5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!

Yakin, kamu sudah tahu?

Europa League menjadi salah satu kompetisi yang cukup bergengsi di Eropa. Meskipun kerap disebut kasta kedua di bawah Liga Champions, Europa League tetap menyajikan pertarungan menarik. Klub-klub elit dari liga top Eropa setiap musimnya ada yang berlaga di kompetisi yang satu ini.

Salah satunya tentu dari Premier League yang dikenal cukup bergengsi. Bahkan beberapa dari klub Premier League sukses menyabet juara. Namun Arsenal yang akhir-akhir ini sering mewakili Inggris dalam kompetisi ini belum mampu juara. Lantas klub asal Inggris mana saja yang pernah menjuarai Premier League? Berikut kami sajikan ulasannya.

1. Liverpool

5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!mirror.co.uk

Liverpool benar-benar menjadi klub Inggris tersukses di kompetisi Eropa. Tak hanya di Liga Champions, The Reds juga menjadi klub Inggris dengan trofi terbanyak di Europa League. Hingga saat ini klub yang bermarkas di Anfield tersebut telah menjuarai Europa League sebanyak 3 kali.

Ketiga trofi tersebut mereka raih pada tahun 1973,1976 serta 2001. Pada tahun 2016 lalu, mereka juga berkesempatan menambah gelar Europa League. Sayangnya mereka gagal mengalahkan perlawanan Sevilla. Berstatus sebagai juara Premier League, The Kops akan berlaga di Liga Champions pada musim ini.

2. Tottenham Hotspur

5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!tottenhamhotspur.com

Berikutnya ada Tottenham Hotspur yang sudah cukup lama menjuarai ajang bergengsi. The Lylywhites cukup sukses dalam sejarah Europa League dengan merebut 2 trofi. Spurs berhasil menjadi yang terbaik di Europa League pada edisi pertama tahun 1972 dan 1984.

Selain pada dua kesempatan tersebut, Spurs juga pernah melaju partai final pada musim 1974. Namun saat itu mereka harus mengakui keunggulan Feyenoord. Pada musim ini mereka akan berlaga di kompetisi ini setelah hanya mampu finish di urutan 5 klasemen Premier League musim lalu.

3. Chelsea

5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!uefa.com

Klul London lainnya yakni Chelsea juga pernah menjuarai Europa League. Kesuksesan The Blues sejak dimiliki Roman Abramovich salah satunya yaitu di kompetisi ini. Mereka sukses menjuarai Europa League sebanyak 2 kali. Tepatnya pada tahun 2013 serta 2019 lalu.

Dua trofi tersebut mereka raih dari 2 kesempatan tampil di laga final. Hal tersebut tentu menjadi prestasi tersendiri karena belum pernah kalah di final Europa League. Musim ini Chelsea berlaga di Liga Champions setelah mengakhiri musim di Premier League diurutan 4 klasemen.

Baca Juga: Para Klub Juara Liga Europa yang Gagal di Liga Champions, Kutukan?

4. Manchester United

5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!goal.com

Klub tersukses Premier League yakni Manchester United juga tak ingin melewatkan kesempatan juara di Europa League. Hingga kini United baru sekali berhasil melaju ke partai final, tepatnya pada tahun 2017 lalu. Dari satu-satunya kesempatan tersebut, Setan merah sukses menggondol trofi Europa League.

Saat itu The Reds Devils sukses mengalahkan Ajax Amsterdam di partai puncak. Pada musim ini tim yang diasuh Ole Gunnar Solskjaer tersebut akan berlaga di Liga Champions. Mereka berhasil finish di urutan ketiga dalam klasemen akhir Premier League musim lalu.

5. Ipswich Town

5 Klub Inggris yang Pernah Menjuarai Europa League, Tak Ada Arsenal!twitter.com/EuropaLeague

Klub Inggris kelima yang pernah menjuarai Europa League mungkin cukup mengejutkan. Klub tersebut yaitu Ipswich Town yang pernah meraih 1 trofi Europa League. Momen bersejarah bagi klub berjuluk The Tractor Boys tersebut terjadi pada tahun 1981.

Di mana pada partai puncak tersebut, Ipswich sukses menghempaskan AZ Alkmaar. Saat ini klub yang diperkuat pemain keturunan Indonesia Elkan Baggott ini masih berjuang di kasta ketiga liga Inggris. Terakhir kali mereka merasakan atmosfer Premier League pada musim 2001/2002. 

Itulah lima klub Inggris yang pernah menjuarai Europa League. Tak hanya Arsenal, klub elit Inggris lainnya yang juga belum pernah juara Europa League ada Manchester City. Akankah pada kesempatan musim ini The Gunners bakal menyusul deretan klub tersebut?

Baca Juga: 5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya