7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!

Adakah klub jagoanmu?

Tak bisa dimungkiri jika Premier League merupakan kompetisi yang begitu menarik untuk kita ikuti setiap musimnya. Persaingan yang ketat antarklub peserta menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, dengan banyaknya pemain bintang yang berlaga membuat setiap pertandingan yang disajikan tak boleh dilewatkan.

Inggris sendiri sebenarnya sudah memiliki kompetisi kasta teratas sejak tahun 1888. Namun, perubahan terjadi pada tahun 1992 dengan dimulainya era Premier League yang tentunya lebih menarik.

Dalam sejarah Premier League, ada beberapa klub yang bisa dibilang cukup sukses. Salah satu indikator kesuksesan sebuah klub adalah dengan meraih gelar juara. Lantas, klub mana yang tersukses dalam sejarah Premier League? Berikut ulasannya.

1. Manchester United (13 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!premierleague.com

Klub tersukses dalam sejarah Premier League adalah Manchester United. Setan merah berhasil meraih trofi Premier League sebanyak 13 kali. United menjadi tim pertama yang menjuarai Premier League, yaitu pada musim 1992/1993. Mereka juga berhasil 2 kali juara 3 musim beruntun, yaitu pada 1998 hingga 2001 dan 2006 hingga 2009.

Trofi lainnya mereka raih pada tahun 1994, 1996, 1997, 2003, dan 2011. Terakhir kali United juara adalah pada tahun 2013. Kesuksesan MU tersebut tak lepas dari tangan dingin Sir Alex Ferguson selama menjadi pelatih. Setelah era Ferguson, United belum mampu meraih gelar juara Premier League.

2. Chelsea (5 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!premierleague.com

Klub tersukses kedua di Premier League merupakan tim dari London, yaitu Chelsea. The Blues menjelma menjadi tim elite di Premier League setelah dimiliki oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Mereka mendatangkan pemain-pemain berkualitas hingga sukses menjuarai Premier League.

Hingga kini Chelsea telah juara Premier League sebanyak 5 kali. Tepatnya pada musim 2004/2005, 2005/2006, 2009/2010, 2014/2015, dan 2016/2017. The Blues menjadi tim yang konsisten di papan atas meskipun tidak selalu meraih juara.

3. Manchester City (4 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!premierleague.com

Hampir sama dengan Chelsea, Manchester City juga muncul ke permukaan setelah adanya dana segar. Klub tetangga Manchester United ini menjadi tim kuat setelah dimiliki oleh konglomerat Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour. Dengan kekayaan yang dimiliki sang pemilik, City juga merekrut pemain-pemain dengan harga tinggi nan mumpuni.

Dalam sepuluh musim terakhir, City menjadi pesaing dalam perebutan juara. Hingga kini The Cityzens meraih 4 trofi di era Premier League. City meraih juara pada musim 2011/2012, 2013/2014, 2017/2018, dan terakhir 2018/2019. Pada musim 2020/2021 ini mereka kembali berpeluang menjuarai Premier League karena sedang di puncak klasemen dan unggul jauh dari pesaing.

Baca Juga: Manchester City Semakin Tak Terbendung

4. Arsenal (3 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!premierleague.com

Arsenal juga merupakan salah satu klub sukses di Premier League. Kesuksesan mereka terjadi pada akhir '90-an hingga awal musim 2000-an. Saat itu The Gunners diperkuat pemain bintang seperti Dennis Bergkamp hingga Thierry Henry. Tak hanya pemain yang berkualitas, pelatih mereka, yaitu Arsene Wenger, juga berada pada masa jayanya.

Dalam sejarah Premier League, Arsenal berhasil menjadi juara sebanyak 3 kali. Ketiga trofi tersebut mereka raih pada musim 1997/1998, 2001/2002, dan terakhir 2003/2004. Meriam London menjadi satu-satunya klub yang menjuarai Premier League tanpa sekali pun kalah, yakni pada musim 2003/2004. Dalam beberapa musim terakhir, prestasi The Gunners menurun dan gagal bersaing dalam perburuan gelar juara.

5. Blackburn Rovers (1 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!rovers.co.uk

Meskipun saat ini berada di divisi Championship atau kasta kedua Liga Inggris, Blackburn Rovers pernah mencatatkan tinta emas di Premier League. Hal tersebut terjadi pada awal era Premier League setelah Blackburn memiliki presiden baru, yaitu Jack Walker. Ia menunjuk Kenny Dalglish sebagai juru taktik serta memiliki pemain-pemain hebat, seperti Alan Shearer dan Chris Sutton.

Sebagai tim medioker, Blackburn tentu saja bukan unggulan pada saat itu. Namun, pada musim 1994/1995, Blackburn Rovers berhasil meraih trofi Premier League pertamanya. Setelah catatan mengesankan tersebut, prestasi Blackburn semakin menurun hingga degradasi ke kasta kedua.

6. Leicester City (1 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!premierleague.com

Cerita manis klub nonunggulan yang berhasil menjadi juara Premier League juga terjadi dalam beberapa musim lalu. Kali ini Leicester City yang menjadi tim kuda hitam di Premier League. Leicester tampil mengejutkan pada musim 2015/2016 hingga menjadi juara pada akhir musim.

Klub berjuluk The Foxes tersebut berhasil mengungguli tim kuat lain, seperti Manchester City, Chelsea, hingga Liverpool. Mereka merusak tradisi tim tim The Big Six yang berisi tim-tim elite. Saat itu, pemain seperti Jamie Vardy, N'Golo Kante, hingga Riyad Mahrez tampil sebagai bintang. Dengan racikan Cladio Ranieri, skuad Leicester menjadi tim terkuat.

7. Liverpool (1 Trofi)

7 Klub Tersukses dalam Sejarah Premier League, Deretan Para Juara!goal.com

Klub terakhir dalam daftar ini juga pernah menjuarai Premier League, yakni Liverpool. The Reds tampil gemilang musim 2019/2020 lalu dalam ambisi meraih trofi Premier League pertama kali. Sebenarnya, Liverpool merupakan tim yang sukses sebelum era Premier League. Namun, mereka selalu gagal menjadi juara pada era Premier League.

Pada musim 2019/2020, akhirnya Liverpool kembali meraih kejayaan mereka di kasta teratas Liga Inggris. Meskipun sempat ditunda akibat Covid-19, Liverpool sangat layak meraih juara Premier League musim lalu dengan penampilan impresifnya.

 

Itulah tujuh klub tersukses dalam sejarah Premier League. Klub-klub tersebut pernah mencatatkan tinta emas di Premier League. Hal itu semakin spesial karena persaingan di era Premier League begitu ketat. Adakah klub jagoanmu dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool yang Tampil Apik Sepanjang Musim Ini, Ada Fabinho!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya