5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del Rey

Barcelona tersingkir dari Copa del Rey 2023/2024

Barcelona harus tersingkir dari Copa del Rey 2023/2024. Hal itu menyusul kekalahan 2-4 dari Athletic Bilbao pada Kamis (25/1/2024) dini hari WIB. Blaugrana terhenti pada babak perempat final.

Barcelona sendiri masih tercatat sebagai klub tersukses di ajang ini. Total 31 trofi sudah mereka raih hingga saat ini. Jumlah tersebut mengungguli Athletic Bilbao dengan 24 trofi dan Real Madrid dengan 20 trofi.

Meski begitu, Blaugrana bukan tanpa cela di Copa del Rey. Itu seperti yang terjadi pada musim ini. Mereka ternyata juga kerap kalah dari lawannya. Lantas, klub apa saja yang paling sering menaklukkan Barcelona di Copa del Rey?

1. Atletico Madrid menjadi yang teratas dengan 16 kemenangan

5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del ReyBarcelona menghadapi Atletico Madrid. (fcbarcelona.com)

Atletico Madrid menjadi klub paling sulit dihadapi Barcelona di Copa del Rey. Dari 47 pertandingan, Atletico Madrid berhasil mengalahkan Barcelona dalam 16 pertandingan. Meski begitu, Blaugrana masih memiliki catatan yang lebih baik dari lawannya itu.

Barcelona telah meraih kemenangan atas Los Rojiblancos dalam 22 laga lainnya. Pada pertemuan terakhir di Copa del Rey 2016/2017, Atletico Madrid harus mengakui keunggulan Barcelona pada babak semifinal. Sementara, kekalahan terbesar Barcelona atas Atletico Madrid di ajang ini terjadi pada 1989 dengan skor 0-4.

2. Athletic Bilbao menambah catatan kemenangan atas Barcelona menjadi 16 laga

5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del ReyBarcelona melawan Athletic Bilbao. (fcbarcelona.com)

Athletic Bilbao menjadi salah satu klub yang sering mengalahkan Barcelona di Copa del Rey. Keduanya telah berhadapan dalam 46 pertandingan di ajang ini. Termasuk pertemuan terakhir, Athletic Bilbao berhasil mengalahkan Blaugrana dalam 16 pertandingan di antaranya.

Kemenangan terbesar Athletic Bilbao atas Barcelona terjadi dengan skor 4-0 pada 1930. Athletic Bilbao juga berhasil mengalahkan Barcelona dalam dua pertemuan terakhir di Copa del Rey. Di sisi lain, Barcelona masih unggul dalam rekor pertemuan dengan raihan 24 kemenangan.

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del Rey

3. Real Madrid mengungguli Barcelona dalam 13 laga Copa del Rey

5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del ReyReal Madrid menghadapi Barcelona. (fcbarcelona.com)

Real Madrid jadi klub ketiga yang sering mengalahkan Barcelona di Copa del Rey. Blaugrana sebenarnya masih memiliki catatan yang cukup bagus saat bertemu rivalnya itu di ajang ini. Dari 38 pertandingan, Blaugrana berhasil menang dalam 17 pertandingan.

Meski begitu, Real Madrid menjadi klub yang cukup menyulitkan Barcelona karena berhasil menang dalam 13 pertandingan lain. Kekalahan terbesar Barcelona atas Real Madrid terjadi pada 1941 dengan skor 1-11. Pada pertemuan terakhir di Copa del Rey 2022/2023, Barcelona juga takluk dari Los Blancos dengan skor 0-4.

4. Valencia mengalahkan Barcelona dalam sebelas pertandingan

5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del ReyBarcelona melawan Valencia. (fcbarcelona.com)

Berikutnya, ada Valencia yang menjadi klub keempat dalam daftar ini. Klub berjuluk Los Che ini juga kerap menjadi lawan Barcelona di Copa del Rey. Terakhir kali kedua klub berduel di ajang ini terjadi pada 2018/2019 lalu.

Di Copa del Rey sendiri, Barcelona telah menghadapi Valencia dalam 41 pertandingan. Dari jumlah tersebut, Barcelona harus mengakui keunggulan Los Che dalam 11 pertandingan. Sementara itu, Barcelona masih unggul dalam rekor pertemuan dengan raihan 21 kemenangan.

5. Espanyol pernah sepuluh kali menaklukkan Barcelona di Copa del Rey

5 Klub Paling Sering Menaklukkan Barcelona di Copa del ReyBarcelona melawan Espanyol. (fcbarcelona.com)

Klub kelima yang sering mengalahkan Barcelona di Copa del Rey adalah Espanyol. Masuknya klub sekota Barcelona itu ke dalam daftar ini mungkin cukup mengejutkan. Apalagi Espanyol bukan salah satu klub top Spanyol saat ini.

Meski begitu, Espanyol ternyata berhasil mengalahkan Barcelona dalam 10 pertandingan dari 36 laga yang sudah dilakoni keduanya. Tentu saja Barcelona memiliki catatan kemenangan yang lebih banyak atas Espanyol, yakni dengan 20 kemenangan. Terakhir kali Espanyol sukses mempermalukan Barcelona terjadi pada leg pertama perempat final 2017/2018 dengan skor 1-0.

Ini menjadi kegagalan ketiga beruntun bagi Barcelona di Copa del Rey. Mereka terakhir kali menjadi juara ajang ini pada 2020/2021 lalu. Blaugrana pun terancam mengakhiri musim tanpa gelar pada 2023/2024 ini.

Baca Juga: 5 Debutan Termuda di Copa Del Rey pada 2023/2024

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya