Comscore Tracker

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnley

Punya warna jersey serupa, klub mana yang meniru?

Jersey menjadi salah satu identitas penting bagi sebuah tim sepak bola. Biasanya mereka memilih warna dengan latar belakang yang beragam. Tapi, ada beberapa klub yang memiliki warna identitas serupa dengan klub lainnya. Hal tersebut pun terjadi di antara tiga klub Premier League, yaitu Aston Villa, West Ham United, dan Burnley.

Bagi kamu penggemar Premier League, pasti sudah tidak asing lagi dengan ketiga klub ini. Mungkin kesamaan memilih satu warna seperti biru atau merah sudah biasa.

Namun, ketiga klub ini memilih warna yang cukup unik bahkan serupa, yaitu warna claret atau merah anggur serta biru muda. Kok bisa hal itu bisa terjadi, ya? Bagi kamu yang penasaran, berikut kami sajikan ulasannya.

1. Fakta ketiga klub tersebut

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnleypremierleague.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jersey dari ketiga klub tersebut, ada baiknya kita mengenal profil klub-klub itu. Ketiga klub tersebut saat ini sama-sama berlaga di kasta teratas liga Inggris, Premier League. Aston Villa merupakan klub yang lahir pada 21 November 1874.

Mereka bermarkas di Villa Park yang memiliki kapasitas 42.682 penonton. Sementara itu, West Ham United berdiri pada tahun 1895. Mereka menggunakan London Stadium sebagai markasnya saat ini. Sedangkan Burnley, menjadi klub yang lahir pada 18 Mei 1882. Saat ini mereka bermarkas di Turf Moor.

2. Aston Villa sebagai yang pertama

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnleylcfc.com

Jika kamu bertanya-tanya siapa yang pertama kali menggunakan warna tersebut, jawabannya adalah Aston Villa. The Villans menjadi yang pertama karena telah meresmikan jersey mereka pada 2 Juni 1888. Warna tersebut tidak digunakan mereka sejak awal berdiri.

Sebelumnya, klub yang bermarkas di Villa Park tersebut menggunakan warna coral dan maroon. Saat menggunakan warna claret dan biru pertama kali, desain jersey mereka kotak-kotak. Sejak tahun 1894, model jersey mereka diubah menjadi seperti yang kita lihat saat ini.

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik Premier League Musim Ini, Ada Pemain Aston Villa

3. Alasan dari West Ham United

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnleypremierleague.com

Jika Aston Villa yang pertama, bagaimana dengan yang lain? West Ham United sendiri menggunakan jersey dengan warna claret dan biru sejak tahun 1900. Awalnya, klub ini bernama Thames Ironworks dan menggunakan warna biru sebagai identitas.

Namun karena dinilai terlalu sederhana, mereka menambahkan warna claret ke dalam jersey mereka. Bersamaan dengan mereka mengubah nama menjadi West Ham United. Namun, ada yang menyebutkan juga jika mereka mengadopsi jersey Aston Villa karena mendapat satu set jersey Villa sebagai pelunasan hutang.

4. Burnley meniru Aston Villa

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnleypremierleague.com/ANDREW YATES

Sementara itu, Burnley mengakui jika mereka memilih warna claret-blue karena terinspirasi dari jersey Aston Villa. Burnley menggunakan jersey tersebut sejak tahun 1910. Saat itu, The Villans sedang dalam masa kejayaannya.

Pemilik Burnley tentu berharap bisa meraih kesuksesan seperti Villa. Entah ada keberuntungan atau tidak, setelah tiga tahun kemudian, Burnley akhirnya meraih trofi, yaitu juara Piala FA. Kemudian pada tahun 1920, mereka juga sukses menjuarai divisi satu.

5. Klub mana yang paling sukses?

5 Kisah Menarik dari Jersey Serupa Aston Villa, West Ham, dan Burnleyindependent.co.uk/Getty Images

Nah, setelah mengetahui kisah di balik jersey ketiga klub tersebut, klub mana yang kira-kira paling sukses? Dari ketiga klub tersebut, Aston Villa menjadi klub dengan jersey claret-blue paling sukses.

Hingga saat ini, The Villans berhasil meraih 7 trofi Liga Inggris, 7 Piala FA, 5 Piala Liga, 1 Community Shield, 1 Super Cup Eropa, dan 1 trofi Liga Champions.

Kemudian ada Burnley, yang meraih 2 trofi Liga Inggris, 1 trofi Piala FA, dan 2 trofi Community Shield. Sementara West Ham, belum pernah juara Liga Inggris, namun mereka pernah menjuarai Piala FA, Piala Winners, dan Community Shield.

 

Itulah kisah di balik jersey dengan warna serupa yang dimiliki Aston Villa, West Ham United, dan Burnley. Klub mana lagi yang memiliki jersey serupa?

Baca Juga: Tomas Soucek, Big Man Anyar Andalan West Ham United

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya