5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!

Bayern Munchen juara Bundesliga sembilan musim beruntun!

Bundesliga merupakan kasta teratas dalam kompetisi sepak bola Jerman. Liga yang satu ini merupakan salah satu liga top di Eropa. Itu artinya, kualitas dari klub-klub yang berlaga sudah tak perlu diragukan lagi. Namun, karena dominasi salah satu klub, Bundesliga dinilai kurang bergengsi dibanding liga top lain.

Tak bisa dimungkiri bahwa Bundesliga memang dikuasai oleh Bayern Munchen. Bahkan, dalam sembilan edisi terakhir, The Bavarians keluar sebagai juara, termasuk musim ini. Lantas, klub mana saja yang memiliki koleksi gelar Bundesliga terbanyak hingga saat ini? Berikut ulasannya.

1. Bayern Munchen (31 Gelar)

5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!Bayern Munchen (fcbayern.com/M. Donato)

Bayern Munchen merupakan klub Jerman yang berdiri pada 27 Februari 1900. Kesuksesan Bayern Munchen meraih trofi Bundesliga musim ini tentu saja menambah koleksi mereka. Klub asal Munchen ini menjadi klub tersukses dalam sejarah Bundesliga.

Hingga kini, Bayern Munchen sudah mengoleksi 31 gelar Bundesliga dan 10 kali menjadi runner-up. Mereka unggul jauh dari tim lainnya di Jerman. Bahkan, dalam sembilan musim terakhir, Munchen sukses menjadi juara dalam sembilan musim beruntun. 

Baca Juga: 5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang Masa

2. FC Nurnberg (9 Gelar)

5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!FC Nurnberg (fifa.com)

Klub kedua dengan koleksi gelar Bundesliga terbanyak adalah FC Nurnberg. Mungkin tak banyak yang menyangka karena tim ini kurang populer saat ini dan berada di kasta kedua. Nurnberg sendiri merupakan klub sepak bola Jerman yang berdiri pada 4 Mei 1900.

Dalam sejarah Bundesliga, Nurnberg berhasil menjadi juara dalam 9 musim. Terakhir kali mereka meraih trofi Bundesliga adalah pada musim 1967/1968. Mereka juga pernah menjadi runner-up sebanyak tiga kali.

3. Borussia Dortmund (8 Gelar) 

5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!Borussia Dortmund (bundesliga.com)

Borussia Dortmund menjadi pesaing Bayern Munchen dalam beberapa musim terakhir. Namun, ternyata Dortmund masih tertinggal jauh dalam perolehan gelar. Klub yang berdiri pada 19 Desember 1909 ini baru meraih gelar Bundesliga sebanyak 8 kali.

Terakhir kali Dortmund mengungguli Bayern Munchen di tabel klasemen adalah pada musim 2011/2012. Mereka menjadi tim terakhir selain Bayern yang menjuarai Bundesliga. Selain itu, Dortmund juga menjadi runner-up sebanyak 9 kali.

4. Schalke 04 (7 Gelar)

5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!Schalke 04 (schalke04.de)

Klub dengan trofi Bundesliga terbanyak berikutnya adalah Schalke 04. Schalke merupakan klub asal Jerman yang telah berdiri sejak 4 Mei 1904. Mereka terakhir kali juara di Bundesliga pada musim 1958.

Secara total, Schalke telah juara di liga Jerman sebanyak 7 kali. Mereka juga menjadi runner-up dalam 10 musim. Namun, sayangnya pada musim ini mereka harus terdegradasi ke kasta kedua.

5. Hamburger SV (6 Gelar)

5 Klub dengan Gelar Bundesliga Terbanyak, Bayern Munchen Superior!Hamburger SV (archyde.com)

Klub Jerman dengan trofi Bundesliga terbanyak berikutnya adalah Hamburger SV. Sama seperti Nurnberg, saat ini Hamburger juga berada di kasta kedua Liga Jerman. Hamburger merupakan salah satu klub tertua di Jerman yang telah berdiri sejak 29 September 1887.

Hingga kini, Hamburger telah meraih trofi liga Jerman sebanyak 6 kali dan runner-up 8 kali. Terakhir kali mereka juara adalah pada musim 1982/1983.

 

Kehebatan Bayern Munchen memang sangat sulit diimbangi klub Jerman lainnya. Kekuatan finansial membuat mereka dihuni pemain-pemain top dan tentunya unggul jauh dari kontestan lain.

Baca Juga: 5 Pemain Italia yang Pernah Main di Bundesliga, Ada yang Jadi Top Skor

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya