5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Ini

Siapa bakal konsisten hingga akhir musim?

Liga-liga top Eropa hampir memasuki setengah jalan dalam mengarungi musim 2020/2021 ini. Hingga saat ini cukup banyak yang terjadi, baik di LaLiga, Serie A, hingga Premier League. Ada beberapa klub yang tampil di luar ekspektasi publik di awal musim.

Sejauh ini mereka justru tampil cukup baik hingga menempati posisi yang lumayan baik di klasemen. Di balik penampilan klub-klub tersebut, ada sosok pelatih yang berperan penting. Pelatih-pelatih ini mampu beri kejutan, paling tidak hingga paruh musim ini. Siapa saja pelatih yang dimaksud? Berikut kami sajikan ulasannya. Check this out!

Baca Juga: 5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnley

1. Dean Smith (Aston Villa)

5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Inidailymail.co.uk/PA

Siapa yang menyangka bahwa Aston Villa akan memberikan warna baru di persaingan Premier League musim ini? Dean Smith menjadi sosok di balik penampilan Villa sejauh ini. Musim lalu, klub berjuluk The Villans ini hampir saja terdegradasi setelah menempati posisi 17 atau satu strip dari zona degradasi. Namun, pada musim ini, pelatih asal Inggris itu benar-benar membawa Villa tampil luar biasa hingga menempati posisi kedelapan dengan 26 poin.

Bahkan, mereka baru memainkan 15 pertandingan dan masih mengantongi dua laga tunda. Salah satu kemenangan yang akan selalu diingat adalah ketika menghancurkan juara bertahan, Liverpool, dengan skor 7-2. Smith sendiri telah menjadi juru taktik Aston Villa sejak Oktober 2018. Ia sudah teruji dengan membawa Villa promosi dua musim lalu.

2. Unai Emery (Villarreal)

5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Iniarsenal.com

Dianggap gagal dan dipecat Arsenal tak membuat Unai Emery putus asa. Tak sampai setahun setelah didepak The Gunners, ia kembali mendapat pekerjaan musim ini. Villarreal menjadi tim yang menjadikan Emery sebagai juru taktik mereka. Pelatih asal Spanyol ini pun berhasil menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih top hingga saat ini. Ia mampu membawa tim Kapal Selam Kuning bersaing dalam tangga juara LaLiga.

Dari 19 pertandingan yang sudah dijalani, mereka berada di posisi keempat dengan 32 poin. Mereka hanya terpaut 6 poin dari sang pemuncak, Atletico Madrid. Hebatnya lagi, ia sempat membawa Villarreal tak terkalahkan dalam 19 pertandingan beruntun. Jika konsisten, bukan tidak mungkin ia akan membawa timnya meraih salah satu gelar musim ini.

3. Rudi Garcia (Olympique Lyon)

5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Iniol.fr

Olympique Lyon mencoba memutus dominasi Paris Saint-Germain di Ligue 1. Setelah menunjuk Rudi Garcia sebagai pelatih pada Oktober 2019, usaha mereka mulai membuahkan hasil musim ini. Pelatih asal Prancis tersebut sukses membawa timnya memuncaki klasemen Ligue 1 di paruh musim ini. Bahkan, mereka juga sempat mengalahkan PSG hingga sang pelatih Thomas Tuchel dipecat.

Meskipun hanya berselisih satu poin dengan sang rival, paling tidak ia sudah memberikan kejutan sejauh ini. Apalagi, pada musim lalu Lyon tampil mengecewakan dengan finis di posisi ketujuh dan tak masuk zona kompetisi Eropa. Jika terus konsisten, keinginan untuk meraih gelar Ligue 1 bukan isapan jempol belaka.

4. Ole Gunnar Solskjaer (Manchester United)

5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Inipremierleague.com/Lindsley Parnaby/AFP/Getty Images

Dahaga Manchester United untuk kembali merasakan gelar juara Premier League sepertinya bisa berakhir pada musim ini. Ole Gunnar Solskjaer tampaknya menjadi pelatih yang akan merealisasikannya. Terakhir kali mereka juara Premier League adalah pada musim 2012/2013 lalu di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Setelah melakukan beberapa pergantian pelatih, MU belum juga menunjukkan performa memuaskan.

Hingga pada Desember 2018, mereka menunjuk Ole Gunnar Solskjaer. Pada musim lalu mereka berhasil finis di posisi ketiga. Pada awal musim ini, penampilan mereka sempat diragukan dan Ole terancam dipecat. Namun, perlahan tapi pasti, mereka bisa bangkit hingga berada di posisi kedua dengan 33 poin atau sama dengan Liverpool. Namun, mereka masih menyimpan satu laga lebih banyak dari sang rival.

5. Stefano Pioli (AC Milan)

5 Pelatih Liga Top Eropa yang Mampu Beri Kejutan di Paruh Musim Initwitter.com/acmilan

Stefano Pioli bisa dibilang sebagai pelatih paling mengejutkan di liga top Eropa musim ini. Pelatih asal Italia itu berhasil membawa AC Milan memuncaki klasemen Serie A dan untuk sementara memutus dominasi Juventus. Bahkan, mereka sempat tak terkalahkan hingga 16 pertandingan sebelum akhirnya dikalahkan Juventus.

Padahal, pada musim lalu, mereka hanya mampu menempati posisi keenam di akhir musim. Pencapaian paruh musim ini tentu saja sangat menyejukan hati penggemar Milan. Terakhir kali mereka meraih Scudetto pada sepuluh tahun lalu sebelum akhirnya Juventus menguasai Serie A. Pioli sendiri ditunjuk sebagai allenatore Rossoneri pada Oktober 2019 lalu.

 

Itulah lima pelatih liga top Eropa yang tampil mengejutkan hingga paruh musim ini. Jika terus konsisten, bukan tidak mungkin salah satu di antara mereka akan meraih trofi di akhir musim. Kira-kira siapa yang akan meraihnya?

Baca Juga: 5 Pemain Andalan Stefano Pioli yang Siap Bawa AC Milan Raih Scudetto

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya