Comscore Tracker

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022

Dusan Tadic salah satunya 

Serbia menjadi salah satu negara yang mewakili benua Eropa di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Keikutsertaannya kali ini merupakan yang ketiga kali bagi Timnas Serbia.

Sebelumnya mereka sudah pernah tampil di ajang 4 tahunan ini pada 2010 dan 2018. Dalam dua kesempatan tersebut, Serbia selalu gagal lolos dari fase grup.

Pada Piala Dunia 2022, Serbia tentu saja ingin meraih hasil yang lebih baik. Negara Eropa Timur ini harus bersaing di Grup G bersama Brasil, Swiss dan Kamerun.

Dari 26 pemain yang memperkuat Serbia di Piala Dunia kali ini, ada beberapa pemain tertua alias senior yang turut ambil bagian. Siapa saja mereka?

1. Dusan Tadic

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022Dusan Tadic (twitter.com/FSSrbije)

Pemain tertua yang memperkuat Timnas Serbia di Piala Dunia 2022 adalah Dusan Tadic. Di usianya yang sudah tak lagi muda, kualitas Tadic masih terjaga. Ia pun dipercaya sebagai kapten tim berjuluk The Eagles ini.

Tadic masih sangat layak mendapat kesempatan di Timnas Serbia pada Piala Dunia 2022. Meski sudah berusia 34 tahun, ia tampil luar biasa di lini Ajax Amsterdam. 

Telah menjalani debut pada Desember 2008, Tadic mencatatkan 192 caps dengan torehan 20 gol. Patut kita nantikan kiprah mantan pemain Southampton ini bersama Timnas Serbia di Piala Dunia 2022.

2. Darko Lazovic

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022Darko Lazovic (twitter.com/HellasVeronaFC)

Darko Lazovic menjadi salah satu pemain senior yang juga kerap membela Timnas Serbia. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu menjadi andalan Hellas Verona pada musim kompetisi 2022/2023 ini.

Meski performanya mulai menurun, Lazovic masih menjadi salah satu gelandang mumpuni. Sebelumnya, ia juga pernah membela klub Italia lainnya, Genoa.

Telah menjalani debut pada Desember 2008, ia mencatatkan 27 caps bersama Kroasia. Sebagai seorang gelandang, Lazovic menorehkan empat assists dari penampilannya tersebut.

Baca Juga: Profil Serbia, Negara Pecahan yang Sering Mentas di Piala Dunia

3. Stefan Mitrovic

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022Stefan Mitrovic (twitter.com/RCSA)

Pemain senior berikutnya yang memperkuat Timnas Serbia di Piala Dunia 2022 adalah Stefan Mitrovic. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu sudah cukup sering mendapat panggilan Timnas Serbia.

Saat ini, pemain kelahiran 22 Mei 1990 tersebut membela klub Spanyol, Getafe. Meski sudah berusia 32 tahun, Mitrovic tetap jadi andalan klubnya tersebut pada musim kompetisi 2022/2023 ini.

Pemain bertinggi 189 cm ini sendiri pertama kali membela Timnas Serbia pada Juni 2014. Secara total, mantan pemain Benfica ini mencatatkan 35 caps bersama Timnas Serbia hingga saat ini.

4. Nemanja Gudelj

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022Nemanja Gudelj (twitter.com/FSSrbije)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Nemanja Gudelj yang kini juga sudah tak lagi muda. Pemain berusia 31 tahun tersebut tengah berseragam Sevilla.

Gudelj merupakan pemain yang mengawali karier sepak bola di Belanda. Gudelj sendiri menjadi salah satu pemain yang kerap mendapat panggilan Timnas Serbia setelah menjalani debut pada Maret 2014.

Hingga saat ini, ia telah mencatatkan 50 caps bersama Serbia. Berposisi sebagai gelandang bertahan, kualitasnya masih tetap terjaga.

5. Filip Mladenovic

5 Pemain Tertua Timnas Serbia yang Merumput di Piala Dunia 2022Filip Mladenovic (twitter.com/FSSrbije)

Pemain senior kelima yang memperkuat Timnas Serbia di Piala Dunia 2022 adalah Filip Mladenovic. Ia kini berusia 31 tahun dan masih menjadi salah satu pemain andalan di lini tengah Serbia.

Di level klub, Mladenovic menjadi pilar utama Legia Warszawa meski usianya sudah tak lagi muda. Mladenovic sendiri sudah menjalani debut bersama Timnas Serbia pada Mei 2012.

Hingga saat ini, Mladenovic baru mencatatkan 21 caps bersama Timnas Serbia. Saat menghadapi Brasil di laga perdana Piala Dunia 2022, ia sudah mencatatkan menit bermain.

 

Serbia memang bukan negara Eropa yang memiliki tradisi sepak bola yang baik. Namun dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Serbia berkembang pesat. Buktinya, mereka bisa berlaga di Piala Dunia dalam dua edisi beruntun.

Baca Juga: 5 Pemain Top Serie A yang Mentas di Piala Dunia 2022 Bersama Serbia

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya