Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018

Berpeluang mempertahankan gelar pada 2022

Timnas Prancis menjadi salah satu kandidat kuat peraih gelar juara Piala Dunia 2022 Qatar. Secara mengejutkan, mereka mematahkan mitos juara bertahan yang gagal pada edisi berikutnya.

Les Bleus sendiri berhasil menjuarai Piala Dunia edisi 4 tahun lalu. Itu menjadi kesuksesan ke-3 bagi Prancis dalam merengkuh trofi Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 2018, Prancis yang diarsiteki Didier Deschamps memang tampil perkasa. Dari babak penyisihan grup, tak ada hambatan berarti bagi Mbappe dan kolega.

Untuk menyegarkan kembali ingatan football lovers, penting menengok kiprah spektakuler Prancis saat menjuarai Piala Dunia 2018.

1. Tak terkalahkan pada fase grup

Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018Prancis melawan Australia di Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Di Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia, Prancis mengawali perjalanan dengan bertarung di Grup C. Kala itu, Les Bleus harus berhadapan dengan Denmark, Australia, dan Peru.

Pada fase grup, anak asuh Deschamps tak ada hambatan berarti. Praktis, hanya Denmark yang mampu imbangi Prancis, itu pun di laga ketiga setelah Prancis sudah dipastikan lolos.

Pada dua laga awal, Prancis sukses meraih kemenangan melawan Australia dan Peru. Setelah jalani tiga laga, Mbappe dkk mengoleksi tujuh poin. Mereka lolos ke babak gugur dengan status juara grup.

2. Argentina jadi korban pada babak 16 besar

Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018Argentina melawan Prancis. (fifa.com)

Setelah melaju ke babak gugur, Timnas Prancis mendapat adangan dari Argentina. Menghadapi finalis Piala Dunia 2014, Prancis meraih kemenangan setelah pertarungan sengit.

Jual beli gol terjadi selama pertandingan hingga menghasilkan tujuh gol. Akhirnya, Les Bleus berhak lolos ke perempat final setelah menang dengan skor 4-3. Dalam laga yang digelar pada 30 Juni 2018, Mbappe menjadi bintang kemenangan Prancis dengan torehan dua gol.

Sementara, dua gol lainnya dicetak Antoine Griezmann dan Benjamin Pavard. Di kubu lawan, ketiga gol Argentina masing-masing dicetak Angel Di Maria, Gabriel Mercado, dan Sergio Aguero.

Baca Juga: Menengok Kiprah Kroasia Selama Berlaga di Piala Dunia, Mengejutkan!

3. Tanpa hambatan saat melawan Uruguay di perempat final

Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018Prancis menaklukkan Uruguay di perempat final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Setelah melewati adangan Argentina, lagi-lagi Prancis mendapat tantangan dari wakil Amerika Selatan. Kala itu, Uruguay menjadi lawan Les Bleus setelah menaklukkan Portugal pada babak 16 besar.

Dalam laga yang digelar pada 6 Juli 2018, Prancis belum juga mendapat hambatan. Skuad Didier Deschamps secara meyakinkan menyingkirkan Uruguay dengan kemenangan dua gol tanpa balas. Les Bleus sudah unggul satu gol pada babak pertama melalui gol Raphael Varane.

Pada babak kedua, Uruguay belum juga mampu cetak gol. Justru Prancis yang kembali membobol gawang Uruguay melalui Antoine Griezmann. Prancis pun terus melaju hingga semifinal.

4. Kubur mimpi generasi emas Belgia ke final

Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018Belgia takluk dari Prancis. (fifa.com)

Pada babak semifinal, Prancis diprediksi akan mengalami laga yang sulit. Saat itu, Les Bleus harus menghadapi skuad generasi emas Belgia yang digadang-gadang bakal jadi juara. Apalagi, Belgia lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Brasil di perempat final.

Meskipun demikian, Prancis tak gentar menghadapi tim berjuluk The Red Devils tersebut. Mbappe dan kolega justru mampu mengubur mimpi Belgia untuk jadi juara Piala Dunia.

Laga yang digelar pada 11 Juli 2018 itu berakhir dengan skor 1-0. Gol semata wayang Samuel Umtiti sudah cukup membawa Prancis lolos ke partai final.

5. Unggul segalanya dari Kroasia di partai puncak

Menengok Kiprah Spektakuler Prancis saat Menjuarai Piala Dunia 2018Prancis mengalahkan Kroasia di final Piala Dunia 2018. (fifa.com)

Timnas Prancis makin percaya diri berlaga di final setelah tak ada tim yang mampu mengalahkan mereka sejak fase grup. Apalagi, Prancis hanya menghadapi Kroasia di final, tim yang baru sekali main di final.

Meski begitu, Prancis sebenarnya tak boleh meremehkan Kroasia. Tim berjuluk Vatreni itu secara mengejutkan lolos ke final setelah menaklukkan Inggris di semifinal. Dalam laga final yang digelar 15 Juli 2018, Prancis tanpa ampun menghajar Kroasia dengan skor 4-2.

Skor tersebut terbilang cukup mencolok untuk ukuran partai final Piala Dunia. Kemenangan itu pun mengantarkan Prancis meraih trofi Piala Dunia untuk ketiga kalinya.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Prancis juga tampil mengesankan. Mereka baru saja menyingkirkan Inggris di perempat final. Sementara, di semifinal, Les Bleus akan berhadapan dengan tim kejutan, Maroko. Praktis, hanya Argentina yang mungkin menggagalkan Prancis menjuarai Piala Dunia dua kali beruntun.

Baca Juga: 5 Momen Terakhir Timnas Prancis Bertarung di Semifinal Piala Dunia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya