Comscore Tracker

2 Kali Jerman Dipulangkan Negara Asia di Piala Dunia  

Korea Selatan dan Jepang jadi mimpi buruk Jerman

Jakarta, IDN Times - Jerman lagi-lagi tersingkir di fase grup ajang Piala Dunia. Ini jadi kali kedua secara beruntun skuad der Panzer gagal menembus babak knock-out setelah pada edisi sebelumnya juga mengalami hal serupa. 

Menariknya, dua penyebab kegagalan Jerman di Piala Dunia bisa dibilang disebabkan karena negara Asia. Korea Selatan jadi biang kerok Jerman kandas pada ajang Piala Dunia 2018 dan kini giliran Jepang jadi mimpi buruk Jerman di Piala Dunia 2022.

1. Kalah lawan Korea Selatan pada Piala Dunia 2018

2 Kali Jerman Dipulangkan Negara Asia di Piala Dunia  Timnas Jerman dalam sesi foto tim. (twitter.com/DFB_Team_EN)

Jerman kandas di babak penyisihan grup Piala Dunia 2018. Bersaing dengan Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan, mereka harus berpuas diri menjadi juru kunci Grup F.

Jerman kalah 0-1 melawan Meksiko di laga pertama penyisihan. Kemudian, harapan mulai menyeruak usai mereka menembus babak 16 besar setelah menang 2-1 melawan Swedia.

Mimpi buruk Jerman terjadi saat menghadapi Korea Selatan yang dilatih Shin Tae Yong. Mereka secara mengejutkan menyerah dua gol tanpa balas di laga hidup mati tersebut.

Baca Juga: Pesta Gol Jerman vs. Kosta Rika Tak Mampu Bawa Keduanya Lolos 16 Besar

2. Jepang jadi mimpi buruk Jerman di Piala Dunia 2022

2 Kali Jerman Dipulangkan Negara Asia di Piala Dunia  Timnas Jepang menang 2-1 atas Timnas Jerman di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. (instagram.com/japanfootballassociation)

Empat tahun berselang, Jerman tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Siapa sangka, mimpi buruk justru kembali dialami Jamal Musiala dan kolega.

Jerman menelan kekalahan di laga perdananya dalam penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 saat melawan Jepang (1-2). Dalam laga kedua, Jerman meraih hasil seri melawan Spanyol dengan skor akhir 1-1.

Pada laga terakhir babak penyisihan grup, Jerman sebenarnya meraih kemenangan 4-2 kontra Kosta Rika. Kemenangan itu tak cukup kuat membawa Manuel Neuer dkk. melaju ke babak 16 besar.

Jerman kalah poin dari Jepang setelah skuad Samurai biru menang 2-1 atas Spanyol. Sudah kalah di laga pertama, kemenangan Jerman terasa sia-sia lantaran tim Samurai Biru 

3. Jadi tuan rumah Piala Eropa 2024

2 Kali Jerman Dipulangkan Negara Asia di Piala Dunia  Timnas Jerman menunjukkan gestur menutup mulut sebelum melawan Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu (23/11/2022). (skysports.com)

Comeback skuad Jerman di ajang internasional masih harus menunggu waktu. mereka dituntut segera bangkit mengingat akan menjadi tuan rumah Piala Eropa 2024 mendatang.

Ini akan jadi pertaruhan harga diri bagi Jerman. Dengan performa yang saat ini, Jerman harus bebenah diri agar bisa meraih hasil maksimal dalam ajang Piala Eropa dua tahun mendatang.

Baca Juga: Jerman Kena Karma di Piala Dunia 2022, Benarkah?

Topic:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya