skuad Setan Merah sekarang.

Banyak pemain yang harus dibuang, pun tak sedikit harus didatangkan. Setidaknya, menurut Rangnick, ada 10 pemain yang harus dibeli MU, demi membangun ulang skuad.

Rangnick juga menyatakan kalau manajemen dan fans harus bersabar atas revolusi MU. Sebab, contoh paling nyata, Liverpool membangun skuad yang tangguh seperti sekarang karena buah dari kesabaran, keuletan, serta kecermatan Juergen Klopp dalam beraktivitas di bursa transfer.

Baca Juga: Erik Ten Hag, Manajer Baru Manchester United Penganut Taktik Ekstrem

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya