Comscore Tracker

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa League

Gak ada sang juara, Sevilla, lho!

Europa League merupakan kompetisi antarklub paling bergengsi kedua di Eropa. Meski levelnya di bawah Liga Champions Eropa, tetapi persaingan di Europa League juga tak kalah seru dan menarik untuk diikuti. Klub-klub besar juga kerap meramaikan panasnya persaingan di ajang tersebut. 

Sepanjang sejarah gelarannya, Sevilla menjadi tim tersukses dengan koleksi enam gelar. Meski menjadi tim tersukses, tetapi Sevilla tak termasuk dalam jajaran tim yang paling sering mentas di ajang Europa League. Lantas, klub mana sajakah yang paling sering tampil di Europa League?

1. Sporting Lisbon - 32 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa League90min.com

Sporting Lisbon merupakan salah satu tim besar asal Portugal. Mereka menjadi pesaing sengit FC Porto dan Benfica di pentas domestik, Liga NOS Portugal. Sayangnya, dalam dua dekade terakhir Sporting Lisbon tak kunjung meraih gelar. Alhasil, klub berjuluk Verde-e-Brancos tersebut lebih sering tampil di Europa League. Mereka menjadi klub dengan catatan penampilan terbanyak di Europa League, yakni dalam 32 musim kompetisi. 

2. Club Brugge - 31 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leagueen.as.com

Klub kedua yang paling sering tampil di Europa League adalah Club Brugge. Mereka merupakan tim tersukses kedua asal Belgia setelah Anderlecht di liga domestik, Jupiler Pro League. Club Brugge kerap menjadi wakil Belgia di pentas Eropa. Tetapi mereka lebih sering mentas di Europa League ketimbang Liga Champions Eropa dengan tampil dalam 31 musim kompetisi. 

3. Red Star Belgrade - 29 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leaguefcbayern.com

Red Star Belgrade merupakan tim tersukses di liga domestik Serbia. Mereka menjadi tim langganan yang mewakili negaranya di pentas Eropa. Tercatat, Red Star Belgrade telah berpartisipasi dalam 29 musim kompetisi Europa League. Sayangnya, mereka belum pernah meraih gelar.

4. Partizan Belgrade - 29 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leagueb92.net

Partizan Belgrade merupakan rival utama Red Star Belgrade di liga utama Serbia. Partizan juga menjadi tim asal Serbia yang paling sering mentas di kancah Eropa. Di ajang Europa League, mereka pernah berpartisipasi dalam 29 musim kompetisi. Sama halnya dengan sang rival, Partizan Belgrade juga belum pernah mencicipi gelar. 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Sejarah Europa League, Siapa Rajanya?

5. Hajduk Split - 27 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leaguehajduk.hr

Hajduk Split masuk lima besar dalam jajaran tim yang paling sering tampil di Europa League. Mereka merupakan salah satu tim besar asal Kroasia. Sepanjang sejarah Europa League, Hajduk Split pernah mewakili Kroasia dalam 27 musim kompetisi. Meski memiliki catatan tampil yang cukup banyak, mereka belum pernah merasakan gelar. 

 6. Feyenoord - 27 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leaguefeyenoord.nl

Selanjutnya terdapat klub besar asal Belanda, Feyenoord. Mereka merupakan salah satu tim yang paling sering mewakili negeri kincir angin di pentas Eropa bersama Ajax. Di ajang Europa League, Feyenoord telah ikut bersaing dalam 27 musim kompetisi. Mereka juga pernah menjunjung trofi Europa League sebanyak dua kali di musim 1973/74 dan 2001/02.

7. Inter Milan - 27 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leagueinter.it

Inter Milan bisa dibilang sebagai klub yang paling familier di daftar ini. Inter menjadi salah satu tim raksasa asal Italia yang kerap tampil di pentas Eropa. Tercatat, Nerazzurri pernah mentas di Europa League dalam 27 musim kompetisi. Klub yang bermarkas di Giuseppe Meazza tersebut juga berhasil mengoleksi tiga gelar di musim 1990/91, 1993/94 dan 1997/98. 

8. PAOK Thessaloniki - 27 kali

8 Klub yang Paling Sering Tampil di Europa Leagueneoskosmos.com

Tim kedelapan yang paling sering tampil di Europa League adalah PAOK Thessaloniki. Mereka merupakan salah satu klub asal Yunani. Meski tak terlalu banyak gelar domestik yang mereka koleksi, tetapi PAOK kerap mewakili Yunani di pentas Eropa. Mereka telah ikut meramaikan persaingan di Europa League dalam 27 musim kompetisi. 

Europa League seringkali dipandang sebelah mata oleh pecinta sepak bola. Namun, bila bisa tampil dan memenangkannya, klub pun otomatis bermain Liga Champions musim berikutnya. Jadi, Europa League pun harusnya dianggap kompetisi yang serius. Dari delapan klub di atas, ada gak nih tim favorit kalian? 

Baca Juga: 5 Debutan Termuda dalam Sejarah Europa League, Masih Belasan Tahun!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya