Comscore Tracker

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!

Romelu Lukaku salah satunya!

Europa League menjadi salah satu kompetisi yang bergengsi di Eropa. Meskipun kerap disebut sebagai kasta kedua dari Liga Champions, persaingan tim-tim Europa League juga tak kalah seru. Tak hanya pemain-pemain bintang yang berlaga, dalam sejarah Europa League ada pemain muda yang menjalani debut.

Pemain-pemain muda tersebut bahkan masih berusia belasan tahun saat pertama kali tampil di Europa League. Salah satu nama yang familier hingga saat ini adalah Romelu Lukaku. Selain Lukaku, ada beberapa pemain muda lain yang juga debut di Europa League. Berikut daftar pemain termuda yang debut di Europa League sepanjang sejarah. 

1. Darko Velkovski (Rabotnicki Skopje) 

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!macedonianfootball.com

Pemegang rekor pemain termuda yang debut dalam sejarah Europa League adalah Darko Velkovski. Pemain berkebangsaan Macedonia Utara ini menjalani debut pada 18 Agustus 2011. Saat itu Velkovski membela Rabotnicki Skopje saat berhadapan dengan Lazio dalam babak kualifikasi.

Pada pertandingan tersebut, pemain bek tengah ini masih berusia 16 tahun, 1 bulan dan 28 hari. Saat ini ia membela klub Kroasia, HNK Rijeka. Dalam ajang Europa League, Velkovski tampil dalam 10 pertandingan termasuk babak kualifikasi.

2. Willem Geubbels (Olympique Lyon)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!goal.com

Pemain muda berikutnya yang jalani debut di Europa League adalah Willem Geubbels. Penyerang kiri ini menjalani saat Olympique Lyon berhadapan dengan Atalanta dalam pertandingan fase grup. Pada pertandingan yang digelar 7 Desember 2017 tersebut, Geubbels masih berusia 16 tahun, 3 bulan dan 21 hari.

Pemain berkebangsaan Prancis ini telah dijual Lyon ke AS Monaco pada musim 2018/2019. Laga melawan Atalanta tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Geubbels dalam ajang Europa League hingga saat ini.

3. Romelu Lukaku (RSC Anderlecht) 

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!uefa.com

Nama Romelu Lukaku mungkin menjadi pemain paling familier dalam daftar ini. Sebelum membela tim-tim elite Eropa, Lukaku juga pernah berseragam RSC Anderlecht. Bersama klub Belgia tersebut, Lukaku mendapat kesempatan debut di ajang Europa League.

Tepatnya pada 17 September 2009 saat Anderlecht berhadapan dengan Dinamo Zagreb dalam fase grup. Pada pertandingan tersebut, pemain Belgia ini masih berusia 16 tahun, 4 bulan dan 4 hari. Striker yang kini membela Inter Milan tersebut telah tampil dalam 33 pertandingan Europa League dengan torehan 20 gol dan 9 assist. 

Baca Juga: 5 Pemain Debutan di Skuat Timnas Indonesia

4. Siebe Schrijvers (KRC Genk)

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!playmakerstats.com

Pemain berikutnya yaitu Siebe Schrijvers yang juga debut di Europa League bersama klub Belgia, KRC Genk. Tepatnya saat Genk menghadapi FC Basel dalam lanjutan fase grup. Pada pertandingan yang digelar 6 Desember 2012 tersebut, Schrijvers masih berusia 16 tahun, 4 bulan dan 18 hari.

Saat ini pemain berkebangsaan Belgia tersebut membela klub Belgia lainnya, Club Brugge. Di ajang Europa League, pemain berposisi second striker ini tampil dalam 13 pertandingan dengan catatan 1 assist. 

5. Damjan Siskovski (Rabotnicki Skopje) 

5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!fkrabotnicki.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah seorang penjaga gawang yakni Damjan Siskovski. Pemain berkebangsaan Macedonia Utara ini menjadi rekan satu tim Darko Velkovski di Rabotnicki Skopje. Berbeda dengan Velkovski yang jalani debut di leg pertama melawan Lazio, Siskovski diturunkan saat leg kedua.

Tepatnya pada 25 Agustus 2011, di mana Siskovski masih berusia 16 tahun, 5 bulan dan 7 hari. Ia akan membela klub Cyprus, Doxa Katokopias, mulai musim depan. Kiper 25 tahun ini tampil dalam 9 pertandingan di Europa League termasuk laga kualifikasi. 

Meskipun masih belasan tahun, pemain-pemain tersebut telah mendapat kesempatan tampil di ajang Europa League. Siapa pemain selanjutnya yang bakal pecahkan rekor pemain termuda di Europa League?

Baca Juga: 6 Debutan Termuda Bayern Munchen dalam Sedekade Terakhir, Bertalenta!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya