Comscore Tracker

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!

Selalu bikin kejutan ketika lolos ke babak gugur

Timnas Kroasia menjadi buah bibir dalam dua edisi terakhir Piala Dunia. Kroasia bisa saja menjadi juara andai menaklukkan Prancis di partai final Piala Dunia 2018 Rusia.

Sementara, di Piala Dunia 2022 Qatar, tim berjuluk Vatreni ini tampil mengesankan hingga lolos ke semifinal. Menilik sejarahnya, Kroasia sebenarnya bukan negara dengan tradisi sepak bola mumpuni. Bahkan, mereka baru tercatat berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak enam kali.

Meski begitu, tak jarang Timnas Kroasia memberikan kejutan besar di ajang 4 tahunan ini. Seperti apa kiprah Kroasia selama berlaga di Piala Dunia?

1. Langsung bikin kejutan pada penampilan perdana di Piala Dunia 1998

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!Timnas Kroasia saat berlaga di Piala Dunia 1998. (fifa.com)

Timnas Kroasia pertama kali tampil di Piala Dunia pada 1998. Datang sebagai debutan, mereka tak diperhitungkan sama sekali. Mengawali perjalanan di Piala Dunia, Vatreni bersaing di Grup H bersama Argentina, Jamaika, dan Jepang.

Setelah menjalani tiga laga, Kroasia berhasil melaju ke babak gugur dengan status runner-up grup. Pada babak gugur, mereka sukses melewati adangan Romania dan Jerman sebelum berlaga di semifinal.

Kisah dongeng Kroasia akhirnya dihentikan tuan rumah Prancis. Kroasia akhirnya mengakhiri debutnya di Piala Dunia sebagai peringkat ketiga. Hebatnya, penyerang mereka, Davor Suker, keluar sebagai pencetak gol terbanyak selama turnamen.

2. Gagal lolos ke babak gugur secara beruntun pada Piala Dunia 2002 dan 2006

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!Kroasia melawan Brasil di Piala Dunia 2006. (fifa.com)

Setelah menjalani debut di Piala Dunia 1998 bak kisah dongeng, Kroasia tak berdaya dalam dua edisi berikutnya. Di Piala Dunia 2002, Kroasia gagal bersaing dengan Italia, Meksiko, dan Ekuador.

Sempat memberikan kejutan dengan mengalahkan Italia, Kroasia justru takluk saat melawan Ekuador dan Meksiko. Raihan tiga poin tak cukup untuk mengantarkan Vatreni ke babak gugur.

Kejadian serupa juga terjadi pada Piala Dunia 2006. Kroasia tak bertaji saat bersaing dengan Brasil, Australia, dan Jepang pada fase grup. Melakoni tiga pertandingan, mereka hanya mampu mengoleksi dua poin dan duduk di peringkat ketiga.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Dibawa Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022

3. Kembali tak berdaya di Piala Dunia 2014

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!Kroasia menghadapi Brasil di Piala Dunia 2014. (fifa.com)

Kegagalan dalam dua edisi beruntun sempat membuat mental Kroasia goyah. Mereka gagal lolos babak kualifikasi dan harus absen di Piala Dunia 2010.

Pada 2014, Vatreni kembali berkiprah di Piala Dunia. Kembalinya mereka di ajang 4 tahunan ini ternyata juga tak berjalan mulus. Kroasia gagal melaju ke babak gugur, mengulangi raihan dua kesempatan sebelumnya.

Pada Piala Dunia yang digelar di Brasil tersebut, Kroasia hanya menempati posisi ketiga pada fase grup. Mereka tak berdaya menghadapi Brasil, Meksiko, dan Kamerun. Raihan tiga poin menjadi bekal Kroasia saat angkat koper dari Brasil.

4. Hampir juara di Piala Dunia 2018

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!Timnas Kroasia (twitter.com/HNS_CFF)

Kegagalan dalam tiga keikutsertaan terakhir membuat Kroasia tak lagi diperhitungkan di Piala Dunia 2018. Namun, ternyata, mereka sukses mengejutkan Piala Dunia yang digelar di Rusia tersebut.

Vatreni tampil luar biasa pada babak penyisihan grup dan mengumpulkan poin sempurna. Argentina, Nigeria, dan Islandia menjadi tim yang sukses ditaklukkan Kroasia. Melaju ke babak gugur, Luka Modric dan kolega makin tak terbendung.

Denmark, Rusia, dan Inggris menjadi korban keganasan Kroasia sebelum berlaga di final. Sayangnya, kisah manis mereka tak berujung trofi. Vatreni harus mengakui keunggulan Prancis di partai puncak dengan skor 2-4.

5. Bikin kejutan lagi di Piala Dunia 2022

Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!Kroasia melawan Brasil di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kroasia tampaknya tak ingin jadi pelengkap setelah lolos ke babak gugur Piala Dunia. Pada edisi tahun ini, Vatreni lolos ke babak gugur dengan status runner-up grup.

Mereka kembali menunjukkan performa mengesankan saat main pada fase gugur. Pada babak 16 besar, Kroasia menaklukkan Jepang melalui adu penalti.

Memasuki perempat final, Kroasia bikin kejutan. Kali ini giliran Brasil yang disingkirkan. Selecao ditumbangkan Kroasia melalui adu penalti. 

Kroasia benar-benar hobi bikin kejutan di Piala Dunia. Sekalinya lolos ke babak gugur, laju Vatreni sangat sulit diadang lawan-lawannya.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Kemenangan Kroasia Atas Brasil: Livakovic Gemilang!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya