Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dingin

Paul Pogba berikutnya?

Bursa transfer musim dingin beberapa hari lagi akan segera dibuka, tepatnya pada bulan Januari. Bursa transfer tersebut menjadi peluang bagi beberapa pemain untuk pindah klub, termasuk para pemain Premier League. Ada beberapa pemain yang dikabarkan akan segera hengkang, seperti Paul Pogba.

Dalam sejarah Premier League sendiri sudah cukup banyak pemain yang hengkang pada bursa transfer musim dingin. Bahkan, para pemain itu mencatatkan nilai transfer yang tak sedikit. Lalu, siapa saja pemain termahal yang hengkang dari Premier League pada musim dingin? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Arsenal dan Willian Nego Gaji, Philippe Coutinho Ikut Merapat?

1. Philippe Coutinho hengkang ke Barcelona dengan harga 145 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dinginindependent.co.uk

Philippe Coutinho menjadi pemain termahal yang hengkang dari Premier League pada bursa transfer musim dingin. Pemain Brasil ini meninggalkan Liverpool dan bergabung dengan Barcelona pada Januari 2018. Penampilannya yang impresif bersama The Reds membuat El Barca tak ragu mengeluarkan dana besar.

Barca menebus Coutinho dengan harga fantastis, yaitu 145 juta euro atau setara dengan Rp2,4 triliun. Sebelum hengkang, ia bergabung ke Anfield sejak Januari 2013. Selama bermain di Premier League, Coutinho mencatatkan 152 penampilan dengan mencetak 41 gol dan 37 assist.

2. Diego Costa hengkang ke Atletico Madrid dengan harga 60 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dingingoal.com

Chelsea juga menjual beberapa pemainnya di bursa transfer musim dingin. Salah satunya adalah Diego Costa yang hengkang dari Chelsea ke Atletico Madrid. Striker asal Spanyol ini juga mencatatkan nilai transfer tak kalah tinggi dengan Coutinho.

Costa hengkang dari Premier League pada Januari 2018 setelah ditebus Atletico dengan harga 60 juta euro atau setara dengan Rp1 triliun. Pemain 32 tahun ini sebelumnya juga direkrut dari Atletico pada musim 2014/2015. Selama 3,5 musim di Premier League, ia tampil dalam 89 pertandingan. Sebagai striker, Costa mencetak 52 gol dan 18 assist.

3. Oscar hengkang ke Shanghai SIPG dengan harga 60 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dingingoal.com

Selain Diego Costa, pemain lainnya yang hengkang dari Chelsea pada bursa transfer musim dingin adalah Oscar. Pemain berkebangsaan Brasil itu dilepas Chelsea pada Januari 2017 ke Liga Tiongkok. Tampil cukup baik bersama klub London tersebut, Oscar ditebus Shanghai SIPG dengan harga tinggi.

Klub Tiongkok tersebut rela merogoh kocek sebesar 60 juta euro untuk atau setara dengan Rp1 triliun untuk dapatkan gelandang berkualitas ini. Pemain yang kini berusia 29 tahun itu bermain di Premier League bersama Chelsea sejak musim 2012/2013. Oscar mencatatkan 131 pertandingan Premier League dengan torehan 21 gol dan 24 assist.

4. Andre Schurrle hengkang ke Wolfsburg dengan harga 32 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dinginbeinsports.com

Sebelum Oscar dan Costa, Andre Schurrle lebih dulu hengkang dari Chelsea pada bursa transfer musim dingin. Pada Januari 2016, pemain Jerman tersebut dijual Chelsea ke Wolfsburg. Saat itu Schurrle baru berusia 24 tahun dan hengkang dari Premier League dengan harga 32 juta euro atau setara dengan Rp549 miliar.

Schurrle bergabung dengan Chelsea pada musim 2013/2014. Ia sempat kembali ke Premier League bersama Fulham pada musim 2018/2019. Total ia tampil di Premier League selama dua setengah musim dan hanya dan mencatatkan 68 penampilan. Pemain yang sudah pensiun pada Juli 2020 itu mencetak 17 gol dan 2 assist.

5. Dimitri Payet hengkang ke Olympique Marseille dengan harga 29,3 juta euro

5 Pemain Termahal yang Hengkang dari Premier League pada Musim Dinginuefa.com/AFP/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Dimitri Payet yang hengkang dari Premier League pada Januari 2017. Saat itu, pemain berkebangsaan Prancis ini dilepas West Ham United ke Olympique Marseille. Klub Ligue 1 itu menebus Payet dengan harga 29,3 juta euro atau setara dengan Rp502 miliar.

Payet sendiri hanya membela West Ham United selama berkarier di Premier League. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini bergabung dengan The Hammers pada musim 2015/2016. Hanya satu setengah musim, Payet mencatatkan 48 pertandingan Premier League dengan torehan 11 gol dan 19 assist.

 

Itulah lima pemain termahal yang hengkang dari Premier League pada bursa transfer musim dingin. Apakah pada Januari nanti akan tercipta rekor baru?

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Meninggalkan Chelsea pada Jendela Transfer Januari

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya