Menilik Kiprah Negara ASEAN pada Fase Grup Piala Asia 2023

Indonesia dan Thailand lolos ke babak gugur

Piala Asia 2023 telah merampungkan babak penyisihan grup. Sebanyak 24 tim yang berlaga telah menentukan nasibnya dengan masing-masing memainkan tiga pertandingan. Kini, tersisa 16 tim yang melanjutkan perjalanannya untuk menjadi yang terbaik.

Dari 24 peserta, 4 di antaranya merupakan negara dari Asia Tenggara atau ASEAN. Ini termasuk Indonesia yang akhirnya kembali berlaga di pesta sepak bola Asia. Sementara itu, ketiga negara lainnya adalah Vietnam, Thailand, dan Malaysia.

Sayangnya, hanya dua negara ASEAN yang mampu lolos ke babak gugur, yakni Indonesia dan Thailand, sementara Vietnam dan Malaysia harus angkat kaki lebih cepat. Mari kita lihat kembali kiprah wakil ASEAN di Piala Asia 2023.

1. Vietnam menjadi negara pertama yang dipastikan tersingkir

Menilik Kiprah Negara ASEAN pada Fase Grup Piala Asia 2023Timnas Vietnam (instagram.com/bac.nguyendinh.942)

Vietnam datang ke Piala Asia 2023 dengan status tim terbaik dari ASEAN. Mereka memiliki peringkat FIFA paling tinggi jika dibandingkan dengan tiga negara lainnya. Saat awal Piala Asia 2023, tim berjuluk The Golden Stars Warriors itu berada di urutan 94 dunia.

Sayangnya, bekal tersebut justru menjadi beban bagi Vietnam. Mereka gagal total selama menjalani fase grup. Bersaing di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Indonesia, Vietnam duduk sebagai juru kunci.

Dari tiga pertandingan, mereka selalu kalah dari lawan-lawannya. Bahkan, Vietnam menjadi tim pertama yang dipastikan gugur dari gelaran Piala Asia 2023. Ini menjadi pelajaran berarti bagi Vietnam yang kini ditangani Philippe Troussier.

2. Thailand menjadi negara ASEAN terbaik pada fase grup

Menilik Kiprah Negara ASEAN pada Fase Grup Piala Asia 2023Timnas Thailand (instagram.com/theerathon_3)

Berikutnya ada negara top ASEAN lainnya, yakni Thailand. Sebenarnya, persiapan Thailand menuju Piala Asia 2023 sedikit terganggu oleh beberapa masalah. Namun, mereka justru mampu tampil gemilang hingga menjadi negara ASEAN terbaik pada fase grup Piala Asia 2023.

Thailand yang berada di urutan 113 ranking FIFA bersaing di Grup F bersama Arab Saudi, Oman, dan Kirgiztan. Tim berjuluk Gajah Perang itu lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup. Mereka mengumpulkan 5 poin, hasil dari 1 kemenangan dan 2 hasil imbang.

Hebatnya, Thailand menjadi salah satu tim yang tidak kebobolan dari tiga pertandingan. Hasil apik ini menjadi modal berharga bagi mereka saat tampil pada babak gugur. Pada babak 16 besar, Thailand akan berhadapan dengan Uzbekistan.

Baca Juga: 3 Pemain Australia di Piala Asia 2019 yang Masih Dipanggil pada 2023

3. Malaysia angkat kaki dari Qatar dengan berbekal hasil imbang melawan Korea Selatan

Menilik Kiprah Negara ASEAN pada Fase Grup Piala Asia 2023Timnas Malaysia (instagram.com/lavco)

Malaysia bernasib sama seperti Vietnam pada fase Grup Piala Asia 2023. Namun, Harimau Malaya tampil sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan Vietnam. Meskipun menjadi juru kunci, mereka mampu mengoleksi satu poin sebelum meninggalkan Qatar.

Bermodal peringkat 130 FIFA, Malaysia bersaing di Piala Asia 2023 dengan tergabung di Grup E. Grup tersebut berisi Korea Selatan, Jordania, dan Bahrain. Menjalani laga perdana melawan Jordania, mereka harus menelan kekalahan telak 0-4.

Kekalahan kedua dari Bahrain membuat Malaysia menjadi negara kedua setelah Vietnam yang dipastikan tersingkir. Meski begitu, mereka tetap berjuang tampil lebih baik pada laga terakhir melawan Korea Selatan. Hasilnya, mereka mampu memaksa Son Heung Min dan kolega bermain imbang 3-3.

4. Indonesia lolos ke babak gugur melalui jalur peringkat ketiga terbaik

Menilik Kiprah Negara ASEAN pada Fase Grup Piala Asia 2023Timnas Indonesia saat berlaga di Piala Asia 2023. (instagram.com/jordiamat5)

Indonesia menjadi wakil ASEAN dengan ranking FIFA paling bawah, yakni 146 dunia. Bahkan, Tim Garuda menjadi peserta dengan ranking FIFA terendah kedua dari 24 tim yang berlaga. Tak hanya itu, mereka juga tercatat sebagai tim dengan rataan usia pemain paling muda.

Dengan modal tersebut, tak heran Indonesia tak diperhitungkan, bahkan untuk lolos ke babak gugur. Namun, hal itu tak membuat anak asuh Shin Tae Yong menyerah begitu saja. Indonesia sendiri tergabung di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Akhirnya, mereka mampu lolos ke babak gugur setelah menjadi salah satu peringkat tiga terbaik. Satu-satunya kemenangan yang diraih Indonesia adalah saat melawan Vietnam pada laga kedua. Sementara itu, saat melawan Irak dan Jepang, Indonesia kalah dengan skor identik 1-3. Pada babak 16 besar, Tim Garuda akan melawan tim kuat, Australia.

Indonesia dan Thailand memiliki tugas yang cukup berat pada babak 16 besar. Meski melawan negara lebih kuat, bukan tidak mungkin mereka mampu memberikan kejutan. Sejauh mana wakil ASEAN melaju di Piala Asia 2023?

Baca Juga: 3 Tim dengan Raihan Kemenangan Sempurna di Fase Grup Piala Asia 2023

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya