5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas Argentina

Bakal jadi batu sandungan di Piala Dunia 2022 nanti?

Argentina menjadi salah satu kandidat terkuat untuk menjadi juara Piala Dunia 2022. Dengan kedalaman skuad dan pelatih yang bagus, prediksi tersebut mungkin saja akan terwujud.

Apalagi mereka tentu saja berambisi untuk membawa pulang trofi Piala Dunia setelah cukup lama gagal meraihnya kembali. Seperti yang kita tahu, Argentina sudah pernah menjadi juara di turnamen 4 tahunan ini.

Momen tersebut terjadi pada edisi 1978 dan 1986. Meskipun jadi kandidat terkuat, Tim Tango harus tetap waspada khususnya saat bertemu negara-negara Eropa.

Ada beberapa negara Eropa yang kerap menyulitkan Argentina. Berikut daftar negara Eropa yang paling sering mengalahkan Argentina.

1. Jerman

5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas ArgentinaTimnas Jerman (fifa.com)

Jerman menjadi negara Eropa yang paling sering mengalahkan Argentina. Momen yang mungkin tak akan pernah dilupakan penggemar Argentina adalah final Piala Dunia 2014. Saat itu, Argentina gagal menjadi juara setelah kalah dari Der Panzer dengan skor 1-0.

Secara total, Timnas Jerman telah mengalahkan Tim Tango sebanyak 8 kali dari 23 pertemuan. Namun sebenarnya, Argentina masih memiliki rekor yang cukup bagus melawan Jerman dengan catatan 10 kemenangan.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada laga persahabatan pada 2019 lalu dengan skor akhir 1-1. Sementara untuk kekalahan terbesar Argentina dari Jerman terjadi pada perempat final Piala Dunia 2010 dengan skor 0-4.

2. Inggris

5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas ArgentinaTimnas Inggris (fifa.com)

Negara Eropa berikutnya yang kerap menjadi batu sandungan Timnas Argentina di ajang internasional ada Inggris. Hingga saat ini, The Three Lions telah berhadapan dengan Argentina dalam 14 pertandingan.

Dari total pertandingan tersebut, Tim Tango harus mengakui keunggulan Inggris dalam enam pertandingan di antaranya. Argentina sendiri baru bisa menaklukkan Inggris dalam tiga pertandingan.

Pertemuan terakhir kedua tim tersebut terjadi pada 2005 lalu dalam sebuah laga persahabatan dan Argentina kalah 2-3. Terakhir kali mereka bertemu di ajang Piala Dunia yakni pada penyisihan grup edisi 2002 dan Argentina juga kalah 0-1.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Argentina di Piala Dunia, Striker Tajam

3. Spanyol

5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas ArgentinaTimnas Spanyol (fifa.com)

Spanyol yang memiliki kekuatan sepak bola cukup baik juga kerap menyulitkan Timnas Argentina. Bahkan pada pertemuan terakhir, Argentina harus mengakui keunggulan telak 1-6 dari Spanyol.

Skor dalam laga persahabatan pada 2018 tersebut pun menjadi kekalahan terbesar Argentina dari Negeri Matador. Secara total, Argentina telah mengalami kekalahan dari Spanyol sebanyak 6 kali dari 14 pertandingan yang sudah dijalani.

Rekor pertemuan mereka sebenarnya cukup seimbang karena Argentina berhasil mengalahkan Spanyol dalam enam pertandingan. Argentina dan Spanyol sejatinya baru sekali bertemu di Piala Dunia, tepatnya pada penyisihan grup edisi 1966.

4. Italia

5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas ArgentinaTimnas Italia (fifa.com)

Negara berikutnya yaitu Italia yang absen dari Piala Dunia 2022 dan mungkin tak akan dihadapi Argentina di Piala Dunia edisi kali ini. Namun dalam catatan sejarah, Italia juga menjadi salah satu negara Eropa yang kerap mengalahkan Timnas Argentina. Gli Azzurri telah bertemu dengan Argentina di berbagai turnamen sebanyak 16 pertandingan.

Italia berhasil mengalahkan Argentina dalam 6 pertandingan dan juga kalah dalam 6 pertandingan. Pertemuan terakhir kedua tim ini terjadi pada Juni 2022 lalu dalam laga yang bertajuk Finalissima dan dimenangkan Argentina dengan skor 3-0.

5. Belanda

5 Negara Eropa yang Paling Sering Mengalahkan Timnas ArgentinaTimnas Belanda (fifa.com)

Negara Eropa kelima yang kerap mengalahkan Timnas Argentina adalah Belanda. Pada Piala Dunia 2022 nanti, Timnas Belanda juga telah menyiapkan skuad terbaiknya.

De Oranje secara total telah mengalahkan Argentina sebanyak 4 kali dari 9 pertandingan yang telah mereka lakoni. Belanda dan Argentina cukup sering bertemu di ajang Piala Dunia.

Pertemuan terakhir mereka juga terjadi pada laga semifinal Piala Dunia 2014 lalu. Saat itu Tim Tango berhasil menyingkirkan Belanda melalui babak adu penalti dan berhak melaju ke partai puncak.

 

Sangat menarik untuk menantikan kiprah Argentina di ajang Piala Dunia 2022 nanti. Status unggulan yang mereka emban bisa saja menjadi beban tersendiri.

Baca Juga: 5 Pemain Senior yang Perkuat Timnas Argentina di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya