Comscore Tracker

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VAR

Manchester United teratas?

Teknologi sudah mulai memasuki sepak bola untuk melancarkan jalannya pertandingan. Salah satunya yaitu Video Assistant Referee atau VAR yang berguna untuk membantu wasit dalam memimpin pertandingan. Liga-liga tip Eropa pun mulai menggunakan teknologi yang satu ini termasuk Premier League. Namun kehadiran VAR justru dinilai menghilangkan drama yang terjadi dalam sepak bola.

Padahal VAR bisa membantu wasit dalam pengambilan keputusan seperti penalti. Penalti menjadi perdebatan tersendiri bagi kalangan penggemar sepak bola bahkan para pelatih. Di Premier League, VAR mulai digunakan sejak musim 2019/2020. Lantas klub mana yang mendapat penalti terbanyak sejak digunakannya VAR di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Manchester United (20 Penalti)

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VARmanutd.com/2020 Pool

Klub Premier League yang mendapat penalti terbanyak sejak adanya VAR adalah Manchester United. Setan merah memang disebut-sebut sebagai klub yang paling sering diuntungkan oleh wasit mengenai penalti. Ternyata anggapan itu tidak sepenuhnya salah. Karena sejak adanya VAR, United telah mendapat penalti sebanyak 20 kali.

Pada musim lalu mereka menjadi klub dengan penalti terbanyak sepanjang satu musim yakni 14 penalti. Sementara sisanya mereka dapat pada musim ini setelah memainkan 16 pertandingan. Dari kesempatan tersebut, MU berhasil mencetak 15 gol dan gagal 5 kali.

2. Leicester City (17 Penalti)

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VARfoxsports.co.id

Klub kedua dengan penalti terbanyak sejak adanya VAR adalah Leicester City. The Foxes menjadi klub dengan penalti terbanyak pada musim ini. Dari 17 pertandingan yang sudah dijalani sejauh ini, Leicester telah mendapat 10 penalti dari wasit.

Jika ditotal dengan musim lalu, mereka telah mendapatkan 17 penalti. Dari kesempatan penalti yang didapat tersebut, Leicester berhasil memanfaatkan 13 penalti menjadi gol. Sementara 4 lainnya mereka gagal memanfaatkan menjadi gol.

3. Manchester City (14 Penalti)

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VARgoal.com

Klub ketiga yaitu Manchester City yang mungkin tak terlalu disorot mengenai penalti. Namun ternyata anak asuh Pep Guardiola juga sering mendapat hadiah penalti khususnya sejak adanya VAR. Secara total The Cityzens telah mendapat 14 hadiah penalti sejak musim lalu.

Di mana pada musim ini mereka baru mendapat penalti sebanyak 3 kali dengan 2 di antaranya menjadi gol. Sementara pada musim lalu mereka menjadi klub kedua dengan penalti terbanyak yaitu 11 penalti. Mereka mencetak 6 gol dari titik putih dan 5 di antaranya gagal dieksekusi menjadi gol.

Baca Juga: Pendapat Penonton Mengenai Penggunaan VAR di Premier League

4. Chelsea (12 Penalti)

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VARfootballticketnet.com

Chelsea juga menjadi salah satu klub yang mendapat penalti cukup banyak sejak adanya VAR. The Blues yang musim lalu finis di empat besar mendapat 7 penalti. Hebatnya semua kesempatan itu berhasil di eksekusi menjadi gol. Sementara pada musim ini, anak asuh Frank Lampard telah mendapat 5 hadiah penalti dari 17 pertandingan.

Tidak seperti musim lalu, mereka gagal mengeksekusi 2 kesempatan penalti menjadi gol. Sejauh ini The Blues masih tercecer di urutan 8 klasemen sementara. Chelsea pun telah mendapat 12 hadiah penalti sejak adanya VAR. 

5. Liverpool (10 Penalti)

5 Klub Premier League yang Mendapat Penalti Terbanyak Sejak Adanya VARgoal.com

Klub terakhir dalam daftar ini adalah Liverpool yang berhasil menjuarai Premier League pada musim lalu. Dalam prosesnya menjadi juara, The Reds mendapat 5 hadiah penalti dari wasit. Kelima kesempatan itu pun tak disia-siakan oleh para penendang Liverpool.

Sementara musim ini, mereka juga masih berada di puncak klasemen. Liverpool telah mendapat 5 hadiah penalti dari 17 pertandingan yang sudah dijalani. Lagi-lagi, semua kesempatan itu berhasil di eksekusi menjadi gol. Secara total, Liverpool telah mendapat 10 penalti sejak adanya VAR.

Itulah lima klub Premier League dengan penalti terbanyak sejak adanya VAR. Catatan ini memang bukan sepenuhnya karena VAR, namun dari data ini kita bisa mengetahui klub yang cukup sering mendapat penalti. Adakah klub favoritmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Keputusan VAR Paling Kontroversial di Premier League Musim 2020/2021

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya