5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del Rey

Real Madrid tersingkir dari Copa del Rey 2023/2024

Real Madrid harus angkat kaki lebih cepat dari gelaran Copa del Rey 2023/2024. Hal itu terjadi setelah mereka disingkirkan Atletico Madrid pada babak 16 besar. Bertandang ke markas Atletico Madrid, Los Blancos kalah dengan skor 2-4.

Real Madrid memang kurang superior di Copa del Rey. Hingga saat ini, mereka berada di urutan ketiga klub tersukses dengan raihan 20 trofi. Mereka tertinggal dari Barcelona dengan 31 trofi dan Athletic Bilbao dengan 24 trofi.

Sebenarnya, Real Madrid berhasil menjadi juara pada 2022/2023 lalu. Namun, mereka juga kerap ditaklukkan klub-klub lain sebelum melaju ke final. Lantas, klub apa saja yang paling sering mengalahkan Real Madrid di Copa del Rey?

1. Athletic Bilbao menjadi yang teratas dengan 20 kemenangan

5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del ReyAthletic Bilbao menghadapi Real Madrid. (athletic-club.eus)

Athletic Bilbao menjadi klub yang paling sering mengalahkan Real Madrid di Copa del Rey. Klub asal Basque itu telah berhadapan dengan Los Blancos dalam 44 pertandingan Copa del Rey. Dari jumlah tersebut, Athletic Bilbao berhasil menaklukkan Real Madrid dalam 20 pertandingan.

Real Madrid juga masih kalah dalam rekor pertemuan dengan Athletic Bilbao. Los Blancos baru menang atas Los Leones dalam 16 pertandingan lainnya. Momen terakhir keduanya bersua di Copa del Rey 2021/2022 yang berhasil dimenangi Athletic Bilbao.

2. Barcelona (17 kemenangan) masih terlalu tangguh bagi Real Madrid di Copa del Rey

5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del ReyFrenkie de Jong, pemain Barcelona, mencoba melewati adangan pemain Toni Kroos saat melawan Real Madrid. (fcbarcelona.com)

Barcelona sebagai klub tersukses di Copa del Rey juga kerap menjadi batu sandungan bagi Real Madrid. Hingga saat ini, Barcelona telah menaklukkan Los Blancos dalam 17 pertandingan di Copa del Rey. Kedua klub raksasa Spanyol tersebut telah berhadapan di ajang ini dalam 38 pertandingan.

Sama seperti Athletic Bilbao, Barcelona juga masih unggul rekor pertemuan dengan Real Madrid. Dari kesempatan tersebut, Los Blancos baru berhasil mengalahkan Blaugrana dalam 13 pertandingan. Pertemuan terakhir pada 2022/2023 lalu berakhir untuk kemenangan Real Madrid.

Baca Juga: 5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del Rey

3. Atletico Madrid (sepuluh kemenangan) baru saja menyingkirkan Real Madrid

5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del ReyReal Madrid menghadapi Atletico Madrid. (atleticodemadrid.com)

Klub ketiga yang kerap menaklukkan Real Madrid di Copa del Rey adalah Atletico Madrid. Klub berjuluk Los Rojiblancos ini sebenarnya masih kalah rekor pertemuan dengan Real Madrid di ajang ini. Dari 34 pertandingan yang sudah dilakoni, Atletico Madrid berhasil menang atas Los Blancos dalam 10 pertandingan di antaranya.

Di sisi lain, Real Madrid berhasil memenangkan 15 pertandingan lainnya. Sayangnya, Real Madrid harus takluk dari Atletico Madrid pada 2023/2024 ini. Setelah mampu menaklukkan Los Blancos, Atletico Madrid pun melaju ke babak perempat final.

4. Real Sociedad unggul rekor pertemuan atas Real Madrid dengan tujuh kemenangan

5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del ReyReal Sociedad bersua Real Madrid. (realsociedad.eus)

Real Sociedad juga menjadi salah satu klub yang kerap menyulitkan Real Madrid di Copa del Rey. Real Sociedad sendiri pernah berhadapan dengan Los Blancos di ajang ini dalam 13 pertandingan. Klub berjuluk Los Txuri-Urdin itu berhasil menaklukkan Real Madrid dalam tujuh pertandingan.

Uniknya, Real Sociedad bisa mengungguli Real Madrid dalam rekor pertemuan. Real Madrid sendiri baru mengungguli Real Sociedad dalam lima pertandingan lainnya. Momen terakhir keduanya saling berhadapan yaitu pada 2019/2020. Kala itu Real Sociedad berhasil menaklukkan Real Madrid pada babak perempat final.

5. Valencia juga tujuh kali menaklukkan Real Madrid di Copa del Rey

5 Klub Paling Sering Mengalahkan Real Madrid di Copa del ReyReal Madrid melawan Valencia. (valenciacf.com)

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Valencia. Secara keseluruhan, Los Che masih kalah dalam rekor pertemuan dari Real Madrid di ajang Copa del Rey. Kedua tim tersebut telah berhadapan di ajang ini dalam 22 pertandingan.

Dari jumlah tersebut, Valencia mengungguli Real Madrid dalam tujuh pertandingan. Di kubu lawan, Real Madrid berhasil menang atas Valencia dalam sebelas pertandingan lainnya. Momen terakhir duel keduanya terjadi pada 2012/2013 saat Real Madrid berhasil menyingkirkan Valencia pada babak perempat final.

Copa del Rey mungkin saja bukan prioritas utama Real Madrid. Catatan itu menjadi bukti jika Real Madrid tak terlalu superior di ajang ini.

Baca Juga: Kontribusi 6 Gelandang Atletico Madrid pada Paruh Musim 2023/2024

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya