Comscore Tracker

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!

Sevilla sang raja Europa League!

Europa League musim 2020/2021 menggelar kick-off perdana pada 22 Oktober kemarin. Kerap disebut sebagai kasta kedua persaingan antar klub Eropa, ajang ini juga tak boleh dilewatkan penggemar sepak bola dunia. Setiap tim yang berlaga tentu saja berharap bisa meraih hasil terbaik dalam ajang yang tak kalah bergengsi pada gelaran musim ini.

Dalam sejarah Europa League, beberapa tim telah sukses keluar sebagai juara di akhir musim. Bagi kamu yang lupa atau belum tahu, berikut kami sajikan daftar klub tersukses dalam sejarah Europa League. Adakah klub jagoanmu dalam daftar ini? Yuk, simak penjelasannya!

1. Sevilla

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!twitter.com/EuropaLeague

Klub tersukses dalam sejarah Europa League adalah Sevilla. Klub asal Spanyol tersebut telah merengkuh trofi Europa League sebanyak 6 kali termasuk musim lalu. Di mana El Real meraihnya pada tahun 2006, 2007, 2014, 2015, 2016 dan terakhir 2020 kemarin.

Dengan status yang dimilikinya tersebut, Los Nervionenses tentu layak disebut tim spesialis Europa League. Apalagi mereka belum pernah gagal dalam partai final. Musim ini mereka akan bermain di Liga Champions sebagai wakil dari LaLiga.

2. Inter Milan

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!goal.com

Kejayaan Inter Milan tampaknya kembali bangkit di bawah asuhan Antonio Conte. Juru taktik berkebangsaan Italia tersebut hampir membawa Inter menjuarai Europa League pada musim 2019/2020 lalu. Sayangnya mereka gagal menambah koleksi gelar Europa League setelah dikandaskan Sevilla.

Sepanjang sejarah, Nerazzurri telah merengkuh trofi Europa League sebanyak 3 kali. Ketiga trofi tersebut mereka raih pada tahun 1991, 1994 dan 1998. Selain itu, mereka juga pernah menjadi runner-up pada tahun 1997 dan 2020.

3. Juventus

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!uefa.com

Juventus menjadi klub elite Italia yang kurang beruntung dalam kompetisi Eropa khususnya Liga Champions. Namun fans La Vecchia Sinyora patut berbangga karena tim yang mereka dukung menjadi salah satu klub tersukses di Europa League.

Hingga saat ini, klub dengan identitas putih hitam tersebut telah menjuarai Europa League sebanyak 3 kali. Juve meraihnya pada tahun 1977, 1990 dan terakhir 1993. Meskipun jumlahnya masih kalah dari Sevilla, setidaknya raihan tersebut melebihi torehan trofi Liga Champions.

Baca Juga: 8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa League

4. Liverpool 

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!mirror.co.uk

Tak hanya menjadi salah satu klub yang cukup sukses di Liga Champions, Liverpool juga memiliki prestasi mentereng di Europa League. Klub Premier League tersebut telah menjuarai Europa League sebanyak tiga kali. Ketiga trofi tersebut diraih The Reds pada tahun 1973, 1976 dan 2001.

Pada tahun 2016 lalu, mereka juga berkesempatan menambah gelar Europa League. Sayangnya mereka gagal mengalahkan perlawanan Sevilla. Berstatus sebagai juara Premier League, The Kops akan berlaga di Liga Champions pada musim ini.

5. Atletico Madrid 

5 Klub Tersukses dalam Sejarah Europa League, Tak Kalah Bergengsi!express.co.uk

Klub kelima yang cukup sukses dalam sejarah Europa League adalah Atletico Madrid. Klub Spanyol tersebut juga mengumpulkan trofi Europa League yang tak kalah banyak. Hingga kini Atletico telah menjuarai Europa League sebanyak 3 kali.

Kesuksesan Los Colchoneros tersebut terjadi pada tahun 2010, 2012 serta 2018. Sama seperti Sevilla, Atletico juga menjadi tim yang menyapu bersih laga final Europa League dengan kemenangan.

Kelima klub tersebut akan berlaga di fase grup Liga Champions musim ini. Meskipun demikian, mereka juga bisa saja berkompetisi di Europa League jika finish di posisi 3 klasemen grup UCL. Jika hal tersebut terjadi, tim mana yang akan melangkah jauh di Europa League?

Sumber

https://www.goal.com/id/berita/daftar-juara-liga-europa/kiurszttyq791y1wzwj6uh49d

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya