5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di Liverpool

Alexis Mac Allister salah satunya

Juergen Klopp merupakan salah satu pelatih papan atas di Eropa. Juru taktik asal Jerman itu menukangi Liverpool sejak Oktober 2015 hingga saat ini. Bersama The Reds, ia sukses merengkuh trofi Premier League hingga Liga Champions Eropa.

Sebelum melatih Liverpool, Juergen Klopp pernah juga sukses bersama Borussia Dortmund. Dalam kariernya, ia mengandalkan banyak pemain dari berbagai negara. Tak terkecuali pemain dari negara-negara Amerika Selatan.

Terbaru, Klopp merekrut pemain Argentina, Alexis Mac Allister, untuk memperkuat Liverpool. Bahkan, Allister menjadi salah satu pemain Amerika Selatan termahal yang pernah diboyong Klopp. Lantas, siapa saja pemain Amerika Selatan termahal yang pernah direkrut Juergen Klopp di Liverpool?

1. Darwin Nunez direkrut dari Benfica

5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di LiverpoolDarwin Nunez (premierleague.com)

Darwin Nunez menjadi pemain Amerika Selatan termahal yang pernah direkrut Juergen Klopp di Liverpool. Pemain berkebangsaan Uruguay itu diboyong Klopp dari Benfica pada awal 2022/2023. Pemain 23 tahun tersebut tampil menawan saat berseragam Benfica hingga membuat Klopp kepincut.

Demi merekrut penyerang muda itu, Liverpool merogoh kocek sebesar 80 juta euro atau setara dengan Rp1,2 triliun. Sayangnya, Nunez belum bisa memenuhi ekspetasi pada musim perdananya. Sejauh ini, ia membela The Reds dalam 42 pertandingan dengan torehan 15 gol dan 4 assist. 

2. Alisson Becker direkrut dari AS Roma

5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di LiverpoolAlisson Becker (liverpoolfc.com)

Jauh sebelum Darwin Nunez, Alisson Becker pernah menjadi pemain Amerika Selatan termahal yang pernah direkrut Juergen Klopp di Liverpool. Kiper asal Brasil itu diboyong Klopp pada 2018/2019. Kala itu, Liverpool menebusnya dari AS Roma dengan harga 62,5 juta euro atau setara dengan Rp998 miliar.

Bisa dibilang, Alisson menjadi salah satu rekrutan terbaik Klopp selama menukangi The Reds. Ia sudah membela Liverpool dalam 231 pertandingan dengan catatan 204 kebobolan dan 103 clean sheet. Kiper 40 tahun itu juga berperan penting dalam kesuksesan Liverpool di berbagai kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Diboyong Jurgen Klopp Gratis ke Liverpool

3. Luis Diaz direkrut dari FC Porto

5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di LiverpoolLuis Diaz (liverpoolfc.com)

Berikutnya ada nama Luis Diaz yang berkebangsaan Kolombia. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap ini diboyong Juergen Klopp dari FC Porto. Kepindahannya itu terjadi pada Januari 2022 dengan mahar mencapai 47 juta euro atau setara dengan Rp751 miliar. 

Sejauh ini, kontribusi Diaz bersama Liverpool belum terlalu maksimal karena masih kalah saing dengan pemain lain. Sejak bergabung, Klopp sendiri telah memainkannya dalam 47 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 8 assist. Ia tampaknya harus bekerja keras lagi agar menjadi pilihan utama Klopp di lini depan The Reds.

4. Fabinho direkrut dari AS Monaco

5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di LiverpoolFabinho (liverpoolfc.com)

Tak hanya merekrut Alisson Becker, Juergen Klopp juga mendatangkan pemain Brasil lainnya, Fabinho, pada 2018/2019. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut direkrut Liverpool dari AS Monaco. Kala itu, nilai transfernya mencapai 45 juta euro atau setara dengan Rp719 miliar.

Harga tersebut terbilang cukup sepadan dengan apa yang diberikan Fabinho selama berseragam The Reds. Hingga saat ini, ia sudah mencatatkan 219 pertandingan dengan catatan 11 gol dan 10 assist. Ia juga menjadi bagian dalam kesuksesan Liverpool di bawah asuhan Klopp. 

5. Alexis Mac Allister direkrut dari Brighton

5 Pemain Amerika Selatan Termahal Direkrut Juergen Klopp di LiverpoolAlexis Mac Allister (liverpoolfc.com)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Alexis Mac Allister. Ia menjadi pemain Amerika Selatan terbaru yang didatangkan Juergen Klopp di Liverpool. Pada musim panas 2022, Liverpool memboyongnya dari sesama klub Inggris, yakni Brighton.

Demi merekrut gelandang Argentina itu, Liverpool mengeluarkan dana sebesar 42 juta euro atau setara dengan Rp671 miliar. Harga tersebut dinilai sesuai dengan performa Allister saat berseragam Brighton. Apalagi, pemain 24 tahun tersebut sukses mengantarkan Argentina menjadi juara Piala Dunia 2022.

Para pemain Amerika Selatan menjadi salah satu kunci kesuksesan Juergen Klopp bersama Liverpool. Ia tampaknya ingin melanjutkan catatan tersebut dengan merekrut Allister. Patut kita nantikan kiprah Allister bersama The Reds asuhan Klopp. 

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Liverpool dari Sesama Klub EPL, Ada Mac Allister!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya