Comscore Tracker

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022

Ada Jerman dan Belgia

Eropa menjadi benua yang paling banyak mengirimkan negaranya di Piala Dunia 2022 Qatar. Total ada 13 negara Eropa yang berkompetisi di ajang 4 tahunan ini.

Setelah merampungkan babak penyisihan grup, ada delapan wakil Eropa yang lolos ke babak gugur. Sementara itu lima negara lainnya harus pulang lebih cepat dari Qatar. Kelima negara ini gagal bersaing di grupnya masing-masing.

Jerman dan Belgia secara mengejutkan menjadi negara Eropa yang juga gagal lolos. Lantas, negara Eropa mana saja yang gagal melaju ke babak gugur pada edisi tahun ini?

1. Wales jadi juru kunci Grup B

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022Timnas Wales (faw.cymru)

Salah satu negara Eropa yang gagal melaju ke babak gugur Piala Dunia 2022 adalah Wales. Setelah penantian cukup lama, Wales akhirnya kembali merasakan megahnya panggung Piala Dunia. Sebelumnya, Wales terakhir kali main di Piala Dunia pada edisi 1958.

Sayangnya, comeback mereka di ajang 4 tahunan ini tak berjalan mulus. Wales gagal bersaing di Grup B yang berisikan Inggris, Amerika Serikat, dan Iran. Wakil Eropa ini hanya mampu meraih 1 poin saat melawan Amerika Serikat.

Mereka harus mengakui keunggulan Inggris dan Iran di laga berikutnya. Wales pun harus pulang dengan status juru kunci Grup B.

2. Denmark gagal bersaing di Grup D

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022Timnas Denmark (twitter.com/dbulandshold)

Denmark menjadi negara Eropa yang mulai diperhitungkan kekuatan sepak bolanya. Di Piala Dunia 2022 Qatar, Denmark juga menjadi salah satu tim yang bisa menjadi kuda hitam.

Tim Dinamit tergabung di Grup D bersama Prancis, Australia, dan Tunisia. Namun, apa harus dikata, Denmark justru gagal bersaing di fase grup. Sama seperti Wales, Denmark menduduki dasar klasemen dengan raihan 1 poin.

Mereka hanya mampu meraih 1 poin saat melawan Tunisia. Setelahnya, Prancis dan Australia secara bergiliran menaklukkan Denmark.

Baca Juga: Rekor Buruk Timnas Denmark di Piala Dunia 2022, Mengecewakan!

3. Jerman secara mengejutkan tersingkir di fase grup

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022Timnas Jerman (fifa.com)

Timnas Jerman berhasrat bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar. Tak ada pilihan lagi bagi Jerman, mereka gagal total di edisi sebelumnya. Sayangnya, perjalanan Jerman di fase grup menemui jalan buntu.

Jerman yang menempati posisi ketiga Grup E, gagal melaju ke babak gugur. Jepang menjadi tim pertama yang memberi pelajaran Der Panser di laga perdana.

Sempat memupuk asa saat imbang melawan Spanyol, Jerman hanya bisa gigit jari. Meskipun menang di laga terakhir melawan Kosta Rika, Jerman kalah selisih gol dari Spanyol yang sama-sama mengumpulkan 4 poin.

4. Belgia tak mampu bersaing dengan generasi emas yang sudah mulai menua

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022Timnas Belgia (fifa.com)

Nasib serupa juga dialami salah satu tim top Eropa, Belgia. Pada edisi sebelumnya, Belgia tampil perkasa hingga menjadi juara ketiga. Datang dengan generasi emas yang sudah mulai menua, Belgia tak bertaji di tanah Qatar.

Mereka hanya mampu merengkuh kemenangan di laga perdana melawan Kanada. Di laga kedua, secara mengejutkan Maroko bisa menaklukkan The Red Devils.

Menjalani laga penentuan melawan Kroasia, lini depan Belgia justru tumpul. Raihan 4 poin di fase grup tak cukup bagi Eden Hazard dan kolega untuk melaju ke babak gugur.

5. Serbia mengikuti jejak empat negara Eropa yang gagal lolos 

5 Negara Eropa yang Gagal Melaju ke Babak Gugur Piala Dunia 2022Timnas Serbia (twitter.com/FSSrbije)

Negara Eropa terakhir yang juga harus angkat koper lebih cepat dari Qatar adalah Serbia. Sama seperti Denmark, sepak bola Serbia juga mulai berkembang.

Mereka datang ke Qatar dengan nama yang sudah cukup familier. Sayangnya, kekuatan mereka belum sepenuhnya sempurna. Serbia gagal bersaing di Grup G bersama Brasil, Swiss, dan Kamerun.

Kekalahan di laga perdana melawan Brasil sedikitnya membuat mental Serbia goyah. Setelahnya, mereka hanya mampu mengimbangi Kamerun dan kalah dari Swiss.

 

Tak semua negara Eropa mampu bersaing di fase grup. Ada kalanya mereka juga bisa disingkirkan wakil negara lain, termasuk Asia dan Concacaf.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya