Comscore Tracker

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!

Benua Asia berhasil menempatkan tiga wakilnya di babak gugur

Piala Dunia 2022 Qatar telah menyelesaikan babak penyisihan grup. Tersisa 16 tim peserta yang akan melanjutkan perjalanan ke babak gugur. Sementara 16 tim lainnya harus angkat kaki lebih cepat dari Qatar pada gelaran tahun ini.

Piala Dunia yang kembali digelar di Asia setelah sebelumnya di edisi 2002, juga memberi kisah menarik dari para wakil Asia. Setidaknya, ada enam wakil Asia yang bersaing di Piala Dunia edisi ke-22 ini. Dari keenam wakil tersebut, ada tiga negara yang masih bertahan.

Sementara tiga lainnya, termasuk tuan rumah, Qatar, harus berkemas lebih cepat. Lantas bagaimana kiprah selengkapnya para wakil Asia saat melakoni babak penyisihan grup?

1. Qatar gagal total di kandang sendiri

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Timnas Qatar (twitter.com/QFA_EN)

Qatar memiliki keuntungan besar dengan bermain di rumah sendiri. Namun hal tersebut tak berpengaruh banyak terhadap performa Qatar di Piala Dunia tahun ini. Edisi ke-22 ini memang menjadi pengalaman pertama Qatar berkompetisi di Piala Dunia.

Mereka pun gagal total dalam debutnya ini dan sempat menjadi tim pertama yang dipastikan tersingkir. Tuan rumah sendiri bersaing di Grup A bersama Belanda, Senegal dan Ekuador.

Qatar menjadi bulan-bulanan ketiga negara itu dan hanya mampu torehkan 1 gol. Praktis mereka pun duduk di dasar klasemen dengan raihan 0 poin. Kini, Qatar bisa fokus menjamu para tamunya hingga selesainya ajang ini. 

2. Iran kalah perkasa saat bersaing di Grup B

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Timnas Iran (twitter.com/FIFAWorldCup)

Iran sudah lebih berpengalaman di ajang Piala Dunia dibandingkan Qatar. Keikutsertaannya pada edisi tahun ini menjadi yang keenam bagi tim berjuluk Melli ini. Dalam lima kesempatan sebelumnya, Iran memang masih gagal lolos grup.

Hal itu pun kembali terulang di edisi kali ini. Iran kalah perkasa dengan negara adidaya Inggris, Amerika Serikat, dan Wales. Bahkan di laga perdana Grup B, Iran sudah jadi lumbung gol Inggris setelah kalah 6-2.

Di laga kedua melawan Wales, Tim Melli membuka asa lolos ke babak gugur setelah menang 2-0. Sayangnya, Iran tak mampu menahan gempuran Amerika Serikat di laga terakhir dan kalah 1-0. Mengumpulkan 3 poin, Iran berada di posisi ketiga di bawah Inggris dan Amerika Serikat.

Baca Juga: 2 Kali Jerman Dipulangkan Negara Asia di Piala Dunia  

3. Arab Saudi gagal beri kejutan setelah tersingkir di Grup C

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Arab Saudi menghadapi Polandia (twitter.com/SaudiNT)

Negara Timur Tengah lainnya yang berkompetisi di Piala Dunia 2022 adalah Arab Saudi. The Green Eagles mengawali Piala Dunia 2022 Qatar dengan membuat kejutan besar. Mereka berhasil menaklukkan tim unggulan Argentina di laga perdana Grup C.

Sempat tertinggal melalui gol penalti Lionel Messi, Arab Saudi berhasil menang dengan skor 2-1. Sayangnya, kejutan tersebut tak berlanjut di dua laga berikutnya. Menghadapi Polandia di laga kedua, Arab Saudi justru bertekuk lutut dari wakil Eropa itu setelah kalah 0-2.

Mereka masih berpeluang lolos andai menang di laga ketiga melawan Meksiko. Namun The Green Eagles lagi-lagi gagal meraih tiga poin. Arab Saudi mengakhiri fase grup dengan menjadi juru kunci Grup C. 

4. Australia menjadi wakil Asia pertama yang pastikan tempat di babak gugur

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Timnas Australia (twitter.com/Socceroos)

Australia menjadi salah satu tim yang mewakili Asia di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Penampilan The Socceroos cukup membanggakan hingga mampu lolos ke babak gugur. Australia sendiri bersaing di Grup D bersama Australia, Tunisia, dan Denmark.

Perjalanan mereka sempat tak meyakinkan setelah takluk dengan skor telak 4-1 dari Prancis. Namun, Australia menjaga asa lolos setelah menaklukkan Tunisia di laga kedua. Melakoni laga penentuan melawan Denmark, Australia tampil semakin percaya diri.

Mereka akhirnya menyegel satu tempat di babak gugur setelah berhasil menaklukkan Denmark. Australia menjadi runner-up grup di bawah Prancis yang sama-sama mengumpulkan 6 poin. Pencapaian itu sekaligus menjadikan mereka tim Asia pertama yang lolos ke babak gugur.

5. Jepang jadi tim terbaik Asia di Piala Dunia 2022

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Timnas Jepang (fifa.com)

Jepang benar-benar tampil luar biasa di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Tergabung di Grup F, Tim Samurai Biru harus bersaing dengan tim kuat Spanyol, Jerman, dan Kosta Rika.

Awalnya, banyak yang meragukan jika Jepang akan lolos dari grup ini. Namun, hal itu justru jadi motivasi tersendiri bagi negara Asia Timur ini.

Di laga perdana, Jepang secara mengejutkan sukses menaklukkan Jerman dengan skor 2-1. Performa mereka makin dinantikan saat melawan Kosta Rika di laga kedua.

Sayangnya, mereka justru takluk dari wakil CONCACAF tersebut. Di laga terakhir, Jepang tampil mati-matian menghadapi Spanyol. Alvaro Morata sempat membuyarkan semangat Tim Samurai Biru.

Namun akhirnya, Jepang membalikkan kedudukan dan menang 2-1. Hebatnya, Jepang lolos ke babak gugur dengan status juara grup. Tim Samurai Biru menyusul Australia yang lebih dulu lolos.

6. Korea Selatan ikuti jejak Jepang dan Australia dengan lolos ke babak gugur

Kiprah Wakil Asia di Fase Grup Piala Dunia 2022, Membanggakan!Korea Selatan (twitter.com/fifaworldcup_fr)

Keberhasilan Australia dan Jepang melaju ke babak gugur sepertinya menumbuhkan motivasi ke skuad Korea Selatan. Menjadi wakil Asia terakhir yang memainkan fase grup, Taeguk Warriors harus menang saat melawan Portugal. Dalam dua laga awal, Son Heung Min dan kolega belum tampil maksimal.

Mereka sempat bermain imbang tanpa gol melawan Uruguay di laga perdana Grup H. Di laga kedua, Korea Selatan justru takluk 3-2 dari Ghana. Dua laga itu tentu saja membuat banyak pihak meragukan Korea Selatan untuk lolos. Mereka juga kebobolan cepat dari Portugal di laga pamungkas.

Namun akhirnya, Korea Selatan mampu menang dengan skor 2-1 setelah Hwang Hee Chan mencetak gol saat memasuki injury time. Kemenangan ini mengantarkan Korea Selatan menemani Jepang di babak gugur Piala Dunia 2022.

 

Meskipun hanya tiga tim yang akhirnya lolos ke babak gugur, penampilan negara-negara Asia di Piala Dunia 2022 sangat membanggakan. Mereka berjuang habis-habisan dan mampu mengimbangi kekuatan sepak bola benua lain. Mampukah wakil Asia kembali tampil mengejutkan di babak gugur nanti?

Baca Juga: Hajar Portugal, Korea Selatan Melaju ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya