Comscore Tracker

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang Masa

Ada Franck Ribery!

Bayern Munchen adalah salah satu klub terbaik dan tersukses di dunia. Keberhasilan yang diraih oleh Die Roten ini tentu tidak terlepas dari strategi transfer yang diterapkan. Raksasa asal Jerman ini cukup sering mendatangkan pemain bintang dari klub-klub top di Eropa. Bayern Munchen bahkan tak ragu untuk mengeluarkan biaya yang banyak agar bisa mendapatkan pemain incarannya.

Meski lebih banyak diperkuat oleh para pemain muda berkualitas, Bayern Munchen juga masih tetap mempertahankan sejumlah pemain veteran yang dianggap memberikan pengaruh. Beberapa nama bahkan berhasil menciptakan gol dan membuat mereka menjadi pencetak gol tertua sepanjang sejarah Bayern Munchen. Lantas, siapa saja pemain itu? Berikut ulasannya!

1. Lothar Matthaus

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang MasaLothar Matthaus (fcbayern.com)

Lothar Matthaus merupakan salah satu legenda sepak bola terbaik yang pernah dimiliki oleh Jerman. Selama berseragam Bayern Munchen, sang pemain menikmati karier yang luar biasa dengan berhasil memenangi banyak gelar bergengsi. Walau berposisi sebagai gelandang, ia terbilang cukup produktif dengan menciptakan 100 gol dan 51 assist dalam 410 pertandingan.

Matthaus mencetak gol terakhirnya bersama Bayern Munchen di ajang Bundesliga pada 20 November 1999. Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 6-1 itu, ia berhasil mencetak satu gol ke gawang SC Freiburg pada menit ke-12. Umur Matthaus pada pertandingan itu sudah menginjak 38 tahun, 7 bulan, dan 30 hari.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Abad ke-21 yang Mampu Mencetak Hattrick bagi Klubnya

2. Mehmet Scholl

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang MasaMehmet Scholl (ronaldo.com)

Sepanjang kariernya bermain sepak bola, Mehmet Scholl hanya membela dua klub yang berbeda, yakni Karlsruher SC dan Bayern Munchen. Bersama klub yang pertama, ia tak pernah meraih satu pun gelar juara, sedangkan ketika berseragam Die Roten, sang pemain menikmati total 18 gelar juara selama 15 musim, termasuk trofi Liga Champions musim 2000/2001.

Gol terakhir Scholl ketika membela Bayern Munchen tercipta di kompetisi Bundesliga pada 19 Mei 2007. Ketika itu ia berhasil menyumbang satu gol pada menit ke-33 dalam kemenangan 5-2 melawan Mainz. Usia Scholl saat itu sudah memasuki 36 tahun, 7 bulan, dan 3 hari.

3. Franck Ribery

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang MasaFranck Ribery (goal.com)

Franck Ribery memang dikenal beberapa kali bergonta-ganti klub. Meski demikian, pemain asal Prancis itu hanya memenangi banyak gelar juara ketika membela Bayern Munchen. Pria yang saat ini berusia 38 tahun itu berseragam Bayern Munchen selama 12 musim sejak tahun 2007 hingga 2019.

Selain meraih banyak trofi, ia juga mengoleksi banyak gol dan assist selama di Munchen. Ribery membukukan gol terakhir untuk klubnya tersebut di ajang Bundesliga pada 18 Mei 2019. Saat itu sang pemain menyumbang satu gol dalam kemenangan 5-1 melawan Eintracht Frankfurt. Usia Ribery saat itu sudah 36 tahun, 1 bulan, dan 11 hari.

4. Claudio Pizarro

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang MasaClaudio Pizarro (skysports.com)

Claudio Pizarro bermain untuk Bayern Munchen dalam dua kesempatan yang berbeda, yakni tahun 2001 hingga 2007 dan 2012 hingga 2015. Selama waktunya itu, ia berhasil memenangi total 17 gelar juara, termasuk trofi Liga Champions musim 2012/2013. Pemain asal Peru ini juga sukses menciptakan 125 gol dan 53 assist dari 327 pertandingan bersama Bayern Munchen.

Pizzaro menciptakan gol terakhirnya untuk Die Roten di ajang DFB-Pokal pada 17 Agustus 2014. Dalam kemenangan 4-1 melawan Preußen Munster, ia berhasil menyumbangkan 1 gol pada menit ke-73. Umur Pizarro pada pertandingan itu bisa dibilang cukup tua, yakni 35 tahun, 10 bulan, dan 14 hari.

5. Daniel van Buyten

5 Pemain Tertua yang Mencetak Gol bagi Bayern Munchen Sepanjang MasaDaniel van Buyten (skysports.com)

Bayern Munchen menjadi klub terakhir dalam karier Daniel van Buyten. Pemain asal Belgia ini membela Die Roten selama 8 musim sejak tahun 2006 hingga 2014. Selain memenangi 14 gelar juara, ia juga sukses menciptakan 28 gol dan 12 assist dari 239 pertandingan bagi Bayern Munchen. Catatan yang lumayan untuk pemain yang beroperasi di lini belakang.

Daniel van Buyten mencetak gol terakhirnya untuk Bayern Munchen pada 7 Desember 2013 di ajang Bundesliga. Ketika itu ia sukses menciptakan 1 gol dalam kemenangan 7-0 melawan Werder Bremen. Usia van Buyten saat itu sudah menginjak 35 tahun dan 10 bulan.

 

Jika diperhatikan secara saksama, Bayern Munchen cukup sering menang dengan skor yang sangat telak. Dari kelima nama tersebut, kini hanya menyisakan Franck Ribery yang belum pensiun dari dunia sepak bola.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Bawa Bayern Munchen Juara Bundesliga Sebelum Hans Flick

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya