5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!

Borussia Dortmund tak termasuk lho!

Europa League kerap disebut kasta kedua di bawah Liga Champions. Meskipun demikian, Europa League tetap menyajikan pertarungan menarik dan juga tak kalah bergengsi. Beberapa klub elite dari liga top Eropa setiap musimnya juga berlaga di kompetisi yang satu ini.

Salah satunya tentu dari Bundesliga yang juga memiliki persaingan yang cukup seru. Bahkan beberapa dari klub Jerman sukses meraih gelar juara. Lantas klub asal Jerman mana saja yang pernah menjuarai Europa League? Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Borussia Monchengladbach

5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!espn.com

Borussia Monchengladbach menjadi salah satu klub Jerman yang pernah menjuarai Europa League. Bahkan klub berjuluk Die Fohlen ini menjadi klub Jerman tersukses di ajang ini. Mereka sukses menjuarai Europa League sebanyak 2 kali. Tepatnya pada tahun 1975 serta 1979 lalu.

Dua trofi tersebut mereka raih dari 4 kesempatan tampil di laga final. Hal tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Monchengladbach karena cukup sukses di ajang Europa League. Musim ini Chelsea berlaga di Liga Champions setelah mengakhiri musim di Bundesliga diurutan 4 klasemen.

2. Eintracht Frankfurt

5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!dfb.de

Berikutnya ada Eintracht Frankfurt yang juga sudah cukup lama menjuarai ajang bergengsi. Die Adler telah sukses dalam sejarah Europa League dengan merebut 1 trofi. Frankfurt berhasil menjadi yang terbaik di Europa League pada tahun 1980.

Kesuksesan melaju ke final tersebut menjadi satu-satunya bagi Frankfurt hingga saat ini. Beberapa musim lalu mereka juga sempat tampil menawan meski tak sampai ke final. Pada musim ini Frankfurt harus absen dari kompetisi Eropa setelah hanya finish di urutan 9 Bundesliga.

Baca Juga: 5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!

3. Bayern Munchen

5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!twitter.com/eMiaSanMia

Klub tersukses Jerman juga tak mau kalah dengan klub lainnya. Tak hanya di Liga Champions, The Bavarians juga menjadi salah satu klub Jerman yang menjuarai Europa League. Hingga saat ini klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut telah menjuarai Europa League sebanyak 1 kali.

Trofi tersebut mereka raih pada tahun 1996 dari satu-satunya kesempatan final yang mereka raih. Hal tersebut tak mengherankan karena Munchen lebih sering mewakili Jerman di ajang Bundesliga. Mereka bahkan berhasil menjuarai Liga Champions pada musim lalu dan membuatnya bermain di UCL musim ini.

4. Bayer Leverkusen

5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!dfb.de

Berikutnya ada Bayer Leverkusen yang juga pernah juara di Europa League. Hingga kini Leverkusen baru sekali berhasil melaju ke partai final, tepatnya pada tahun 1988 lalu. Dari satu-satunya kesempatan tersebut, klub berjuluk Werkself tersebut sukses menggondol trofi Europa League.

Saat itu Leverkusen sukses mengalahkan perlawanan Espanyol di partai puncak. Pada musim ini tim yang diasuh Peter Bosz tersebut berlaga di Europa League. Mereka berhasil finish di urutan kelima dalam klasemen akhir Bundesliga musim lalu.

5. FC Schalke

5 Klub Jerman yang Pernah Menjuarai Europa League, Berani Bersaing!fr.fifa.com

Klub Jerman kelima yang pernah menjuarai Europa League mungkin juga sudah cukup familier. Klub tersebut yaitu FC Schalke yang pernah meraih 1 trofi Europa League. Momen bersejarah bagi klub berjuluk The Royal Blues tersebut terjadi pada tahun 1997.

Di mana pada partai puncak tersebut, Schalke sukses menghempaskan klub elite, Inter Milan. Musim ini klub yang dilatih Manuel Baum tersebut tak berlaga di kompetisi Eropa. Pada musim 2019/2020 mereka hanya mampu finish di urutan 12 klasemen Bundesliga.

Itulah lima klub Jerman yang pernah menjuarai Europa League. Jerman menjadi negara selain Inggris yang ada 5 klubnya pernah menjuarai Europa League. Borussia Dortmund sebagai salah satu tim elite Bundesliga ternyata tak termasuk. Akankah klub Jerman akan kembali berjaya di Europa League?

Baca Juga: 10 Kiper Liga Top Eropa yang Paling Sering Gagalkan Penalti di Abad 21

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya