Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester United

Apakah ia layak menangani Setan Merah? 

Nama Erik ten Hag kian santer dikaitkan dengan raksasa sepak bola Inggris, Manchester United. Hal tersebut menyusul performa United musim ini yang tak kunjung membaik.

MU pun hampir pasti merekrut juru taktik baru untuk menggantikan Ralf Rangnick yang kontraknya habis akhir musim ini dan akan naik jabatan sebagai direktur teknik MU.

Ten Hag menjadi salah satu pilihan realistis bagi Setan Merah. Pelatih berkebangsaan Belanda tersebut saat ini tengah menangani Ajax Amsterdam.

Ia pun membawa Ajax berprestasi hingga sempat menggemparkan sepak bola Eropa. Lantas, siapa sosok Erik ten Hag sebenarnya? Mari ulas sedikit tentang Erik ten Hag. 

1. Meroket bersama Ajax Amsterdam

Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester UnitedErik Ten Hag (forbes.com)

Erik ten Hag menjadi salah satu nama pelatih top Eropa saat ini. Ajax Amsterdam menjadi klub yang membesarkan nama pelatih 52 tahun tersebut. Bagaimana tidak, pelatih berkepala pelontos tersebut telah menangani de Amsterdammers sejak tahun 2017.

Berbagai prestasi telah ia raih khususnya di kompetisi domestik. Sejauh ini, ia telah mengantarkan Ajax meraih 2 trofi Piala Belanda dan 2 trofi Eredivisie. Sementara di ajang Liga Champions, ia  juga sempat mengejutkan ketika membawa Ajax lolos ke semifinal pada musim 2018/19.

2. Sekilas tentang Erik ten Hag saat menjadi pemain

Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester UnitedErik Ten Hag saat menjadi pemain (sportmob.com)

Erik ten Hag merupakan pria kelahiran Haaksbergen pada 2 Februari 1970. Saat menjadi pemain, nama ten Hag mungkin tak terlalu mentereng seperti pemain asal Belanda lainnya. Di mana waktu itu, ia berposisi sebagai bek tengah.

Ten Hag menghabiskan karier sepak bolanya bersama klub Belanda. FC Twente menjadi klub Belanda yang sangat lekat dengan ten Hag. Ia mengawali dan mengakhiri kariernya di klub berjuluk de Tukkers ini.

Meskipun demikian, ia pernah membela beberapa klub Belanda lain seperti RKC Walwijk dan FC Utrecht. Sepanjang kariernya ia hanya meraih trofi Piala Belanda. 

Baca Juga: Erik Ten Hag Selangkah Lagi Jadi Manajer Manchester United

3. Karier kepelatihan Erik ten Hag

Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester UnitedErik Ten Hag (goal.com)

Setelah pensiun pada tahun 2002, Erik ten Hag langsung memulai perjalanan karier kepelatihannya. Ia dipercaya menangani tim muda FC Twente, tepatnya U-17 pada musim 2002/03 dan U-19 pada 2003 hingga 2006. Kariernya terus meningkat setelah menjadi assisten pelatih di tim senior FC Twente serta PSV Eindhoven. 

Go Ahead Eagles menjadi klub senior pertama yang ia tangani pada musim 2012/13. Ten Hag kemudian hengkang ke Jerman setelah dipercaya menangani FC Bayern II.

Pada tahun 2015, ia kembali ke Belanda setelah mendapat pinangan FC Utrecht. Memiliki potensi sebagai pelatih, ten Hag pun di kontrak Ajax sejak tahun 2017 dan bertahan hingga kini. 

4. Kejutan Erik ten Hag bersama Ajax di Liga Champions 2018/19

Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester UnitedErik Ten Hag (twitter.com/UnitedPeoplesTV)

Nama Erik ten Hag kian melambung setelah sempat menggemparkan sepak bola Eropa. Tepatnya pada gelaran musim 2018/19, Ten Hag membawa Ajax Amsterdam lolos ke semifinal Liga Champions.

Hal tersebut tentu saja terasa spesial karena lawan yang dihadapi di babak sebelumnya tak main-main. Di mana Real Madrid dan Juventus menjadi korban Ajax di babak gugur.

Sayangnya, ia tak mampu membawa Ajax melaju ke final setelah dikandaskan Tottenham Hotspur di babak semifinal. Meskipun demikian, pencapaian ten Hag tersebut patut di apresiasi. Apalagi, banyak pemain muda yang bersinar bersama Ajax di bawah asuhannya.

5. Pelatih jenius yang menyulap pemain biasa menjadi pemain top

Mengenal Erik ten Hag, Si Jenius Calon Pelatih Manchester UnitedErik Ten Hag bersama pemain Ajax Amsterdam (twitter.com/TheEuropeanLad)

Erik Ten Hag memang layak disebut sebagai salah satu pelatih jenius. Hal tersebut tak lepas dari banyak pemain yang bersinar saat ditanganinya. Nama-nama seperti Matthijs De Ligt, Donny van de Beek, hingga Frenkie de Jong, tentu tak asing lagi.

Nama-nama tersebut hanya segelintir pemain yang bersinar saat ditangani Ten Hag. Bahkan musim ini, banyak pemain yang sempat meredup, mampu bersinar kembali.

Di antaranya ada Dailey Blind, Dusan Tadic, hingga Sebastian Haller. Ia mampu menempatkan pemain sesuai keinginan taktiknya hingga pemain itu berkembang.

 

Patut kita nantikan apakah Erik ten Hag akan menjadi juru taktik Manchester United di musim depan. Jika melihat prestasinya sejauh ini, menjabat sebagai pelatih United bukanlah hal mustahil.

Baca Juga: 5 Nama yang Bisa Digaet Erik ten Hag jika Ditunjuk sebagai Pelatih MU

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya