6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropa

Dikuasai Jepang dan Korea Selatan!

Sepak bola Asia mungkin masih kalah kualitasnya dari sepak bola Eropa. Namun, pemain-pemain Asia terus berkembang dan mencoba menyaingi pesepak bola Eropa dan benua lainnya. Salah satu buktinya adalah dengan banyaknya pemain Asia yang kini bermain di liga top Eropa.

Son Heung Min menjadi salah satu bukti nyata saat ini bahwa pesepak bola Asia tak boleh diremehkan lagi. Tak hanya Son, ada beberapa pemain lainnya yang juga berkarier di liga top Eropa saat ini. Pemain-pemain itu pun memiliki banderol yang cukup tinggi untuk ukuran pemain Asia. Berikut daftar pemain Asia dengan banderol termahal yang kini bermain di liga top Eropa.

Baca Juga: Ini Dia Duet Maut Tottenham Hotspur, Son Heung-min dan Harry Kane!

1. Son Heung Min - Tottenham Hotspur (90 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropasquawka.com

Tak bisa dimungkiri lagi jika Son Heung Min menjadi pemain Asia terbaik saat ini. Tak heran jika pemain Korea Selatan itu memiliki banderol yang cukup tinggi, bahkan selevel dengan pemain top. Karier Son di Eropa diawali dengan menimba ilmu di Hamburg hingga akhirnya masuk skuad utama sejak musim 2010/2011.

Setelah tiga musim, ia kemudian bergabung dengan tim Bundesliga lainnya, Bayer Leverkusen. Penampilannya yang mencuri perhatian membuat klub Premier League, Tottenham Hotspur, tertarik mendatangkannya. Tepatnya pada musim 2015/2016 ia bergabung dengan Spurs. Saat ini pemain 28 tahun itu memiliki banderol senilai 90 juta euro atau setara dengan Rp1,5 triliun.

2. Takefusa Kubo - Villarreal (20 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropafootball-espana.net

Tak hanya dari Korea Selatan, Jepang juga memiliki beberapa pemain yang saat ini berkiprah di liga top Eropa. Salah satunya adalah Takefusa Kubo yang saat ini berstatus sebagai pemain Real Madrid. Namun, pemain 19 tahun itu masih butuh waktu untuk masuk skuad utama dan harus dipinjamkan ke beberapa klub. Saat ini ia menjadi pemain yang dipinjamkan ke Villarreal.

Kubo sendiri bergabung dengan El Real sejak musim 2019/2020 lalu. Ia sebenarnya sudah pernah mengenyam pendidikan di akademi La Masia. Namun, ia kembali ke Jepang dan membela FC Tokyo sebelum akhirnya bergabung dengan raksasa Spanyol itu. Pemain yang disebut-sebut sebagai Lionel Messi dari Jepang ini memiliki banderol senilai 20 juta euro atau setara dengan Rp342 miliar.

3. Takehiro Tomiyasu - Bologna (18 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropatwitter.com/BolognaFC1909en

Sementara itu, di Serie A ada juga pemain Asia yang berlaga saat ini. Salah satunya adalah Takehiro Tomiyasu yang juga berasal dari Jepang. Sejak musim 2019/2020 lalu, pemain yang baru berusia 22 tahun itu telah bergabung dengan Bologna. Tomiyasu sendiri sebelumnya sudah mencari pengalaman bermain di Eropa dengan membela klub Belgia, Sint-Truiden.

Meskipun masih cukup muda, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu menjadi pilar utama Bologna pada musim ini. Tak heran jika dirinya memiliki banderol yang lumayan mahal, yakni senilai 18 juta euro atau setara dengan Rp308 miliar.

4. Daichi Kamada - Eintracht Frankfurt (16 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropabundesliga.com/Sebastian Widmann

Pemain Jepang lainnya yang saat ini bermain di liga top Eropa adalah Daichi Kamada. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu saat ini membela klub Bundesliga, Eintracht Frankfurt. Ia sudah bergabung dengan Frankfurt sejak musim 2017/2018 lalu. Namun, pada musim berikutnya Kamada dipinjamkan ke klub Belgia, Sint-Truiden.

Akhirnya pemain 24 tahun ini kembali ke Frankfurt pada musim 2019/2020 dan saat ini menjadi andalan di lini tengah. Saat ini Kamada memiliki banderol senilai 16 juta euro atau setara dengan Rp273 miliar. Bukan tidak mungkin jika ia tampil apik di Bundesliga bisa dilirik klub elite Eropa lainnya.

5. Hwang Hee Chan - RB Leipzig (15 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropabundesliga.com/Jasmin Walter/Imago Images

Bundesliga memang dikenal cukup akrab dengan pemain dari benua Asia. Pemain Asia lainnya yang kini berkiprah di kasta teratas liga Jerman itu adalah Hwang Hee Chan. Pemain berkebangsaan Korea Selatan itu saat ini membela salah satu tim kejutan, RB Leipzig. Ia baru bergabung dengan Leipzig pada awal musim 2020/2021 ini.

Namun, pengalamannya bermain di Eropa sudah tak perlu diragukan lagi karena sejak awal pemain 24 tahun ini menimba ilmu di klub Austria, FC Liefering. Ia akhirnya direkrut RB Salzburg dan bahkan dirinya sempat dipinjamkan ke klub Bundesliga, Hamburg SV. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu kini memiliki banderol senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp256 miliar.

6. Lee Kang In - Valencia (15 Juta Euro)

6 Pemain Asia dengan Banderol Termahal yang Bermain di Liga Top Eropathe-afc.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga berasal dari Korea Selatan, yaitu Lee Kang In. Pemain yang baru berusia 19 tahun itu sudah menjadi bagian klub LaLiga, Valencia. Lee merupakan salah satu pemain Asia yang cukup beruntung karena bisa menimba ilmu di akademi Valencia yang telah melahirkan banyak pemain top.

Jenjang kariernya pun cukup baik dan ia terus meningkat. Sebelum bergabung dengan tim utama, pemain gelandang serang ini sudah membela tim U-19 hingga Valencia B. Akhirnya sejak Januari 2019 lalu ia dikontrak tim utama Valencia hingga Juni 2022. Saat ini dirinya memiliki banderol senilai 15 juta euro atau setara dengan Rp342 miliar.

 

Itulah enam pemain Asia dengan banderol termahal yang kini bermain di liga top Eropa. Pemain Jepang dan Korea Selatan sangat mendominasi karena kedua negara tersebut bisa dibilang sebagai yang terbaik di Asia saat ini. Semoga pemain Indonesia segera menyusul, ya!

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Menimba Ilmu di Akademi Valencia, Moncer!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya