6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada Inggris

Inggris dan Amerika Serikat bertemu di Piala Dunia 2022

Timnas Amerika Serikat sudah menghadapi dua negara Eropa di fase grup Piala Dunia 2022 Qatar. Terbaru, mereka menghadapi Inggris pada Sabtu (26/11/2022) dini hari WIB. Uniknya, wakil CONCACAF ini meraih hasil imbang dalam dua laga tersebut.

Namun jika melihat lebih jauh, negara-negara Eropa kerap menjadi batu sandungan Timnas Amerika Serikat. Bahkan negara Eropa yang paling mengalahkan Amerika Serikat adalah Inggris. Sepak bola memang bukan olahraga yang paling populer di Negeri Paman Sam.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, sepak bola Amerika Serikat berkembang pesat. Lantas negara Eropa mana saja yang paling sering menaklukkan Timnas Amerika Serikat?

1. Inggris

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisAmerika Serikat melawan Inggris (twitter.com/USMNT)

Inggris menjadi negara Eropa yang paling sering menaklukkan Timnas Amerika Serikat. Hingga saat ini, The Three Lions telah berhadapan dengan Negeri Paman Sam dalam 12 pertandingan.

Dari total pertandingan tersebut, Amerika Serikat harus mengakui keunggulan Inggris dalam delapan pertandingan di antaranya. Amerika Serikat sendiri baru bisa menaklukkan Inggris dalam dua pertandingan.

Namun hebatnya, Amerika Serikat tak pernah kalah dari Inggris di ajang Piala Dunia. Bahkan mereka berhasil menang satu kali dan dua kali imbang. 

2. Italia

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisItalia saat mengalahkan Turki (twitter.com/azzurri)

Negara berikutnya yaitu Italia yang tak ikut serta di Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam catatan sejarah, Italia juga menjadi salah satu negara Eropa yang kerap mengalahkan Timnas Amerika Serikat.

Gli Azzurri telah bertemu dengan Negeri Paman Sam di berbagai turnamen sebanyak 12 pertandingan. Italia berhasil mengalahkan Amerika Serikat dalam delapan pertandingan dan baru kalah dalam satu pertandingan.

Pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada 2018 lalu dalam laga persahabatan dan dimenangkan Italia dengan skor 1-0. Sementara di ajang Piala Dunia, Amerika Serikat telah menghadapi Italia dalam tiga pertandingan.

Baca Juga: 6 Negara Eropa yang Paling Sering Dihadapi Timnas Amerika Serikat

3. Jerman

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisAmerika Serikat melawan Jerman (fifa.com)

Jerman juga menjadi negara Eropa yang sering menaklukkan Timnas Amerika Serikat. Momen yang mungkin tak akan pernah dilupakan penggemar Amerika Serikat pada Piala Dunia 2002. Saat itu, Amerika Serikat yang mencapai perempat final disingkirkan Der Panzer dengan skor 1-0.

Secara total, Timnas Jerman telah mengalahkan Amerika Serikat sebanyak tujuh kali dari sebelas pertemuan. Amerika Serikat sendiri baru bisa menaklukkan Jerman dalam empat pertandingan.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada laga persahabatan pada 2015 lalu dan Amerika Serikat menang 1-2. Sementara untuk kekalahan terbesar Amerika Serikat dari Jerman terjadi pada 2006 di laga persahabatan dengan skor 1-4.

4. Polandia

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisTimnas Polandia (fifa.com)

Negara Eropa keempat yang kerap mengalahkan Timnas Amerika Serikat adalah Polandia. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Timnas Polandia juga turut bersaing.

Polandia secara total telah bertemu Amerika Serikat dalam 17 pertandingan. Meski Amerika Serikat kalah dalam tujuh pertandingan, mereka juga menang dalam tujuh laga. Polandia merupakan negara Eropa yang paling sering dihadapi Amerika Serikat.

Namun uniknya, kedua tim tersebut baru bertemu sekali di ajang Piala Dunia. Tepatnya pada fase grup Piala Dunia 2002. Saat itu, Amerika Serikat harus mengakui keunggulan Polandia dengan skor 1-2.

5. Belgia

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisTimnas Belgia (fifa.com)

Belgia yang memiliki kekuatan sepak bola cukup baik juga kerap menyulitkan Timnas Amerika Serikat. Bahkan pada pertemuan terakhir, Amerika Serikat harus mengakui keunggulan 1-2 dari Belgia.

Saat itu, Amerika Serikat bertemu Belgia di babak 16 besar Piala Dunia 2014. Secara total, Amerika Serikat telah mengalami kekalahan dari Belgia sebanyak lima kali dari enam pertandingan yang sudah dijalani.

Sebelum bertemu di Piala Dunia 2014,  Amerika Serikat sudah pernah menghadapi Belgia di Piala Dunia. Tepatnya pada babak penyisihan grup edisi pertama Piala Dunia.

6. Irlandia

6 Negara Eropa Paling Sering Menaklukkan Amerika Serikat, Ada InggrisTimnas Irlandia (uefa.com)

Negara Eropa keenam yang kerap menaklukkan Timnas Amerika Serikat adalah Irlandia. Uniknya, kedua tim tersebut belum pernah bertemu di ajang Piala Dunia. Amerika Serikat sendiri sudah kalah dari Irlandia sebanyak lima kali.

Lagi-lagi, Amerika Serikat masih kalah rekor pertemuan dengan negara Eropa. Dari sembilan laga, Amerika Serikat baru dua kali mengalahkan Irlandia.

Pertemuan terakhir Amerika Serikat dan Irlandia terjadi pada 2018. Saat itu, Irlandia berhasil menang dengan skor 2-1. Di Piala Dunia 2022, kedua tim juga tak akan bertemu karena Irlandia gagal lolos.

 

Negara Eropa masih menjadi momok bagi Amerika Serikat. Namun tampaknya, mereka sudah mulai mampu mengimbangi negara Eropa. Mampukan Timnas Amerika Serikat melangkah jauh di Piala Dunia 2022?

Baca Juga: Piala Dunia 2022: Inggris Ditahan Imbang Amerika Serikat Tanpa Gol

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya