Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Champions

Tottenham Hotspur tak berdaya hadapi Leipzig

Tottenham Hotspur mengusung misi raih kemenangan saat bertandang ke markas RB Leipzig dalam leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Kalah 0-1 di leg pertama membuat Spurs harus menang di leg kedua jika tak ingin tersingkir.

Namun krisis striker yang dialami Spurs membuat mereka tak berdaya. Anak asuh Mourinho mengalami kekalahan di leg kedua dengan skor 3-0. Spurs pun harus tersingkir dari Liga Champions musim ini setelah kalah agregat 4-0 dari Leipzig. 

1. Kembali kalah di leg kedua

Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Championswdtimes.com

Tottenham Hotspur terpaksa memasang Dele Alli sebagai striker dalam laga ini. Hal tersebut membuat Spurs tak bisa memanfaatkan peluang yang mereka raih menjadi gol. Tottenham sudah tertinggal 2-0 di babak pertama melalui dua gol Sabitzer masing-masing menit 10 dan 21.

Tottenham Hotspur tak menyerah begitu saja di hadapan Leipzig. Mereka mencoba memberikan perlawanan sengit terhadap Leipzig di sisa waktu yang ada. Namun usaha mereka tak membuahkan satu pun gol di laga ini. Spurs justru harus kembali kebobolan di menit-menit akhir melalui Forsberg menit 87. Spurs harus menyerah 3-0 dari Leipzig di leg kedua. 

2. Tersingkir dari ajang Liga Champions

Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Championsskysports.com

Kekalahan di laga kandang dan tandang babak 16 besar membuat Tottenham Hotspur harus tersingkir. Mereka bahkan tak mampu cetak satu pun gol ke gawang Leipzig dari dua laga tersebut. Spurs tersingkir dengan agregat 4-0 dari Leipzig.

Keberhasilan Leipzig mengalahkan Spurs membuat mereka melaju ke babak perempat final. Leipzig menjadi salah satu tim Bundesliga yang tampil impresif musim ini di ajang Liga Champions. 

Baca Juga: RB Leipzig Melibas Tottenham di Babak 16 Besar dengan Agregat 4-0

3. Tak bisa ulangi capaian musim lalu

Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Championsliverpoolecho.co.uk

Kegagalan Tottenham melaju ke babak perempat final membuat mereka tak bisa ulangi momen musim lalu. Pada musim lalu, Spurs berhasil melaju ke babak final sebelum akhirnya di kalahkan Liverpool di partai puncak. Meskipun demikian, pencapaian musim lalu adalah yang terbaik bagi Spurs di ajang Liga Champions.

Saat itu Spurs membuat kejutan dengan mengalahkan Ajax di semifinal secara dramatis. Spurs memang mengalami penurunan musim ini, pergantian pelatih dari Pochettino ke Mourinho belum memberikan efek signifikan terhadap performa Spurs. 

4. Spurs terancam absen dari kompetisi Eropa

Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Championsthesun.co.uk

Badai cedera yang menimpa Tottenham membuat mereka dalam keadaan bahaya. Spurs memiliki peluang yang sangat tipis untuk bermain di kompetisi Eropa musim depan. Spurs tersingkir dari Piala FA serta yang terbaru dari Liga Champions.

Kini Spurs harus berjuang ekstra keras agar finish di zona Eropa Premier League. Hal tersebut tidaklah mudah, mengingat Spurs tak pernah menang dalam 6 laga terakhir di semua kompetisi. 

5. Catatan menarik dari Opta

Kembali Kalah, Tottenham Disingkirkan RB Leipzig dari Liga Championsbleacherreport.com
  • Julian Nagelsmann menjadi pelatih termuda yang berhasil mengantarkan timnya lolos ke babak perempat final Liga Champions. Saat ini ia berusia 32 tahun 231 hari.
  • Kekalahan Spurs dari Leipzig dengan agregat 4-0 menjadi yang terbesar bagi Jose Mourinho.
  • Leipzig menjadi tim ketujuh asal Jerman yang berhasil lolos ke babak perempat final Liga Champions dalam sejarah. Jerman hanya kalah dari Spanyol dan Inggris yang meloloskan 8 tim berbeda di babak perempat final.
  • Forsberg menjadi pemain tercepat ketiga di Liga Champions yang cetak gol usai masuk menjadi pemain pengganti. Ia mencetak gol pada detik ke 27 sejak ia masuk lapangan. 

Apakah Tottenham Hotspur akan mampu raih tiket kompetisi Eropa musim depan? 

Baca Juga: Tersingkir dari UCL, 5 Fakta Kekalahan Tottenham atas RB Leipzig

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya