Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim Terakhir

Juara bertahan yang gagal pertahankan trofi

Manchester United belum bisa tampil konsisten di bawah asuhan Erik Ten Hag. Terbaru, mereka baru saja ditaklukkan Newcastle United di Piala Liga Inggris 2023/2024. Ini membuat Setan Merah tersingkir dari ajang domestik tersebut.

Manchester United bersaing di Piala Liga musim ini dengan status juara bertahan. Mereka berhasil memenangi trofi pada musim lalu. Hingga saat ini, MU telah meraih trofi Piala Liga sebanyak enam kali.

Pada musim-musim sebelumnya, mereka juga kerap disingkirkan klub lain. Bahkan pernah dua kali beruntun dihentikan rivalnya, Manchester City. Mari kita lihat kembali kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 musim terakhir.

1. Baru saja disingkirkan Newcastle United pada babak 16 besar musim 2023/2024

Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim TerakhirManchester United melawan Newcastle United di Piala Liga Inggris 2023/2024. (nufc.co.uk)

Manchester United bertarung di Piala Liga Inggris 2023/2024 dengan kepercayaan diri tinggi. Mereka berhasrat untuk mempertahankan gelar juara yang diraihnya pada musim lalu. Sebagai tim unggulan, mereka pun baru berlaga pada ronde ketiga atau babak 32 besar.

Pada babak tersebut, Setan Merah tak kesulitan menyingkirkan Crystal Palace dengan skor 3-0. Berikutnya, mereka dipertemukan dengan Newcastle United pada babak 16 besar. Bermain di kandang sendiri, MU justru tersingkir setelah takluk dengan skor 0-3.

2. Keluar sebagai juara pada 2022/2023

Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim TerakhirManchester United juara Piala Liga Inggris 2022/2023. (manutd.com)

Pada musim 2022/2023, Manchester United mencapai prestasi terbaik di Piala Liga Inggris dalam 5 musim terakhir. Kala itu, mereka berhasil keluar sebagai juara. Newcastle United yang baru saja menyingkirkan mereka menjadi lawan MU di partai final kala itu.

Perjalanan Setan Merah kala itu dimulai dengan menyingkirkan Aston Villa pada babak 32 besar. Mereka cukup beruntung bertemu klub-klub kecil pada babak berikutnya. Burnley, Charlton Athletic, dan Nottingham Forest menjadi lawan MU sebelum bersua Newcastle United di partai final.

Baca Juga: 5 Top Skor Carabao Cup dalam 5 Musim Terakhir, Rashford Terbaru!

3. Disingkirkan West Ham pada babak 32 besar musim 2021/2022

Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim TerakhirManchester United menghadapi West Ham United di Piala Liga Inggris 2021/2022. (manutd.com)

Sebelum berhasil juara pada 2022/2023, nasib Manchester United justru cukup tragis di Piala Liga Inggris 2021/2022. Kala itu, mereka yang baru mengawali turnamen pada babak 32 besar langsung tersingkir. West Ham United menjadi tim yang kala itu menghentikan Setan Merah.

Sebenarnya, Manchester United diuntungkan dengan menjadi tuan rumah pada laga tersebut. Namun, West Ham United tampil cukup baik hingga berhasil menang dengan skor 1-0. Manuel Lanzini satu-satunya menjadi pemain yang menjebol gawang Setan Merah.

4. Tak berdaya di hadapan Manchester City pada semifinal 2020/2021

Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim TerakhirManchester United melawan Manchester City di Piala Liga Inggris 2020/2021. (manutd.com)

Pada 2020/2021, Manchester United memang gagal juara Piala Liga Inggris. Namun, mereka bisa melaju cukup jauh hingga babak semifinal. Sayangnya, mereka justru tak berdaya saat menghadapi rival sekota, Manchester City, pada babak tersebut.

Sebelum tersingkir di semifinal, Manchester United berhasil melewati adangan beberapa klub. Luton Town, Brighton, dan Everton tak mampu mengadang laju Setan Merah. Kedigdayaan mereka tak berlanjut saat harus kalah 0-2 dari Manchester City.

5. Dihentikan Manchester City pada semifinal 2019/2020

Kiprah Manchester United di Piala Liga Inggris dalam 5 Musim TerakhirManchester United bersua Manchester City di Piala Liga Inggris 2019/2020. (manutd.com)

Nasib serupa juga dialami Manchester United pada 2019/2020. Setan Merah yang berhasil lolos ke babak semifinal harus terhenti setelah takluk dari Manchester City. Bermain dua leg, MU kalah dengan agregat 2-3.

Perjalanan Manchester United kala itu bermula dengan menghentikan Rochdale pada babak 32 besar. Mereka yang bersua Chelsea pada babak 16 besar berhasil lolos ke babak perempat final. Colchester United dibuat tak berdaya oleh Setan Merah untuk melaju ke semifinal.

Piala Liga Inggris masih kalah bergengsi dengan ajang lain. Namun, tak sedikit klub yang serius meraih trofi ajang tahunan ini. Apakah hal itu yang membuat Manchester United tak memprioritaskan ajang ini?

Baca Juga: Kalah, Semua Pemain Manchester United Dapat Hukuman dari Ten Hag

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya